Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah Melalui Pendekatan SERVQUAL
Tingkat Kepuassan, Kualitas Pelayanan, Pendekatan SERVQUAL
Abstract
Tingkat kepuasaan nasabah harus diperhatikan melalui kualitas pelayanan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasaan nasabah Bank dengan melihat beberapa pengaruh variable pelayanan. Sample dalam penelitian ini berjumlah 70 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Analisis data menggunakan uji reliabilitas, validitas, dan uji hipotesis korelasi serta menentukan koefisien determinasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah melalui pendekatan SERVQUAL adalah: Bukti Fisik (Tangible) sebesar 82%, keandalan (reliability) sebesar 74%, Daya tanggap (responsiveness) sebesar 78%, dan jaminan (Assurance) sebesar 80% dan Empati (emphaty) sebesar 70%. Berdasarkan hasil prosentase determinasi bahwa tingkat kepuasan nasabah sangat dipengaruhi oleh variable tangible karena lebih menunjukan kepercayaan nasabah terhadap mitra Bank tentang tampilan fisik, peralatan, dan berbagai komunikasi yang baik dan menarik serta variable paling tidak berpengaruh adalah empati karena hubungan baik dengan para nasabah yang bisa memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan ramah sudah menjadi budaya masyarakat dan bukan tujuan utama bermitra yang berorientasi financial bukan non financial.
Downloads
References
Bogor: Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2008. Principle of Marketing, Prentice Hall In-ternasional. Inc : New Jersey
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, Millenium Edition, Prentice Hall Interna-sional. Inc : New Jersey
Majalah Info Bank. Edisi April 2008
Singgih, Santoso. 2007. Statistika mengguna-kan SPSS. Jakarta : Elex Media Compu-tindo
Suryo Maruto. 2011. Analisis Pengaruh Kua-litas Jasa terhadap Kepuasaan Nasabah pada KSP Prima Dinar Ngadiluwih. Skripsi. Program Studi Manajemen. Un-iversitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak dipublikasikan.
Nurjanah, W. 2013.Tingkat Kepuasan Nasa-bah Terhadap Kinerja PelayananBmt Amanah Ummah Kartasura(tinjauan etika bisnis islam). Skripsi. Program Studi Muamalah. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak dipublikasikan.
Nur R.S. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bmt Arafah Sukoharjo. Skripsi. Program Studi Manajemen. Universitas Muham-madiyah Surakarta. Tidak dipublikasikan.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi Satu, Bayu Media Publishing : Malang
Zethaml, A, Valeri and Marry Jo Bitner. 2000. Service Marketing, Mc. Grow Hill: New Jersey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.