Pelatihan Pemesinan Bubut (Lathe) Bagi Pemuda di Kelurahan Simpang Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir

  • Harlin Harlin
  • Rudi Hermawan Universitas Sriwijaya
  • Elfahmi Dwi Kurniawan
  • Nopriyanti Nopriyanti
  • Anugrah Agung Ramadhan
Keywords:
Pelatihan, Pemesinan Bubut, Pemuda

Abstract

Seorang pemuda sangat diharapkan memiliki sebuah keahlian, keterampilan yang harus dipelajari secara terus-menerus, diperlukan banyak waktu latihan, keseriusan, komitmen serta kerja keras. Dalam hal ini adalah pengoperasian mesin bubut (Lathe). Namun lingkungan sekitar yang belum memadai karena masih minimnya penggunaan mesin tersebut. Selain itu, pemuda kesulitan mencari informasi dari berbagai sumber, terutama pada langkah-langkah dan prosedur mengoperasikan mesin bubut (Lathe). Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini dan strategi pelatihan akan diuraikan sebagai berikut: 1. Persiapan 2. Pelaksanaan pelatihan a. Presentasi dan Diskusi b. Pelatihan dan Pendampingan 3. EvaluasiEfektivitas pelatihan dan pendampingan Pemesinan Bubut meningkatkan pengetahuan keterampilan, dan komitmen pemuda dalam mengoperasikan mesin bubut serta mengembangkan kemampuan pemuda dalam mengoperasikan mesin sesuai SOP adalah 40 % dengan kriteria sangat baik, 20 % dengan kriteria baik, 10 % kriteria kurang baik, dan 30 % termasuk kriteria sangat tidak baik. Berdasarkan hasil analisa bisa disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan termasuk pada kriteria Sangat Baik atau Efektif.Pelatihan dan pendampingan tersebut menambah pengetahuan, keterampilan dan bermanfaat. Proses pelatihan disambut antusias dengan respon yang baik dari para peserta kegiatan menghasilkan peningkatan pemahaman dan interaksi diskusi tanya jawab. Respon diskusi tanya jawab yang erat terkait materi yang dipaparkan merupakan umpan balik yang menunjukkan bahwa kegiatan telah berjalan sesuai harapan. Pemuda dapat membuat benda kerja sederhana. Efektivitas pelatihan dan pendampingan Pemesinan Bubut meningkatkan pengetahuan keterampilan, dan komitmen pemuda dalam mengoperasikan mesin bubut serta mengembangkan kemampuan pemuda dalam mengoperasikan mesin sesuai SOP termasuk pada kriteria Sangat Baik atau Efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (2022) ‘Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022’. Available at: https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html (Accessed: 8 April 2023).

Lee, J. et al. (2013) ‘Recent advances and trends in predictive manufacturing systems in big data environment’, Manufacturing Letters, 1(1), pp. 38–41. Available at: https://doi.org/10.1016/J.MFGLET.2013.09.005.

Markel, A. (2019) ‘Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD Conference’, Jurnal Sosial Humaniora, 2(2).
Rahbini and Mashudi, I. (2019) ‘Analisis Parameter Pemotongan Radius Dengan Metode Program Inkrimental Dan Absolut CNC TU-2A’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan, 5.

Suprayekti, S. and Hanum, F.F. (2018) ‘PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PERSEKOLAHAN’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2). Available at: https://doi.org/10.21009/pip.322.9.

Syah, I.U., Sumirat, U. and Purnawan, P. (2017) ‘Pencapaian Kompetensi Siswa SMK dalam Praktik Bekerja dengan Mesin Bubut’, Journal of Mechanical Engineering Education, 4(1), p. 66. Available at: https://doi.org/10.17509/jmee.v4i1.7443.

Yanis, M. et al. (2021) ‘Peningkatan Pengetahuan Bagi Industri Kecil Mesin Perkakas Dalam Pembuatan Komponen Yang Memenuhi Kualitas Standar Menggunakan Mesin Bubut’, 3(3), pp. 71–75.
Published
2023-09-30
How to Cite
HarlinH., HermawanR., KurniawanE., NopriyantiN. and RamadhanA. (2023) “Pelatihan Pemesinan Bubut (Lathe) Bagi Pemuda di Kelurahan Simpang Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(3), pp. 230-239. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i3.4495.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 503 times
PDF downloaded = 166 times

Most read articles by the same author(s)