Training and Assistance in Making Meat Grinder Machines to Improve SMEs in Ogan Ilir Regency

  • Edi Setiyo Universitas Sriwijaya
  • Esti Susiloningsih
  • Nova Lingga Pitaloka Universitas Sriwijaya
  • Henny Helmi Universitas Sriwijaya
  • Rudi Hermawan Universitas Sriwijaya
Keywords:
Pelatihan, Pendampingan, Mesin Penggiling, UKM

Abstract

Pemanfaatan teknologi mesin di era modern seperti saat ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas dan perkembangan UKM, terutama di Desa Meranjat 1, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir. Salah satu usaha yang dikembangan UKM di daerah tersebut adalah produksi kerupuk. Hal penting yang dibutuhkan dalam produksi kerupuk adalah penggiling daging sebagai alat pengolah bahan pokok dari kerupuk itu sendiri. Namun, rendahnya pemahaman masyarakat terkait pengembangan mesin terutama penggiling daging menjadi kendala yang menghambat efisiensi dan efektifitas kerja dalam produksi kerupuk tersebut. Untuk itu. kegiatan pengabdian masyarakat ini pada dasarnya memiliki tujuan penting yaitu, memberikan pengetahuan dan motivasi terkait pentingnya ilmu rekayasa dibidang  teknologi bagi pelaku UKM. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan alat penggiling daging ini dilakukan secara luring, setelah diberi pelatihan, para pelaku UKM dibimbing untuk menerapkan hasil pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan UKM dalam kegiatan teknis membuat produk dari rancangan sebelumnya. Selanjutnya, metode pelatihan yang diterapkan, yaitu; metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode simulasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa para anggota UKM mampu memahami materi pembuatan mesin penggiling dengan baik. Sehingga pada tahap implementasi dari alat mesin penggiling tersebut dapat dikuasai dengan baik oleh tiap anggota UKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsari, P. P., Hakim, A., Soeaidy, S. 2012. Pengaruh Perumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Jurnal Sosial dan Humaniora. 17 (2). (88-96).
Puspitasari, A., Erlita, D., Styana, U. I. F. 2021. Teknologi Inovatif Pengolahan Makanan Untuk Peningkatan Kapasita Produksi UMKM di Kabupaten Sidoarjo. KANCANEGARA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 4 (1). (93-104).
Fadilah, N., Priyanto, W., Amin, A. A. F., 2018. Sejarah Industri Kerupuk Masyarakat Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun 1995-2009. Respository STKIP PGRI SIDOARJO.
Ratih, R., dkk. Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Pengetahuan di Bidang Kewirausahaan, Pemasaran, dan Pupuk Organis di Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Rahmawati, Desi. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PR Fajar Berlian Tulungagung. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO. 1(1)
Published
2023-06-06
How to Cite
SetiyoE., SusiloningsihE., PitalokaN., HelmiH. and HermawanR. (2023) “Training and Assistance in Making Meat Grinder Machines to Improve SMEs in Ogan Ilir Regency”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), pp. 128-133. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i2.4272.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 416 times
PDF downloaded = 196 times