PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG WONOSOBO

  • Imam Ariono Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords:
citra perusahaan, kualitas pelayanan, kelompok, pengambilan keputusan pembelian

Abstract

Tingkat konsumsi masyarakat mengalami perkembangan setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan tingkat penyaluran kredit konsumsi yang terus mengalami peningkatan. Kredit sepeda motor merupakan salah satu jenis kredit konsumsi yang sedang berkembang di masyarakat. Dengan kata lain lembaga pembiayaan merupakan sarana masyarakat dalam melakukan kredit sepeda motor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan , kualitas pelayanan, dan kelompok referensi secara parsial dan bersama-sama terhadap pengambilan keputusan pembelian kredit sepeda motor di PT Federal International Finance Cabang Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kredit motor PT Federal International Finance Cabang Wonosobo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi berganda.

Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil Berdasarkan uji hipotesis 1 diketahui bahwa t hitung ( X1 = 2,326) > t tabel (1,987) dan nilai signifikansi (X1 = 0,014) < taraf signifikan (? = 5%) sehingga variabel Citra perusahaan (X1) sebagai variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan keputusan pembelian (Y). Berdasarkan uji hipotesis 2 diketahui bahwa t hitung ( X2 = 3,004) < t tabel (1,987) dan nilai signifikansi (X1 = 0,009) < taraf signifikan (? = 5%), sehingga Kualitas layanan (X2) sebagai variabel bebas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan keputusan pembelian (Y). Berdasarkan uji hipotesis 3 diketahui bahwa t hitung (X3 = 2,064) > t tabel (1,987) dan nilai signifikansi (X3 = 0,038) < taraf signifikan (? = 5%), sehingga Kelompok referensi (X3) sebagai variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan keputusan pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan kelima. CV Alfabet. Bandung

Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Wonosobo : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Djarwanto, Ps dan Pangestu Subagyo. 1993. Statistik Induktif. Edisi Empat. BPFE. Yogyakarta

Erma Setiawati dan Sri Murwanti. 2004. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Intensitas Pembelian. Benefit, Vol. 10, No. 1

Kertajaya, Hermawan. 1999. Marketing Plus : Siasat Memenangkan Persaingan

Kotler, Philip. 1997. Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi XI. Jakarta : Salemba Empat

Martanti, Anastasia Dwi Febri. 2006. Analisis Strategi Differensiasi, Promosi, dan Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Minat Beli. SKRIPSI

Munfaat, Imron. 2003. Membangun Keunggulan Produk. JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA. Vol. II, No. 3, 219-232

Nanang Tasunar. 2006. Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V No. 1 Mei 2006, hal. 41-62.

Niti Semito, Alex S. 1991. Marketing. Jakarta. Ghalia. Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2004. Statistik Terapan : Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cetakan Ketiga (Revisi). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Raharjani, Jeni. 2005. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Vol. 2, No. 1

Santoso, Singgih. 2004. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta : PT. Gramedia

Sofjan, Assuari. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. Rajawali Pres. Jakarta.

Sri Suratno F.G. dan Nursya Bani Purnama. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7 No. 1, Hal. 69-87.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Susanti, C. Esti. 2003. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Jasa Produk Keramik Merek Milan di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, Vol. 3, No. 2

Swasta, Bassu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi

Wahyudi, Lilik. 2004. Peran Faktor hygiene Sebagai Indikator Kualitas Jasa Persepsi dan Pengaruh Terhadap Kemungkinan Membeli Konsumen. Fokus Manajerial, Vol. 2, No. 2, 101-120

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005.
Published
2018-01-30
How to Cite
ArionoI. (2018) “PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), pp. 1-13. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.434.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 275 times
PDF downloaded = 192 times