ANALISA SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LINGKUNGAN HIDUP
Poster, Semiotika Komunikasi Visual, Lingkungan Hidup, ILM
Abstract
Komunikasi visual sangat lazim kita jumpai dalam aktivitas keseharian. Komunikasi visual mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna Komunikasi visual terutama iklan harus dibuat secara multiaspek dan multidimensi untuk mendapatkan perhatian dan respon positif dari masyarakat. Iklan Layanan Masyarakat adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi komersial maupun non-komersial, untuk mencapai tujuan social atau sosio-ekonomis. Kerusakan lingkungan hidup menjadi salah satu fenomena yang menarik. Penganalisaan iklan layanan masyarakat tentang lingkungan hidup dengan kajian semiotika komunikasi visual. memberikan pendidikan tentang segala sesuatu yang bersifat baik-buruk dari suatu sebab akibat. Pendikan semacam ini sangat diperlukan untuk anak-anak khususnya agar mereka bisa merasakan atmosphere masa depan dunia yang hijau dan bersih.
Downloads
References
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Nurhadi. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Piliang, Yasraf Amir. 1998. Sebuah Dunia Yang Dilipat, Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ke Tiga dan Matinya Modernisme. Mizan. Bandung
Prianto, E. 2014. Handout dan Modul Mata Kuliah TIA: Analisa Poster. (dokumentasi-dipublikasikan bagi kalangan terbatas).
Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung
Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi. Penterjemah Misbah Zulfa Elizabeth. Penerbit Tiara Wacana. Yogyakarta.
Supriyadi,Yadi. 2013. Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Simbiosa Rekatama Media. Bandung
Tinarbuko,Sumbo. 2010. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra. Yogyakarta.
Widagdo. 1993. Desain : Teori dan Praktek. Seni Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni. BP ISI Yogyakarta.