FASHION HIJAB DALAM KAJIAN BUDAYA POPULER

  • Sinung Utami Hasri Habsari Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pandanaran Semarang
Keywords:
Hijab, Islam, budaya popular, fashion style

Abstract

Teks media mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku masyarakat yang mengkonsumsi teks media tersebut. Salah satu perilaku yang dibentuk media adalah imitasi gaya berbusana yang bisa memberikan identitas tertentu bagi seseorang. Perubahan system politik Indonesia tahun 1998, memberikan euphoria kebebasan termasuk kebebasan berbusana muslim mengenakan hijab. Jika pada dekade 1980-1990 hijab pernah mengalami diskriminasi, sejak era reformasi Fashion muslim pun berkembang pesat dan menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. Fenomena ini merupakan budaya popular untuk fashion style, yang berimbas pada pergeseran nilai spiritualitas hijab itu sendiri sebagai komidatas dagang yang bernilai ekomonis tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnard, Malcolm, 2006, Komunikasi Sebagai Fashion, Jalasutra, Yogyakarta
Brenner, Suzanne 1996 "Reconstructing Self and Society: Javanese Muslim Women and 'The Veil'" American Ethnologist Volume 23 (pp.673-697)
Bungin, Burhan, 2006, Sosiologi Komunikasi, Prenada Media Group, Jakarta
Bungin, Burhan, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Prenada Media Group, Jakarta
Burton, Grame, 2012, Media dan Budaya Populer, jalasutra, Yogyakarta
Ibrahim, Idy Subandi, 2011, Budaya Populer sebagai Komunikasi, Jalasutra, Yogyakarta
John Storey, 2001, Cultural Theory and Popular Culture: An Introduction (3rd ed.). Harlow: Pearson-Prentice Hall
Lull, James., (1998). Media, Komunikasi, Kebudayaan : Suatu Pendekatan Global. Penerbit : Yayasan Obor Indonesia
Nizasantika.com. Tetap modis dengan berhijab. September 11, 2014.
http://nizasantikaputri.blogspot.com/ (accessed April 25, 2015).
Piliang, Yasraf Amir. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra, 2003.
Ritzer, George. Teori Sosial Posmodern, alih bahasa: Muhammad Taufik, Yogyakarta: Juxtapose dan Kreasi Wacana, 2003
Sobur, Alex, 2003, Semiotika Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung
Storey, John., (2003). Teori Budaya dan Budaya Pop Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Penerbit: Qalam, Yogyakarta.
Strinati, Dominic, 2009, Popular Culture, Ar-Ruuzz Media, Yogyakarta
Zainabnina. obbkinyauna. april 4, 2013. (accessed mei 20, 2015).
Published
2015-05-01
How to Cite
HabsariS. (2015) “FASHION HIJAB DALAM KAJIAN BUDAYA POPULER”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(2), pp. 126-134. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v2i2.356.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1466 times
PDF downloaded = 1263 times