ANALISA SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PELESTARIAN OBYEK WISATA KOTA SEMARANG

  • Sinung Utami Hasri Habsari Alumni Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) Universitas Diponegoro Semarang
Keywords:
Poster, Wisata, Konservasi, Komunikasi Visual, Semarang

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi komersial maupun non-komersial, untuk mencapai tujuan social atau sosio-ekonomis. 
Komunikasi visual melalui bentuk poster mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna dari satu atau dua pesan. Dalam hal ini konsep pelestarian dan kepariwisataan ditampilkan secara bersama. 
Tujuan dibuatnya poster ini bukan sekedar dapat memberikan informasi kepada para pembaca untuk mengunjungi dan menikmati obyek wisata yang dituju tapi turut serta dalam bagian melestarikan..
Kode kultural dari aspek pengetahuan, memberikan pendidikan tentang segala sesuatu yang bersifat baik-buruk dari suatu sebab akibat, salah-benar dan jahat-suci. 
Kode Kebudayaan yang tersirat dalam poster juga diarahkan untuk memberi pengaruh yang berhubungan dengan gaya hidup, etika, dan estetika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danisworo, M. (1996). Konsep untuk mewujudkan Keselarasan antara Pertumbuhan, Peremajaan, dan Konservasi dalam Pembangunan Kota. Bandung: Jurusan Arsitektur ITB.

Eco, U. (1979). A theory of Semiotic. Indiana: Indiana University Press.

Gramediapustakautama. (2016, - -). Ragam Poster Obyek Wisata. Retrieved Juli 2, 2016, from Ragam Poster Obyek Wisata: http://www.gramediapustakautama.com/books/?bpp=18&oby=Penulis&cat=6216

Habsari, S. U. (2016). Analisa Semiotika Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan Hidup. Jurnal PPKM Volume 3 Nomor 2, bulan Mei, 106-113.

Indonesia, K. B. (2016, - -). Raksasa. Retrieved Juli 11, 2016, from KamusBahasaIndonesia.org: http://kamusbahasaindonesia.org/raksasa/mirip - KamusBahasaIndonesia.org

KBBI. (2016, - -). Pengerian Tikus. Retrieved mei 19, 2016, from KBBI versi On-line: http://kbbi.web.id/tikus

KBBI. (2016, - -). Pengertian Lestari. Retrieved Mei 22, 2016, from KBBI versi online: http://kbbi.web.id/lestari

Marquis-Kyle, P., & Walker, M. (1992). The Ilustrated Burra Charter: Making Good Decisions About the Care of Important Places . Canberra: Australian Heritage Commision.

Nugroho, S. (2014, April 30). Menulis poster untuk berbagai keperluan. Retrieved April 20, 2015, from Menulis slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi dan persuasif: http://sa3yonagespegapa.blogspot.com/2011/04/123-menulis-slogan-poster-untuk.html

Nuradi. (1996). Kamus Istilah periklanan Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

online, K. -v. (2016, - -). Pengertian Jam. Retrieved Mei 10, 2016, from KBBI versi online: http://kbbi.web.id/jam

online, K.-K. v. (2016, - -). Pengertian Korupsi. Retrieved mei 25, 2016, from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) - Kamus versi online/daring (dalam jaringan): http://kbbi.web.id/korupsi

Pilang, Y. A. (2004). Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis. Mediator 5 (2), 189-198.

poster, s. (2014, September 4). seputar poster. Retrieved 3 25, 2016, from seputar poster: http://posterina.blogspot.com/2014/09/definisi-jenis-jenis-serta-contoh.html

Prianto, E. (2016). Handout dan Modul Mata Kuliah TIA: Membuat Poster Pariwisata Kota Lama Semarang. (dokumentasi-dipublikasikan bagi kalangan terbatas), 20-30.

RI, P. (2009). Undang-undang RI no.10 tahun 2009 tenytang Kepariwisataan. Jakarta: Pemerintah RI.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Saussure, F. d. (1998). Pengantar Linguistik Umum (Penterjemah Rahayu S.Hidayat). Yogyakarta: Gajagmada University Press.

Semarang, S. (2016, - -). Obyek Wisata Kota semarang. Retrieved April 10, 2016, from Seputar Semarang: www.seputarsemarang.org

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Subakti, B. (1993). Sejarah Periklanan Indonesia. Jakarta: Penerbit Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.

Supriyadi, Y. (2013). Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Jogyakarta: Jalasutra.

Tinarbuko, S. (2010). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Widagdo. (1993). Desain: Teori dan Praktek - Seni Jurnal pengetahuan dan Penciptaan Seni. Yogyakarta: BP ISI.

Wikipedia. (2011, November -). pengertian Rumah Kuno. Retrieved Juni 10, 2016, from Graha: http://rumah-graha-dewata-malang.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-kosakata-graha.html

Wikipedia. (2015, - -). Pengertian Korupsi. Retrieved Mei 25, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Anak Cucu. Retrieved mei 2, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Anak_cucu

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Cagar Budaya. Retrieved Mei 23, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/ Cagar_budaya

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Jalan. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/jalan

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Kanvas. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kanvas

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Kuno. Retrieved Mei 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/kuno

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Memilki. Retrieved Juni 2, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/memiliki

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Pariwisata. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Punah. Retrieved Mei 24, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/punah

Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Zaman. Retrieved mei 25, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/zaman

Williamson, J. (1984). Decooding Advertisement, Ideology and Meaning in Advertising. London: Marion Boyars Publisher Ltd.

Zoest, A. v. (1993). Semiotika tentang tanda, cara kerjanya dan apa yang kita lakukan dengannya ( Penerjemah Ani Soekowati). Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Published
2016-09-30
How to Cite
HabsariS. (2016) “ANALISA SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PELESTARIAN OBYEK WISATA KOTA SEMARANG”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(3), pp. 267-285. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i3.377.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 354 times
PDF downloaded = 159 times