ANALISA SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PELESTARIAN OBYEK WISATA KOTA SEMARANG
Poster, Wisata, Konservasi, Komunikasi Visual, Semarang
Abstract
Iklan Layanan Masyarakat adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi komersial maupun non-komersial, untuk mencapai tujuan social atau sosio-ekonomis.
Komunikasi visual melalui bentuk poster mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna dari satu atau dua pesan. Dalam hal ini konsep pelestarian dan kepariwisataan ditampilkan secara bersama.
Tujuan dibuatnya poster ini bukan sekedar dapat memberikan informasi kepada para pembaca untuk mengunjungi dan menikmati obyek wisata yang dituju tapi turut serta dalam bagian melestarikan..
Kode kultural dari aspek pengetahuan, memberikan pendidikan tentang segala sesuatu yang bersifat baik-buruk dari suatu sebab akibat, salah-benar dan jahat-suci.
Kode Kebudayaan yang tersirat dalam poster juga diarahkan untuk memberi pengaruh yang berhubungan dengan gaya hidup, etika, dan estetika.
Downloads
References
Eco, U. (1979). A theory of Semiotic. Indiana: Indiana University Press.
Gramediapustakautama. (2016, - -). Ragam Poster Obyek Wisata. Retrieved Juli 2, 2016, from Ragam Poster Obyek Wisata: http://www.gramediapustakautama.com/books/?bpp=18&oby=Penulis&cat=6216
Habsari, S. U. (2016). Analisa Semiotika Komunikasi Visual Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan Hidup. Jurnal PPKM Volume 3 Nomor 2, bulan Mei, 106-113.
Indonesia, K. B. (2016, - -). Raksasa. Retrieved Juli 11, 2016, from KamusBahasaIndonesia.org: http://kamusbahasaindonesia.org/raksasa/mirip - KamusBahasaIndonesia.org
KBBI. (2016, - -). Pengerian Tikus. Retrieved mei 19, 2016, from KBBI versi On-line: http://kbbi.web.id/tikus
KBBI. (2016, - -). Pengertian Lestari. Retrieved Mei 22, 2016, from KBBI versi online: http://kbbi.web.id/lestari
Marquis-Kyle, P., & Walker, M. (1992). The Ilustrated Burra Charter: Making Good Decisions About the Care of Important Places . Canberra: Australian Heritage Commision.
Nugroho, S. (2014, April 30). Menulis poster untuk berbagai keperluan. Retrieved April 20, 2015, from Menulis slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi dan persuasif: http://sa3yonagespegapa.blogspot.com/2011/04/123-menulis-slogan-poster-untuk.html
Nuradi. (1996). Kamus Istilah periklanan Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
online, K. -v. (2016, - -). Pengertian Jam. Retrieved Mei 10, 2016, from KBBI versi online: http://kbbi.web.id/jam
online, K.-K. v. (2016, - -). Pengertian Korupsi. Retrieved mei 25, 2016, from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) - Kamus versi online/daring (dalam jaringan): http://kbbi.web.id/korupsi
Pilang, Y. A. (2004). Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis. Mediator 5 (2), 189-198.
poster, s. (2014, September 4). seputar poster. Retrieved 3 25, 2016, from seputar poster: http://posterina.blogspot.com/2014/09/definisi-jenis-jenis-serta-contoh.html
Prianto, E. (2016). Handout dan Modul Mata Kuliah TIA: Membuat Poster Pariwisata Kota Lama Semarang. (dokumentasi-dipublikasikan bagi kalangan terbatas), 20-30.
RI, P. (2009). Undang-undang RI no.10 tahun 2009 tenytang Kepariwisataan. Jakarta: Pemerintah RI.
Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.
Saussure, F. d. (1998). Pengantar Linguistik Umum (Penterjemah Rahayu S.Hidayat). Yogyakarta: Gajagmada University Press.
Semarang, S. (2016, - -). Obyek Wisata Kota semarang. Retrieved April 10, 2016, from Seputar Semarang: www.seputarsemarang.org
Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Subakti, B. (1993). Sejarah Periklanan Indonesia. Jakarta: Penerbit Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.
Supriyadi, Y. (2013). Periklanan Perspektif Ekonomi Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tinarbuko, S. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Jogyakarta: Jalasutra.
Tinarbuko, S. (2010). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Widagdo. (1993). Desain: Teori dan Praktek - Seni Jurnal pengetahuan dan Penciptaan Seni. Yogyakarta: BP ISI.
Wikipedia. (2011, November -). pengertian Rumah Kuno. Retrieved Juni 10, 2016, from Graha: http://rumah-graha-dewata-malang.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-kosakata-graha.html
Wikipedia. (2015, - -). Pengertian Korupsi. Retrieved Mei 25, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Anak Cucu. Retrieved mei 2, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Anak_cucu
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Cagar Budaya. Retrieved Mei 23, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/ Cagar_budaya
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Jalan. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/jalan
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Kanvas. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kanvas
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Kuno. Retrieved Mei 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/kuno
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Memilki. Retrieved Juni 2, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/memiliki
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Pariwisata. Retrieved Juli 1, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Punah. Retrieved Mei 24, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/punah
Wikipedia. (2016, - -). Pengertian Zaman. Retrieved mei 25, 2016, from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/zaman
Williamson, J. (1984). Decooding Advertisement, Ideology and Meaning in Advertising. London: Marion Boyars Publisher Ltd.
Zoest, A. v. (1993). Semiotika tentang tanda, cara kerjanya dan apa yang kita lakukan dengannya ( Penerjemah Ani Soekowati). Jakarta: Yayasan Sumber Agung.