KERANGKA KUALIFIKASI KEILMUAN FISIKA UNSIQ

  • Sri Jumini Dosen Prodi Pendidikan Fisika, FITK UNSIQ
Keywords:
Profil guru fisika, AlQuran, professional, kemaslahatan umat, kejayaan islam

Abstract

Profil lulusan Pendidikan Fisika UNSIQ harus diarahkan tidak hanya sekedar menguasai kompetensi ilmu Fisika, akan tetapi harus mampu melakukan kajian-kajian dan penelitian-penelitian (intidzar) terhadap kebenaran isi AlQuran. Karena Alqur'an tidak memuat secara detail pelajaran tentang ilmu pengetahuan kecuali hanya memberikan landasan untuk berpikir dan meneliti apa-apa yang ada di alam semesta ini. Sehingga akan didapatkan penjelasan mengenai alam semesta yang merupakan ayat-ayat kauniah yang digelar mengikuti sunnah-sunnah (ketetapan-ketetapan) Allah Swt. Dengan demikian ilmu pengetahuan yang terbentuk selaras dengan keharmonisan alam, karena bertolak dan berlandaskan kebenaran isi AlQuran. Pada akhirnya ilmu Fisika yang dikembangkan tidak hanya sekedar pengembangan ilmu fisika itu sendiri, akan tetapi berkembang untuk kemanfaatan dan kemaslahatan umat. Dengan demikian profil guru fisika UNSIQ yang professional, transformatif, humanis, dan Qurani dapat terwujud dengan baik. Lebih daripada itu kejayaan islam pada abad ketiga belas yang lalu dapat terwujud kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Sungkan. 2003. Kultur Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: Dikmenum. Jamal Abdurrahman. 2010. Cara Rosulullah SAW Mendidik Anak. Kediri: Adhar Risalah. Muhammad Kosim. 2011. Karakter Pendidik dalam AlQuran. http://enewsletterdisdik.wordpress.com. Di akses tanggal 1 Agustus 2012. Sri Jumini. 2012. Pembelajaran Inquiri dan diskoveri. Tesis. Tidak dipublikasikan.

Yusuf al Hajj Ahmad. Mausuah al-I?jaz al-ilmyy fi AlQuran al-Karim wa as-Sunnah al-Mutahharah. 2009. Jakarta: P.T. Kharisma Ilmu
Published
2016-01-30
How to Cite
JuminiS. (2016) “KERANGKA KUALIFIKASI KEILMUAN FISIKA UNSIQ”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(1), pp. 39-44. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i1.333.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 134 times
PDF downloaded = 106 times