Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an Wonosobo

Penulis

  • Rahmiati Rahmiati Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
  • Asep Sunarko Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah
  • Ahmad Rois Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2760

Kata Kunci:

Model of Learning;, Jigsaw Learning Models, Puzzle Game, Maharah Qiraah

Abstrak

Pembelajaran Maharah Qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat banyak siswa yang pasif ketika pembelajaran berlangsung, kurang berpartisipasi dan mayoritas siswa yang menganggap pembelajaran bahasa arab sulit. sehingga perlu diterapkan model pemebelajaran yang bervariasi dan menyenagkan. Penggunaan model pembelajaran jigsaw berbasis permainan puzzle diharapkan dapat menjadi solusinya. Penelitian ini menggunakan model eksperimen yang menggunakan desain one group pretes-postest. Penelitian menggunakan subjek peseta didik kelas VII SMP Takhasus Al Qur’an yang berjumlah 63 siswa dengan dibagi menjadi dua kelompok : kelompok kontrol dan eksperimen, Kemudian kelompok eksperimen dan kontrol dikenakan tes kemampuan awal (pretest) dan tes akhir berupa soal tertulis di akhir (posstest). Hasil penelitian akan dianalisis, diolah, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain skor untuk memperoleh perbedaan dan peningkatan maharah qira’ah pada subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dalam pembelajaran maharah qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an menggunakan model jigsaw berbasis permainan puzzle terdapat langkah-langkah yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung; 2) terdapat peningkatan maharah qira’ah peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,51 yang termasuk kedalam kategori sedang; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 5,19 > ttabel1,671. Sehingga Ha dapat diterima dan Ho bisa ditolak.

 

Referensi

Afandii, M., Wardan, O. P., & Chamalah, E. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA PRESS.
Akmalia, A., & Cahyani, N. D. (t.t.). STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH. 13.
Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab dan metode pengajarannya. Pustaka Pelajar.
Berkah, J. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMK KHARISMAWITA JAKARTA SELATAN. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 4(1), 21. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i1.3431
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab,. PT Remaja Rosdakarya.
Hidayatullah, Moch. S. (2017). Cakrawala Linguistik Arab. PT Grasindo.
Khoiri, A. A., & Romadhon, I. F. (t.t.). ARABIC TEACHER: PEMBELAJARAN MODERN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING BAGI NON-NATIVE SPEAKER. 11.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (t.t.). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. 7.
Mu’in, A. (2004). Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia,. Al-Husna Baru.
Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29–40.
Pane, A. (t.t.). URGENSI BAHASA ARAB; BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI AGAMA ISLAM. 2(1), 12.
Riduwan, A. (2007). Rumusan Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Ritonga, A. W. (2020). Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Studi Arab, 11(2), 73–86. https://doi.org/10.35891/sa.v11i2.2354
Sudibyo, B. (t.t.). MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,. 11.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (9 ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Taubah, M. (2019). Maharah dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765
Wardana, L. A. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM MEMAHAMI ISI CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SDN MAYANGAN V KOTA PROBOLINGGO. 02(02), 9.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-03

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Qira’ah di SMP Takhasus Al Qur’an Wonosobo. (2022). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 103-118. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2760

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>