MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DI MTS MA’ARIF TEMBARAK TEMANGGUNG
Media Realia, Mufrodat, Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan mufrodat pembelajaran mufrodat menggunakan media realia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen menggunakan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil uji t disimpilkan bahwa terdapat perbedaan enguasaan mufrodat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kotrol. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan perolehan hasil hipotesis uji t taraf signifikasi 1% thitung= 3,07 dan dk= 60 didapatkan ttabel= 2,66 karena thitung lebih besar dari ttabel. Dan diperoleh nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,87% sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 67,19%. Dari rata-rata peningkatan penguasaan mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 23, 68%. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa pengunaan media realia dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dan dapat dijadikan alternativ dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufrodat.
Downloads
References
Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Malang Press, 2009)
Anissatul Mufarrokah, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013)
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, (Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2016)
Hujair AH Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, (Yogyakarta: Kaukaba, 2013)
Imam Jalalud-din Al-Mahally dan Imam Jalalud-din As-Suyuthi, Tafsir Jalalain (Bandung : Sinar Baru, 1990)
Margono, Metodologi Penelitian Pendidkan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014)
Nanang Qosim, Strategi Pengajaran Bahasa Arab, (Bandung: Arvino Raya, 2016)
Skripsi (PGSD Universitas Muhammadyah Palangkaraya, 2014
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya,(Jakarta: PT Bumi Akasara, cetakan kedua belas, 2013)
Tutik Widyastuti, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan MenggunakanObjek Nyata di Kelas IV SDN 2 Rabambang Tahun Pelajaran 2013/2014
Zitun, Nor, “Penggunaan Media Realia pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 1 MIN Kebun Bunga Banjarmasin” (Skripsi Sarjana, Fakulas PGMI IAIN Antasari,2017)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).