MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DI MTS MA’ARIF TEMBARAK TEMANGGUNG

Penulis

  • Asep Sunarko PBA UNSIQ Wonosobo
  • Nuria Hafsah PBA UNSIQ Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v2i01.556

Kata Kunci:

Media Realia, Mufrodat, Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan mufrodat pembelajaran mufrodat menggunakan media realia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen menggunakan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument menggunakan instrument uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil uji t disimpilkan bahwa terdapat perbedaan enguasaan mufrodat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kotrol. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan perolehan hasil hipotesis uji t taraf signifikasi 1% thitung= 3,07 dan dk= 60 didapatkan ttabel= 2,66 karena thitung lebih besar dari ttabel. Dan diperoleh nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,87% sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 67,19%. Dari rata-rata peningkatan penguasaan mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 23, 68%. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa pengunaan media realia dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa dan dapat dijadikan alternativ dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran mufrodat.

Referensi

Abdul Chaer, Psikolingistik Kajian Teoritik (Jakarta : Rineka Cipta, 2015)
Abdul Wahab, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Malang Press, 2009)
Anissatul Mufarrokah, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013)
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, (Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2016)
Hujair AH Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, (Yogyakarta: Kaukaba, 2013)
Imam Jalalud-din Al-Mahally dan Imam Jalalud-din As-Suyuthi, Tafsir Jalalain (Bandung : Sinar Baru, 1990)
Margono, Metodologi Penelitian Pendidkan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014)
Nanang Qosim, Strategi Pengajaran Bahasa Arab, (Bandung: Arvino Raya, 2016)
Skripsi (PGSD Universitas Muhammadyah Palangkaraya, 2014
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya,(Jakarta: PT Bumi Akasara, cetakan kedua belas, 2013)
Tutik Widyastuti, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan MenggunakanObjek Nyata di Kelas IV SDN 2 Rabambang Tahun Pelajaran 2013/2014
Zitun, Nor, “Penggunaan Media Realia pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas 1 MIN Kebun Bunga Banjarmasin” (Skripsi Sarjana, Fakulas PGMI IAIN Antasari,2017)

Diterbitkan

2019-01-24

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MEDIA REALIA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT DI MTS MA’ARIF TEMBARAK TEMANGGUNG. (2019). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 121-140. https://doi.org/10.32699/liar.v2i01.556

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama