STUDI KOMPARASI MINAT SISWA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT EVALUASI KAHOOT! DENGAN GOOGLE FORMS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI MA' ARIF GONDANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Minat siswa, Alat evaluasi, Kahoot!, Google Forms
Abstract
Untuk mencapai pendidikan lanjutan yang baik, proses pembelajaran dan penilaian mutu perlu ditingkatkan. Hasil penilaian pembelajaran dapat digunakan untuk mengetahui derajat berhasil tidaknya proses pendidikan. Untuk mencapai hasil penilaian pembelajaran yang baik, guru memerlukan alat penilaian yang valid dan efektif sehingga dapat memenuhi tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui minat siswa kelas IV terhadap penggunaan alat evaluasi Kahoot! pada mata pelajaran IPAS di MI Ma’arif Gondang; 2) Untuk mengetahui minat siswa kelas IV terhadap penggunaan alat evaluasi Google Forms pada mata pelajaran IPAS di MI Ma’arif Gondang; 3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat siswa kelas IV terhadap penggunaan alat evaluasi Kahoot! dengan Google Forms pada mata pelajaran IPAS di MI Ma’arif Gondang. Jenis metode penelitian ini kuantitatif jenis quasi exsperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah posstest-only control design. hasil dari peneliti studi komparasi minat siswa antara yang menggunakan alat evaluasi Kahoot! dan Google Forms pada pembelajaran IPAS kelas IV, yaitu Minat siswa pada pembelajaran IPA yang menggunakan alat evaluasi Kahoot! cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan alat evaluasi Google Forms, Minat siswa pada pembelajaran IPAS yang menggunakan alat evaluasi Google Forms cenderung lebih rendah, Hasil perhitungan dari table Independent t Test bahwa diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0.010 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.