Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

  • Nibrisa Mindas Husna
  • Nasokah Nasokah
  • Muhtar Sofwan Hidayat
Keywords:
Media Diorama, Pembelajaran, Hasil Belajar, SKI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media diorama pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW kelas IV MI Ma’arif Kebondalem, mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan media diorama dengan yang tidak menggunakan pada mata pelajaran SKI MI Ma’arif Kebondalem, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kebondalem setelah menggunakan media diorama pada mata pelajara SKI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Kebondalem yang berjumlah 14 siswa. Yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Sebelum pembelajaran kedua kelas diberikan soal pretest. Siswa kelas ekperimen diberi pelajaran dengan menggunakan media diorama sedangkan kelas control diberi pelajaran secara konvensional. Kelas ekperimen dan kelas control dikenakan tes akhir berupa tes tertulis. Hasilnya diolah, kemudian dianalisis, dan dibagikan menggunakan uji t-test dan uji gain untu mengetahui perbedaan dan peningkatan antara dua kelas. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kebondalem yang diajar dengan menggunakan media diorama. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji gain yang diperoleh kelas eksperimen 0,691 dengan kriteria sedang. Sedangkan kelas control diperoleh 0,323 dengan kriteria sedang. Kemudian diperkuat dengan menggunakan uji –t dengan taraf kesalahan 1% menunjukkan hasil thitung sebesar 3,16 dan ttabel 2, 179. Berdasarkan uji-t tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Kebondalem yang diajar menggunakan media diorama deang yang tidak diajar dengan menggunakan media diorama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-25
How to Cite
HusnaN., NasokahN., & HidayatM. (2021, December 25). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-8. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2388

STATISTICS

Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 119 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>