PENGGUNAAN ALAT PERAGA RUMAH BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II MI MA’ARIF NU KLESMAN KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2020/2020

  • Ana Sartika
  • Ahmad Khoiri
  • Muhtar Sofwan Hidayat

Abstract

Penggunaan Alat Peraga Rumah Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II MI Ma’arif NU Klesman Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui hasil belajar matematika kelas II MI Ma’arif NU Klesman ; 2) mengetahuiapakah penggunaan alat peraga rumah bilangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga rumah bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true ekspeimental  dengan  one group pre test post test design. Penelitian ini dilaksanakan di MI  Ma’arif Klesman, dengan sampel kelas II sunan muria . instrument yang digunakan berupa test essay. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Penggunaan alat peraga rumah bilangan diterapkan pada materi menentukan nilai tempat dimana rumah ratusan berisi bilangan ratusan, rumah puluhan berisi bilangan puluhan dan  rumah satuan berisi bilangan satuan . dengan masing masing warna berbeda. Nilai rerata hasil belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga rumah bilangan yaitu 63,25 dengan kategori kurang sedangkan setelah menggunakan alat peraga menjadi 78,80  dengan kategori baik mengalami kenaikan sebesar 14,75. Berdasarkan perhitungan,hasil analisis uji normalitas  ditemukan harga X2hitung sebesar 9,77 dan  X2tabel  sebesar 11,07 dengan taraf kesalahan 5% . karena X2hitung  < X2tabel (9,77< 11,07)  maka sampel eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil perhitungan diperoleh t hitung =10,30 dan t table = 2,72 dengan taraf 5%, karena t hitung  10,30 > t tabel 2,72 maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga rumah bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Tria Alfi Soraya, “ Keefektifan Media Miniatur Rumah Pada Pembelajaran Number Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD. (Vol. 9,No.1 Juni 2018) diakses pada 03 Maret 2020 pukul 12.48 WIB
[2] Erni Ratna Dewi, “ Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas”. Https://Ogs.Unm.Ac.Id/Pembelajar/Article/View/5442. (Vol. 2 No 1, April 2018), diakses pada 3 Maret 2020 pukul 19.20
[3] Talizaro Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. ( Vol.2 No 2, Juli 2018), diakses pada 3 Maret 2020 pukul 20.46 WIB
[4] Siti Annisah,” Alat Peraga Pembelajaran Matematika,” . ( Vol.11, No 1 Januari Juli 2014), diakses pada 3 Maret 2020 pukul 22.24.
[5] Muhibbin syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: raja grafindo, ed.revisi,cet.14, 2015), hlm.30 33
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times