MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MENGHITUNG (STUDI KASUS MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS V MI MA’ARIF KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021)

  • Rizky Bima Saputra
  • Nasokah Nasokah
  • Ahmad Khoiri
  • Muhtar Sofwan Hidayat
Keywords:
Media Manipulatif, literasi menghitung

Abstract

Pembelajaran matematika, guru diposisikan sebagai pemegang kekuasaan dalam kelas, namun dalam hal pembelajaran khususnya penyediaan media guru sangat kurang kreatif dalam menginovasi pembelajaran. penggunaan media matematika dalam proses pembelajaran untuk memecahkan permasalah-permasalahan di kelas, solusi yang dapat diberikan pada jenjang sekolah dasar yakni dengan penggunaan media manipulatif dalam materi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adakah perbedaan literasi menghitung perkalian dan pembagian pecahan yang menggunakan media dengan yang tidak; 2) mengetahui seberapa besar peningkatan literasi menghitung setelah penggunaan media manipulatif; 3) mengetahui peningkatan literasi menghitung dengan menggunakan media manipulatif. Penelitian ini menggunaka pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) desain eksperimen Control Group Eksperiment dengan Model Control Group Pretest and Posttes Design. Hasil yang didapatkan belum dilakukan penelitian, namun sudah membuat instrument penelitian berupa media manipulatif, kisi-kisi soal, instrument penilaian, rencana pelaksanaan pembelajaran, serta soal sebagai alat ukur penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Beni S. Pustaka Setia. Bandung: Pustaka Setia, 2008.
[2] Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan (Metode Dan Paradikma Baru). Cet-3; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
[3] https://www.bernas.id// diakses pada tanggal 8 November 2019 pukul 08.00 WIB
[4] Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. .Bandung: Pustaka Setia, 2011.
[5] S, Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. cet.9; Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
[6] Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Cet.7; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2012.
[7] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Cet-21; Bandung: Alfabeta, 2015.
[8] Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Cet.8; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
[9] Sundayana, Rostina. Media Dan Alat Peraga Dalam Pelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, 2016.
Published
2020-08-16

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 0 times