PENERAPAN KONSEP PEREMAJAAN PRESERVASI PADA PERENCANAAN KAWASAN PONTIANAK SPORT VEREENIGING (PSP) KOTA PONTIANAK

  • Enif Ega Wilaga Universitas Tanjungpura
  • Ely Nurhidayati Universitas Tanjungpura
  • Mira Sophia Lubis Universitas Tanjungpura
Keywords:
Cagar Budaya, Kawasan PSP, Kawasan Tapak, Kota Pontianak, Preservasi

Abstract

Kota Pontianak memiliki beberapa kawasan tapak di dalam kota tersebut. Serta memiliki ciri khasnya masing-masing, yang mana hal itu menjadi identitas pada kawasan tersebut. Salah-satu kawasan tapak di Kota Pontianak yang memiliki ciri khas-nya tersendiri yaitu Kawasan Pontianak Sport Vereeniging (PSP).  Kawasan PSP merupakan salah-satu dari kawasan tapak yang ada di Kota Pontianak. Ciri khas pada kawasan tapak tersebut berupa Stadion Keboen Sajoek yang merupakan salah-satu dari 14 (empat belas) cagar budaya di Kota Pontianak. Sekarang kawasan PSP sudah berusia sekitar 56 tahun, yang mana kawasan tersebut sudah menjadi salah-satu dari saksi sejarah Kota Pontianak. Namun seiring waktu, ciri khas tersebut bisa kehilangan makna bagi kawasan tersebut. Untuk itu diperlukannya upaya peremajaan preservasi pada kawasan tapak tersebut. Preservasi pada kawasan PSP dilakukan dengan cara memperbaiki bagian-bagian yang rusak dan mengembangkan bagian-bagian pada kawasan yang belum terbangun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan pada kawasan, serta memberi rekomendasi pada bagian-bagian tapak mana saja yang perlu diperbaiki/dikembangkan. Metode yang dipakai yaitu metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pada kawasan dalam kondisi kurang terawat, seperti jalur pedestrian yang disalahgunakan, kurangnya lahan parkir, hingga adanya lahan yang belum terpakai. Sehingga peneliti merekomendasikan bahwa kawasan PSP perlu dilakukan preservasi pada bagian lahan/bangunan yang bisa dikembangkan, diantaranya perbaikan pada jalur pedestrian serta pengembangan pada lahan tak terbangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danisworo, M 1988, Konseptualisasi Gagasan Dan Upaya Penanganan Proyek Peremajaan Kota. Bandung, Institut Teknologi Bandung.
Diovitara, V 2018, Revitalisasi Community Center di Taman Alun-Alun Kapuas Kota Pontianak dengan Pendekatan Ekologis. Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia.
Fuady, M 2014, ‘Peremajaan Kawasan Makam Kerkoff sebagai Objek Bersejarah di Banda Aceh’, TATA LOKA, vol. 4, no. 3, hh. 245-255. Semarang, Universitas Diponegoro.
Kurniasari, D 2022, Ragam Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif vs Kuantitatif, DQLab, diakses pada 04 Juni 2023, https://dqlab.id/ragam-teknik-analisis-data-deskriptif-kualitatif-vs-kuantitatif.
Larco, N 2014, Site Design for Multifamily Housing: Creating liveable and connected neighborhoods, Washington, D.C., Island Press.
Putra, EP 2023, Dulu Dikenal Jadi Lokasi Prostitusi, Kini Kalijodo Berubah Jadi Wadah Kreasi, Republika, diakses pada 13 November 2023 pukul 16.19, https://news.republika.co.id/berita/s12u8l484/dulu-dikenal-jadi-lokasi-prostitusi-kini-kalijodo-berubah-jadi-wadah-kreasi.
PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM NOMOR 06 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN UMUM RENCANA TATA BANGUNAN DAN LINGKUNGAN, Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
PERATURAN DAERAH KOTA PONTIANAK NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA PONTIANAK TAHUN 2013-2033, Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak.
PERATURAN WALIKOTA PONTIANAK NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA PONTIANAK TAHUN 2021-2041, Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak.
PERATURAN DAERAH KOTA PONTIANAK NOMOR 4 TAHUN 2022 TENTANG PELESTARIAN DAN PENGELOLAAN CAGAR BUDAYA, Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak.
Russ, TH 2009, Site Planning and Design Handbook, Chicago, McGraw-Hill Companies, Inc.
Salmaa, 2023, Pendekatan Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contoh, Penerbit Buku Depublish, diakses pada 6 April 2023, https://penerbitdeepublish.com/pendekatan-penelitian.
Sejarah Berdirinya Jakarta Islamic Centre, Jakarta Islamic Centre, diakses pada 13 November 2023, https://islamic-center.or.id/sejarah-berdirinya-jakarta-islamic-centre.
Sutan 2016, Kisah Stadion Keboen Sajoek di Kota Pontianak, Suara Pemred Kalbar, diakses pada 20 Februari 2023, https://www.suarapemredkalbar.com/read/ponticity/20102016/kisah-stadion-keboen-sajoek-di-kota-pontianak.
Teniwut, M 2022, Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian, Media Indonesia, diakses pada 10 April 2023, https://mediaindonesia.com/humaniora/539107/teknik-pengumpulan-data-dan-metode-penelitian.
Yulianingrum, EV, Wulandari, A, Chairunnisa 2018, ‘PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP OBJEK PELESTARIAN CAGAR BUDAYA DI KOTA PONTIANAK’, vol. 5, No. 3, Pontianak, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.
Published
2024-06-30
How to Cite
WilagaE., NurhidayatiE., & LubisM. S. (2024, June 30). PENERAPAN KONSEP PEREMAJAAN PRESERVASI PADA PERENCANAAN KAWASAN PONTIANAK SPORT VEREENIGING (PSP) KOTA PONTIANAK. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 14(1), 13-20. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v14i1.6556
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times