IDENTIFIKASI KONDISI DESAIN PEDESTRIAN DI JALAN AHMAD YANI DAN HOS COKROAMINOTO DI KOTA PONTIANAK

  • Ely Nurhidayati Universitas Tanjungpura
  • Nana Novita Pratiwi
Keywords:
Pedestrian, Infrastruktur, Desain

Abstract

Jalur pedestrian juga dikenal sebagai trotoar, merupakan bagian dari infrastruktur perkotaan dan berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang lebih ramah pejalan kaki. Di Kota Pontianak sendiri sudah banyak memiliki pedestrian di setiap kawasan. Pedestrian tersebut ditujukan untuk memfasilitasi para pejalan dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Di antara banyaknya pedestrian yang ada di Kota Pontianak, pedestrian yang akan di bahas adalah pedestrian di Jalan Ahmad Yani dan di jalan HOS Cokroaminoto. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kondisi desain pedestrian di Jalan Ahmad Yani dan di Jalan HOS Cokroaminoto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey lapangan, analisis data teknis, dan penilaian dampak lingkungan dan fisik terhadap pedestrian di Jalan Ahmad Yani dan Jalan HOS Cokroaminoto. Hasil penelitian menujukkan bahwa kedua pedestrian tersebut layak untuk digunakan. Dari desainnya sudah cukup baik, baik itu dari pola lantainya dan juga unsur estetikanya sudah termuat pada pedestrian. Selanjutnya terdapat juga hasil kuisioner masyarakat sekitar terhadap pedestrian dan rata-rata menunjukkan hasil yang cukup baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansah, A., Kadaryanto, B., & Oktapani, S. (2020). Kepatuhan Hukum Pejalan Kaki terhadap Penggunaan Sarana Penyeberangan di Kota Pekanbaru. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 47. https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.261
Desain, P., Pejalan, F., Di, K., Perkotaan, K., Malang, K., Widiyanti, D., Dwi, W., Puslitbang, T., Jalan, D., Perkeretaapian, J., Medan, M., Timur, N., & -Indonesia, J. (n.d.). PEDESTRIAN FACILITY DESIGN PLANNING IN URBAN AREAS IN MALANG CITY.
Kalvin, J., Sirait, M., Naibaho, P. D. R., Aritonang, E. R., Mahasiswa, ), Arsitektur, P., Teknik, F., Katolik, U., Thomas, S., Utara, S., & Pengajar, S. (2018). KAJIAN TENTANG JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN ASPEK KENYAMANAN. In Jurnal Arsitektur ALUR (Vol. 1, Issue 2).
Mauliani, L., Purwantiasning, A. W., & Aqli, W. (n.d.). KAJIAN JALUR PEDESTRIAN SEBAGAI RUANG TERBUKA PADA AREA KAMPUS.
Nurhidayati, E. (2022). KONSEP BLUE-GREEN INFRASTRUCTURE (BGI) MELALUI PERMEABLE PAVEMENTS PEDESTRIAN DAN KOLAM RETENSI UNTUK MITIGASI GENANGAN BANJIR DI KOTA PONTIANAK (Vol. 19, Issue 1).
Ramzis, N., Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, W., Teknik, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota Faktor Kenyamanan Jalur Pedestrian Berdasarkan Persepsi Pejalan Kaki. https://doi.org/10.29313/pwk.v7i1.25529
S. Setiyono and A. Sidiq, “Konsep Infrastruktur Hijau Pada Area Khatulistiwa Park Kota Pontianak,” JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), vol. 2, no. 2, pp. 159–164, 2018.
I. W. Hidayat, “Evaluasi Jalur Hijau Jalan Sebagai Penyangga Lingkungan Sekitarnya dan Keselamatan Pengguna Jalan Bebas Hambatan Jagorawi,” Institut Pertanian Bogor, 2008.
S. Harbowoputri, “Kajian Pengaruh Penggunaan Perkerasan Terhadap Fungsi Hidrologis Taman Kota di Kota Bekasi,” Skripsi Fak. Pertan. Inst. Pertan. Bogor, 2018, [Online]. Available: https://thesiscommons.org/j3mby/download?format=pdf.
R. Sakinah, H. E. Kusuma, A. C. Tampubolon, and B. Prakarso, “Kriteria Jalur Pedestrian di Indonesia,” J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 7, no. 2, pp. 81–85, 2018, doi: 10.32315/jlbi.7.2.81.
European Environment Agency, Green infrastructure and territorial cohesion, no. 18. 2011.
A. Rowe, “Green Infrastructure Practices : An Introduction to Permeable Pavement,” New Jersey, 2012.
P. K. Widyaputra, Penerapan Infrastruktur Hijau Diberbagai Negara. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG, 2020.
Published
2023-12-31
How to Cite
NurhidayatiE., & PratiwiN. (2023, December 31). IDENTIFIKASI KONDISI DESAIN PEDESTRIAN DI JALAN AHMAD YANI DAN HOS COKROAMINOTO DI KOTA PONTIANAK. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 13(2), 245-251. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v13i2.5721
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 173 times
PDF downloaded = 65 times