Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Melalui Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi
tekanan, kesempatan, kontrol diri, kecurangan akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Melalui Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini dilakukan pada responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an di Wonosobo angkatan 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan daftar pernyataan (kuisioner) yang akan diisi oleh responden.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus TaroYamane, jumlah sampel yaitu sebanyak 80 responden. Metode analisis regresi berganda dan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian tersebut adalah tekanan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, kesempatan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik, rasionalisasi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, kemampuan tidak berpengaruh terhadap terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri tidak memoderasi pengaruh tekanan terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri tidak memoderasi pengaruh kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri memoderasi pengaruh rasionalisai terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri memoderasi pengaruh kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik.
Downloads
References
Intani, Citra Putri, and Ifdil Ifdil. 2018. “Hubungan Kontrol Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 4(2): 65.
Murni, Mayang, and Henny Pratiwi. 2020. “Pengaruh Fraud Diamond Terhadap Perilaku Fraud Academic Dengan Student Behavior Sebagai Variabel Moderating.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(3): 422.
Ahmad Nurkhin, and Fachrurrozie Fachrurrozie. 2018. “Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES.” Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi) 1(1): 1–12.
Ramadhan A.P, and Ruhiyat Endang. 2022. “Kecurangan Akademik: Fraud Diamond, Perilaku Tidak Jujur, Dan Persepsi Mahasiswa.” Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia 3(ISSN 2615-7896): 13–25. https://core.ac.uk/download/pdf/337610775.pdf.
Rizzal Firmanudin, Maulida Putri Rahmawati, and Suprihatma. 2022. “Implementasi Kebijakan Bumdes Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Di Desa Bangunrejo Kabupaten Kendal.” Journal Publicuho 5(3): 672–84.
Sihombing, Michael, and I Ketut Budiartha. 2020. “Analisis Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Akademik (Academic Fraud ) Mahasiswa Akuntansi Universitas Udayana.” E-Jurnal Akuntansi 30(2): 361.
Titi, Aditiawati. 2018. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Dimensi Fraud Diamond (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).” Universitas Islam Indonesia.