Faktor Determinan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Sebagai Konsultan Pajak (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Berbasis KeIslaman di Karesidenan Kedu)

  • Sri Hartiyah FEB UNSIQ
Keywords:
pemilihan karir, profesi akuntan publik, penghargaan finasial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan karir sebagai konsultan pajak oleh mahasiswa akuntansi, yang diukur dengan variabel penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja dan gender.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, sampel diperoleh dari universitas berbasis keislaman di Karesidenan Kedu (UNSIQ dan UMM). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Logistik dan pengolahan data menggunakan SPPS.

Hasil analisis menunjukkan variabel penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, dan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap pemilihan karir sebagai konsultan pajak oleh mahasiswa akuntansi, tetapi variabel nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja, dan jenis kelamin dari hasil analisis menunjukkan variabel-variabel tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap pemilihan karir sebagai konsultan pajak oleh mahasiswa akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Setiawan Chan. 2012. Analisis Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1 No. 1.

Alhadar. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi dan PPak Universitas Hasanudin).Skripsi Universitas Hasanudin. Makasar.

Arif Budi Riyanto. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris pada Universitas Muhammadiyah Surakarta). Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bird, A.(1994). Careers as repositories of knowledge: A new perspective on boundaryless careers. Journal of Organizational Behavior, 15(4), 325–344.

Edisah Putra Nainggolan, Maya Sari, M. Firza Alpi, Jufrizen. 2020. Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara-Medan Model Faktor Determinan Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak Pada Universitas Swasta Di Kota Medan, Jurnal Akuntansi dan Pajak, ISSN 1412-629X l E-ISSN 2579-3055

Merdekawati Putri dan Sulistyawati. 2011. Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Asset Vol.13 No. 1.

https://doi.org

https://doi.org/10.20961/jab.v6i1.35

https://pajak.go.id

Imam, Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Institut Akuntan Publik Indonesi (IAPI). 2011. Standar Profesi Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kadek Era Wahyuni, Ni Wayan Rustia rini dan Luh Komang Merawatri. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Jurnal Seminar Nasional. Uhmas Denpasar.

Lara Absara Apriliyan. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan Mahasiswa Unika). Skripsi: Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Meli Sartika. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi S1. Universitas Padjajaran. Bandung.

Mulyadi. 2012. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Merdekawati, D. P., & Sulistyawati, A. I. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Aset, 13(1), 9–19.

Niko Ardianto. 2014. Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karir Akuntan Publik atau Non Akuntan. Skripsi S1. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nitisemito, A. S. (2011). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber. Daya Manusia) (14th ed.). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Mentri Keuangan selama jangka waktu tertentu. Republik Indonesia Nomor 111 / PMK.03 / 2014.

Rahayu, dkk. 2003. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simponsium Nasional Akuntansi VI. Surabaya, 16-17 Oktober.

Stolle, S.D. 1976. Student’s View of The Public and Industrial Accountant. Journal of Accountancy. 106–109.

Sudaryono, E. A., Rahayu, S., & Setiawan, D. (2006). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6 (1).

Tri Kusno Widi Asmoro, Anita Wijayanti dan Suhendro. 2016. Determinan Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik oleh Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Vol. 1 No.1. E – ISSN: 2503 – 1937. Hal 164 – 178.

Ulva Aulia. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi di Kota Surabaya dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Skripsi: Universitas Airlangga Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Widiatami. 2013. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simponsium NasionaAkuntansi VI.821-837.

Widyasari. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir (Studi Empiris pada Universitas Diponegoro dan Unika Soegijapranata). Skripsi: Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakutas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Wijayanti. 2001. Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi di Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol 3, No. 2.
Published
2021-02-03
How to Cite
HartiyahS. (2021, February 3). Faktor Determinan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Sebagai Konsultan Pajak (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Berbasis KeIslaman di Karesidenan Kedu). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 55-66. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1591
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 539 times
PDF downloaded = 466 times