https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/issue/feed Journal of Economic, Management, Accounting and Technology 2025-09-26T18:04:47+07:00 JEMATech jematech@unsiq.ac.id Open Journal Systems <p>Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) adalah jurnal yang mencakup ekonomi, manajemen, akuntansi dan teknologi. JEMATech terbit pertama kali pada bulan Februari 2018. JEMATech terakreditasi oleh Ristekdikti masuk SINTA 4 tahun 2018-2022 (Nomor <a title="Sertifikat Akreditasi" href="https://drive.google.com/file/d/1JF3oNEGv45z4nxeBrPNqN65UznVAJdip/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">148/M/KPT/2020</a>). JEMATech terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari dan Agustus. E-ISSN : 2622-8122, P-ISSN : 2622-8394</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/8374 Revolusi Industri dalam Peran, Pengembangan, dan Kontribusi Sumber Daya Manusia 2025-09-26T18:04:45+07:00 Derisa Hendriyanti 2110631020012@student.unsika.ac.id Endang Taufiqurrahman endang.taufiqurahman@feb.unsika.ac.id <p>Revolusi industri terus berkembang sampai dengan saat ini, mulai dari era revolusi industri 1.0 sampai dengan gagasan era revolusi 5.0. Hadirnya revolusi industri sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk sumber daya manusia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis deskriptif dan kajian literatur, penulisan dan pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh revolusi industri terhadap sumber daya manusia dalam beberapa indikator, khususnya bagaimana revolusi industri mempengaruhi peran, pengembangan, dan juga kontribusi sumber daya manusia. Dengan banyaknya kemajuan teknologi sebagai hasil dari revolusi industri, hasil dari tulisan ini menunjukkan bahwa revolusi industri sangat berpengaruh terhadap peran, pengembangan, dan juga kontribusi dari sumber daya manusia. Dimana peran, pengembangan, dan juga kontribusi sumber daya manusia mendapatkan kemudahan dengan adanya dorongan dari revolusi industri. Revolusi industri mempengaruhi peran, pengembangan, dan kontribusi sumber daya manusia secara positif, akan tetapi bisa juga sebaliknya. Dan hal tersebut kembali lagi kepada sumber daya manusia menyikapi revolusi industri.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9167 Product Quality, Price, and Word of Mouth on Customer Purchase Decisions: A Study at Cafe Horas Porong 2025-09-26T18:04:45+07:00 Yusuf Sobirin ysobirin65@gmail.com Kumara Adji Kusuma adji@umsida.ac.id Lilik Indayani lilikindayani@umsida.ac.id <p><em>This study focused on analyzing the influencing element of purchase decisions in the context of coffee shop at Café Horas Porong with a focus on the effect of product quality, price, and word of mouth on customer purchase decisions at Café Horas Porong. The approach in this research is using quantitative method in which the sample is taken using purposive sampling technique from 96 respondents who have made purchases at Café Horas Porong. The data was analyzed using SmartPLS 3. The results of the study show that the three independent variables, namely product quality, price, and word of mouth, significantly and positively affects customer purchase decision. The implications of this study contribute to the management of Cafe Horas Porong to focus on improving product quality, competitive pricing, and positive word of mouth management in order to increase customer purchase decision. The urgency of this research lies in the need for MSMEs to understand the key factors that can increase competitiveness in the midst of increasingly fierce competition in the coffee shop industry. The limitation of this study lies in the limited location coverage of one coffee shop, so generalization of the results needs to be done with caution. The novelty of this research lies in the simultaneous integration of the three variables in the context of local coffee shop MSMEs in the Porong area.</em></p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9204 Green Accounting, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Sebagai Faktor Penentu Nilai Perusahaan Food and Beverage Tahun 2021-2023 2025-09-26T18:04:45+07:00 Robertus Steven Widjajanto 212202104414@mhs.dinus.ac.id Anna Sumaryati anna.sumaryati@dsn.dinus.ac.id <p>Perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia telah menunjukkan nilai perusahaan yang tinggi, tetapi penerapan praktik keberlanjutan dan pencapaian kinerja keuangan yang optimal menjadi tantangan tersendiri bagi kenaikan nilai perusahaan. Penelitian ini menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang menentukan nilai perusahaan di tengah tantangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh <em>green accounting</em>, tanggung jawab sosial perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Menggunakan <em>purposive sampling</em>, diperoleh 108 sampel melalui laporan tahunan dan keberlanjutan dari 251 perusahaan pada periode 2021-2023. Metode <em>Partial Least Square</em> digunakan untuk teknik analisis data dengan WarpPLS versi 7.0 sebagai alat analisis. Penelitian membuktikan bahwa implementasi <em>green accounting</em> dan profitabilitas memiliki dampak yang signifikan pada nilai perusahaan. <em>Green accounting</em> memiliki pengaruh sebesar 0,340 terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas memiliki pengaruh sebesar 0,682. Temuan ini menyoroti pentingnya praktik keberlanjutan dan pencapaian kinerja keuangan yang optimal dalam meningkatkan nilai perusahaan. Di sisi lain, <em>corporate social responsibility</em> tidak terbukti secara signifikan memengaruhi nilai perusahaan dalam konteks penelitian ini sebesar 0,146.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9373 Faktor Makro Ekonomi Dalam Negri dan Faktor Luar Negri Pada Perusahaan LQ45 2014-2023 2025-09-26T18:04:46+07:00 Risma Risma 2110631020042@student.unsika.ac.id Tiar Lina Situngkir tiarlina.situngkir@fe.unsika.ac.id <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui: Pengaruh suku bunga terhadap Harga Saham. Pengaruh straits times index (sti) terhadap Harga saham. Pengaruh suku bunga dan straits times index (sti) secara simultan terhadap Harga Saham. inflasi memperkuat atau memperlemah suku bunga terhadap harga saham. inflasi memperkuat atau memeperlemah straits times index (sti) terhadap harga saham. Penelitian menggunakan metode kuantitatif , sampel penelitian ini adalah perusahaan LQ45 periode 2014-2023. Pemilihan sampel menggunakan metode sampling, dengan jumlah 15 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji interaksi moderasi. Hasil analisis statistik dapat disimpulkan bahwa suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Straits times index (sti) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap haga saham. Suku Bunga dan straits times index (sti) berpengaruh signifikan terhadap haga saham. Inflasi tidak dapat memoderasi suku bunga dan straits times index (sti) terhadap harga saham.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9482 Foreign Debt dan Ukuran Perusahaan Dalam Pengambilan Keputusan Hedging dengan Leverage Sebagai Variabel Kontrol 2025-09-26T18:04:46+07:00 Nur Alifah Khoirunnissa akhoirunissa336@gmail.com Tiar Lina Situngkir tiarlina.situngkir@fe.unsika.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>Foreign debt</em> dan ukuran perusahaan terhadap keputusan <em>hedging</em>, dengan <em>leverage</em> sebagai variabel kontrol, pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014–2023. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi logistik. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan dan situs resmi terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan&nbsp; foreign debt berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging, yang berarti semakin tinggi utang luar negeri perusahaan, semakin besar kecenderungan untuk melakukan lindung nilai. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan, sehingga besar kecilnya perusahaan tidak memengaruhi keputusan hedging. Dan leverage sebagai variabel kontrol berpengaruh negatif signifikan, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat leverage, semakin rendah kecenderungan perusahaan melakukan&nbsp;hedging..Hasil ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam manajemen risiko perusahaan BUMN.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9710 Peran Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas 2025-09-26T18:04:46+07:00 Alya Cantika Habsari alyacantika1403@gmail.com Ratna Herawati rathna.hiera@dsn.dinus.ac.id Ngurah Pandji Mertha Agung Durya ngurahdurya@dosen.dinus.ac.id Ira Septriana ira.septriana@dsn.dinus.ac.id <p>Maksud dilakukannya penelitian ini ialah guna menganalisa hubungan dari perputaran modal kerja, struktur modal, serta ukuran perusahaan terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan subsektor <em>Food and Baverage</em> yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama kurun waktu 2022 hingga 2024. Pentingnya penelitian ini dilaksanakan ialah agar memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi serta mengkaji faktor-faktor keuangan yang dapat memengaruhi profitabilitas, sehingga dapat membantu dalam mengambil tindakan untuk meminimalisir masalah yang mungkin muncul. Sejumlah 44 perusahaan subsektor <em>Food and Baverage </em>yang terdaftar pada BEI pada kurun waktu yang di tetapkan dijadikan populasi untuk penelitian ini. Seleksi sampel berlandaskan metode <em>purposive sampling </em>menghasilkan total 141 data sebagai sampel penelitian. Data tersebut kemudian dianalisa melalui penerapan metode analisisi statistik deskriptif, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji kelayakan model dengan memanfaatkan bantuan perangkat lunak SPSS 27. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwasanya secara bersama-sama perputaran modal kerja, struktur modal, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan subsektor <em>Food and Baverage </em>tahun 2022 – 2024. Akan tetapi, secara parsial hanya perputaran modal kerja dan struktur modal yang memberikan pengaruh pada tingkat profitabilitas sementara ukuran perusahaan tidak.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/9776 Peran Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba 2025-09-26T18:04:46+07:00 Ilma Sabili ilmasabili3@gmail.com Ira Septriana ira.septriana@dsn.dinus.ac.id <p>Manajemen laba yakni istilah yang dipakai untuk menggambarkan praktik perusahaan memanipulasi angka dalam laporan keuangan untuk meningkatkan tampilan pendapatan, pengeluaran, ataupun informasi yang diungkapkan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menentukan apakah manajemen laba dipengaruhi oleh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Program statistik SPSS versi 21 dipakai untuk menerapkan metode pengujian hipotesis dan teknik purposive sampling. Dalam lima tahun pengamatan, total 36 sampel data sekunder dipilih dari laporan keuangan periode 2018-2022 pada perusahaan sektor properti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji statistik secara parsial menunjukan bahwasanya manajemen laba dipengaruhi secara negatif oleh variable perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan, sementara itu dipengaruhi secara positif oleh variable ukuran perusahaan. Meskipun demikian, semua variable independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable dependen.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/10253 Do Executive Incentives Drive Performance? A Study of Manufacturing Firms in Indonesian 2025-09-26T18:04:46+07:00 Budi Chandra budi.chandra@uib.ac.id Mardianto Mardianto mardianto.mardianto@uib.edu Robby Krisyadi robby.krisyadi@uib.ac.id Claudia Christina tintinclauu2120@gmail.com <p>The growing disparity between executive compensation (EXECOMP) and employee wages, along with increasing concerns over the effectiveness of incentive structures, highlights the urgency of understanding how executive pay influences firm performance (FP). This study investigates whether well-aligned compensation schemes can effectively motivate executives and enhance firm value, particularly under conditions of public scrutiny and regulatory pressure. Grounded in agency theory, the study analyzes 264 observations from manufacturing firms listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) between 2016 and 2022. Using Ordinary Least Squares (OLS) regression analysis, the results reveal a statistically significant positive relationship between EXECOMP and FP. These findings underscore the importance of performance-based incentives in driving executive behavior and improving financial outcomes. The study contributes to the literature by offering updated empirical evidence from an emerging market context, reinforcing the strategic role of EXECOMP in promoting sustainable corporate growth.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7819 Ekspansi Pasar Mixue Ice Cream & Tea melalui Sistem Franchise dalam Memperkuat Supply Chain 2025-09-26T18:04:47+07:00 Anggraeni Anggraeni anngraeni79@gmail.com Nelly Martini nelly.martini@fe.unsika.ac.id <p>Mixue Ice Cream &amp; Tea merupakan perusahaan berasal dari Tingkok. Di negara asalnya lebih dikenal dengan nama Mixue Bingchen atau XBMC. Pada tahun 2018 Mixue mulai memperluas jangkauannya di Asia Tenggara seperti di Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis Ekspansi Pasar Mixue Ice Cream &amp; Tea melalui Sistem <em>Franchise</em> dalam Memperkuat <em>Supply Chain.</em> Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (<em>literature study</em>) dimana peniliti melakukan pengumpulan, mempelajari dan mencatat, serta menganalisis beberapa artikel dari penelitian terdahulu dan referensi lainnya tentang Bisnis model <em>franchise</em> dan <em>supply chain management</em>. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu hasil penelitian terdahulu atau penelitian dari artikel, dokumen, sumber pustaka atau sumber-sumber studi literatur yang mendukung penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, Mixue yang orang kira sebagai perusahaan <em>ice cream</em>, tetapi kenyataanya merupakan perusahaan <em>Supply Chain.</em> Dimana pada laporan keuangan Mixue periode Januari – maret 2022 sebagian besar pendapatan berasal dari penjualan bahan baku dan kemasan kepada Mitra. Dengan model bisnis <em>franchise</em>, melalui konsep murah dan berkualitas, Mixue dapat menjangkau konsumen ke seluruh dunia secara cepat. Dengan target pasar negara-negara <em>Tier</em> 3, Negara <em>Tier</em> 4 dan <em>Mass Market</em> dengan pendapatan rata-rata menengah sampai ke bawah. Sehingga, pada tahun 2023 Mixue memiliki gerai 21.585 diseluruh dunia.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/8329 Analisis Bibliometrik: Peran Digital Marketing dalam Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah 2025-09-26T18:04:47+07:00 Rozi Irfan Rosyadhi rozirosyadhi@gmail.com Muhammad Yusuf myusuf_fe@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemasaran digital berkontribusi pada pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menerapkan metode bibliometrik. Data diambil dari publikasi ilmiah yang terdaftar dalam database Scopus dari tahun 2022 hingga 2024. Selain itu, penelitian ini menggunakan Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR) untuk menilai dan memahami hasil yang berkaitan dengan topik ini. VOSviewer dan R Studio digunakan untuk menggambarkan tren penerbitan serta hubungan antar istilah kunci. Temuan penelitian menunjukkan ada tiga istilah kunci utama: pemasaran digital, UMKM, dan perkembangan bisnis. Artikel yang paling banyak disitasi adalah "Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market During the COVID-19 Pandemic Time" dengan total 32 sitasi. Pemasaran digital terbukti efektif dalam memperbaiki dan memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM. Namun, penelitian ini terbatas pada database Scopus dan mencakup empat tahun terakhir. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar menggunakan berbagai database untuk mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/8235 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Web Wordwall Pada Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar 2025-09-26T18:04:47+07:00 Siti Dahniar Salsabila 2227220046@untirta.ac.id Ridha Maulida 2227220061@untirta.ac.id Patra Aghtiar Rakhman parakhman@untirta.ac.id <p>Keterampilan pemahaman bacaan sangat penting bagi siswa sekolah dasar, yang berfungsi sebagai dasar fundamental bagi semua mata pelajaran. Kekurangan keterampilan ini dapat menghambat pertumbuhan akademis siswa dan memengaruhi kapasitas mereka di masa depan untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meneliti faktor-faktor yang menyebabkan masalah ini, yang berpotensi menawarkan wawasan berharga bagi para pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam menciptakan intervensi yang lebih efektif lebih jauh lagi, menyelidiki penerapan media pembelajaran Wordwall sebagai pendekatan baru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa sangat relevan di era digital saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, menjadi penting untuk menilai dan memanfaatkan perangkat pendidikan yang dapat melibatkan siswa dan meningkatkan partisipasi mereka dalam pengalaman belajar. Penelitian ini tidak hanya menambah evolusi teori pendidikan tetapi juga menyajikan strategi efektif yang dapat diterapkan di dalam kelas, dengan tujuan meningkatkan prestasi siswa secara keseluruhan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk memahami fenomena kurangnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa Sekolah Dasar, serta untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall sebagai solusi untuk masalah tersebut. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali data secara mendalam melalui wawancara, observasi studi literatur. Jenis dari penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif, yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang ada dan mengeksplorasi solusi potensial yang dapat diterapkan di dalam konteks pendidikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa multimedia Word Wall berbasis digital layak digunakan dalam pembelajaran.</p> 2025-09-04T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##