https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/issue/feed Journal of Economic, Management, Accounting and Technology 2024-08-29T07:57:50+07:00 JEMATech jematech@unsiq.ac.id Open Journal Systems <p>Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) adalah jurnal yang mencakup ekonomi, manajemen, akuntansi dan teknologi. JEMATech terbit pertama kali pada bulan Februari 2018. JEMATech terakreditasi oleh Ristekdikti masuk SINTA 4 tahun 2018-2022 (Nomor <a title="Sertifikat Akreditasi" href="https://drive.google.com/file/d/1JF3oNEGv45z4nxeBrPNqN65UznVAJdip/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">148/M/KPT/2020</a>). JEMATech terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari dan Agustus. E-ISSN : 2622-8122, P-ISSN : 2622-8394</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/4672 Expectation-Confirmation Model dengan Extended variable Adaptation dan Trust pada Penggunaan Go Send 2024-08-21T12:41:31+07:00 Calvin Chandra Hidajat calvinchandrah@gmail.com Rinabi Tanamal r.tanamal@ciputra.ac.id <p>Gojek merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan di Indonesia. Menurut Lembaga Demografi FEB UI konsumen percaya bahwa penggunaan aplikasi Gojek dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Gojek memiliki mitra dibidang layanan jasa antar barang dalam jarak dekat (dalam kota) yang bernama Go Send. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu variabel yang memiliki pengaruh signifikan menggunakan model <em>Expectation-Confirmation Model </em>(ECM) dengan <em>extended variable </em>yaitu <em>Adaptation </em>dan <em>Trust </em>. Penelitian ini menganalisis pengaruh <em>Confirmation</em>, <em>Satisfaction </em>dan <em>Perceived Usefulness </em>terhadap keberlanjutan untuk terus menggunakan Go Send dengan tambahan variabel <em>Trust </em>dan Adoption. Hal pertama yang dilakukan untuk membantu menyelesaikan <em>problem</em> dari data analisis ini adalah pengumpulan data kuantitatif dalam bentuk data primer menggunakan Google Form yang akan disebarkan kepada pengguna layanan Go Send di Surabaya. Setelah terkumpul 164 data responden selanjutnya akan dilakukan data preprocessing (<em>exploratory data analysis </em>dan pengecekan <em>missing value</em>) dan data analisis dengan bantuan Google Colab. <em>Partial Least Squares Structural Equation Modeling </em>akan digunakan untuk mengukur pengaruh signifikan pada variabel yang sudah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menetapkan dari 11 hipotesis yang sudah dibuat terdapat 2 hipotesis yang tidak memiliki pengaruh signifikan. Dapat disimpulkan bahwa persepsi pengguna mengenai kegunaan dan kepuasan sangat penting dalam menentukan pengguna untuk memutuskan terus menggunakan Go Send.</p> 2024-08-21T08:13:58+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/2338 Manfaat Akreditasi dan TQM Sebagai Alat Penjamin Mutu di Lembaga Pendidikan 2024-08-21T12:41:31+07:00 Kemal Masjhur dakotatua@gmail.com Masduki Ahmad masduki@unj.ac.id <p>Pendidikan yang bermutu dibutuhkan agar suatu masyarakat dapat mencapai kesejahteraan.&nbsp; Perbaikan kurikulum telah dilakukan dari masa ke masa.&nbsp; Namun keragaman di Indonesia, ditambah dengan desentralisasi pendidikan membutuhkan alat yang dapat menjamin pendidikan yang bermutu, dan ada keseragaman mutu.&nbsp; Untuk memahami alat penjamin mutu pendidikan, sebuah penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan kemudian hasil dideskripsikan.&nbsp; Alat penjamin mutu yang dimaksud adalah akreditasi dan pengelolaan manajemen pendidikan.&nbsp; Akreditasi sudah diatur oleh pemerintah, sehingga organisasi hanya perlu memenuhi persyaratan yang ditentukan.&nbsp; Model pengelolaan yang dilirik penerapannya oleh para manajer pendidikan adalah Total Quality Management (TQM), yang telah sukses di bidang industri niaga.&nbsp; Sebagai rangkaian kegiatan, manajemen mutu juga memiliki efek terjadinya biaya.&nbsp; Biaya mutu adalah gabungan antara biaya manajemen mutu dan biaya kegagalan.&nbsp; Keberhasilan TQM dalam penerapannya menghadapi beberapa kendala, yaitu kendala pekerja dan budaya, kendala infrastruktur, kendala manajerial, dan kendala organisasional.&nbsp; Kajian sementara menunjukkan keberhasilan penerapan TQM di organisasi pendidikan, serupa dengan kesuksesan di industri bisnis.</p> 2024-08-21T08:34:59+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5827 Fenomena Korean Wave dan Brand Image Produk Korean Food Pelanggan Lawson 2024-08-21T12:41:31+07:00 Adelia Fitri Anjani adelia152001@gmail.com Alan Fajar Fadhilah 2010631020052@student.unsika.ac.id Novia Syafa’a Zahra 2010631020115@student.unsika.ac.id Fajar Ramadhan fajar.ramadhan@feb.unsika.ac.id <p>Era digitalisasi membuat pertukaran budaya menjadi sangat cepat, terlebih lagi di Indonesia saat ini Korean wave atau budaya Korea menjadi budaya yang sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Akulturasi kebudayaan tersebut tentunya mempengaruhi gaya hidup masyarakat, salah satunya adalah terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisa Fenomena Korean wave dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk Korean food di Lawson. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan uji asumsi klasik dan SEM dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Korean Wave dan Brand Image memiliki pengaruh yang significant terhadap keputusan pembelian Korean food di Lawson.</p> 2024-08-21T09:07:42+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5903 Keputusan Pembelian di E-Commerce Tokopedia Dikaji dari Search Engine Optimization dan Social Media Marketing 2024-08-21T12:41:31+07:00 Muhammad Arya Wirawan 2010631020106@student.unsika.ac.id Reminta Lumban Batu reminta.lumban@fe.unsika.ac.id <p>Perkembangan zaman yang terjadi saat ini memicu adanya kemudahan akses bagi masyarakat ke dunia bisnis yang lebih luas. Perusahaan dan pelaku bisnis harus secara aktif mencari peluang untuk berinovasi dan mengadopsi strategi yang sejalan dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung mempengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>search engine optimization </em>dan <em>social media marketing</em> terhadap keputusan pembelian di <em>e-commerce </em>Tokopedia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan <em>google form</em>. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Roscoe <em>sampling</em>, yaitu pemilihan sampel minimal dengan mengalikan jumlah variabel dengan 10. Diperoleh seratus responden dari sebaran survei. Uji F dan uji T digunakan dalam analisis data untuk analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian yang dilakukan secara bersamaan, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Search Engine Optimization </em>dan <em>Social Media Marketing </em>bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian secara positif dan siginifikan.</p> 2024-08-21T09:38:14+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5910 Dinamika Perkembangan Prinsip Akuntansi Syariah : Teori Akuntansi Sebagai Pilar Transformasi 2024-08-21T12:41:31+07:00 Dea Larasati Husodo larasatidea4@gmail.com Ghina Najla Afifah ghinanajlaafifah@gmail.com Lia Uzliawati uzliawati76@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dinamika pengembangan prinsip akuntansi syariah di Indonesia melalui metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Prinsip akuntansi syariah dan teori akuntansi syariah berperan penting dalam membentuk dasar dan panduan praktik akuntansi syariah yang sesuai dengan tuntutan agama. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan pesat praktik akuntansi syariah seiring pertumbuhan lembaga keuangan Islam dan kesadaran akan pentingnya praktik sesuai prinsip-prinsip Islam. Teori akuntansi syariah berperan besar dalam mengarahkan perkembangan ini, menciptakan transparansi, dan mendorong praktik bisnis yang etis. Meskipun demikian, transformasi akuntansi syariah dihadapkan pada tantangan seperti pemahaman yang kurang, ketidak konsistenan dalam standar akuntansi Islam global, namun dampak positifnya terlihat dalam meningkatnya kepercayaan dalam sistem keuangan Islam dan pertumbuhan pasar keuangan syariah. Pada akhirnya, transformasi akuntansi syariah bukan hanya mengubah sistem akuntansi, tetapi juga mencerminkan pandangan dunia Islam yang holistik dan berlandaskan pada prinsip-prinsip agama dalam semua aspek kehidupan, termasuk ekonomi dan keuangan.</p> 2024-08-21T09:54:40+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5938 Macro and Microeconomic Variables on Stock Return in The Property Sector In 2018-2022 2024-08-21T12:41:32+07:00 Wisnu Yuwono wisnu@uib.ac.id Lian Andrianus lianandrianusy19@gmail.com Nasar Buntu Laulita nasar.buntu@uib.ac.id <p>The purpose of the study, is getting information about investment to the investor based on micro and macro economic indicator. The variabel of micro and macro economic have a fluctuation indicated to Stock Return variabel. In this study, Stock Return is a dependent variable, Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Inflation, and Interest Rate is independent variable. The sample is using 23 of property company in 2018-2022 years. Variable data of macro economic is collect from website on <a href="http://www.bi.go.id">www.bi.go.id</a>, <a href="http://www.bps.co.id">www.bps.co.id</a> and data variable of micro economic is collect from company financial statement. The methods of this study is using analisis liner berganda. The result of this study is using the common effect model, because is the best model in this study. The result of Uji F is show ROA, DER, CR, Inflation and Interest Rate is not simultaneous significant to the Stock Return. The Result of Uji T is show the effect of ROA, DER and CR is not significant to the Stock Return, otherwise the Inflation and Interest Rate is significant to the Stock Return.</p> 2024-08-21T10:14:51+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5981 Peran Harga, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen FreshCare di Surabaya 2024-08-21T12:41:32+07:00 Amalia Wahyuningtyas amaliatyas01@gmail.com Budi Prabowo bprabowo621@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk FreshCare di Surabaya melalui tingkat kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengumpulan datanya melalui penyebaran kuesioner. Partisipan penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli atau menggunakan produk FreshCare di Surabaya. Sampel sebanyak 100 orang dipilih untuk penelitian ini dengan menggunakan teknik <em>Non Probability Sampling – Purposive Sampling</em>. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model persamaan <em>Struktural Equation Modelling </em>- <em>Partial Least Square</em> (SEM-PLS) dengan software statistik SmartPLS 4.0. Penelitian ini memberikan hasil bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu harga dan kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.</p> 2024-08-21T10:25:27+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5982 Impak Brand Image, Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Kopi GoodDay 2024-08-21T12:41:32+07:00 Dyah Ayu Fatmawati ayu60053@gmail.com Budi Prabowo bprabowo621@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari <em>brand image</em> dan <em>celebrity endorser</em> terhadap keputusan pembelian, <em>brand image</em> dan <em>celebrity endorser</em> memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, pengaruh minat beli secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, dan <em>brand image</em> dan <em>celebrity endorser</em> terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi yang terdiri dari konsumen kopi Good Day pada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jawa Timur Angkatan 2020-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode <em>purposive sampling</em>, dengan total sampel sebanyak 100 responden yang dihimpun melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan teknik SEM-PLS, path analysis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>brand image</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Celebrity endorser</em> tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Brand image</em> dan <em>celebrity endorser</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Minat beli memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Brand image</em> dan <em>celebrity endorser</em> juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.</p> 2024-08-21T10:37:58+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5984 Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Target Penjualan Handphone Pada Toko Lasvegas Cabang Gresik 2024-08-21T12:41:32+07:00 Tasya Febriyanti 20042010019@student.upnjatim.ac.id Budi Prabowo bprabowo621@gmail.com <p>Toko Lasvegas Cabang Gresik merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang elektronik sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran dalam meningkatkan target penjualan pada Toko Lasvegas Cabang Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan metode analisis SWOT pada Toko Lasvegas Cabang Gresik. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil IFAS dan EFAS yang menunjukkan kekuatan dengan skor 2,5625 dan kelemahan dengan skor sebesar 0,5.&nbsp; Sedangkan hasil EFAS menunjukan peluang dengan skor 1,8 dan ancaman dengan skor 1,06666667 . Berdasarkan diagram Analisis SWOT, Toko Lasvegas Cabang Gresik menunjukkan pada kuadran I dengan menggunakan strategi agresif yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah mendukung pertumbuhan kebijakan yang agresif (<em>Growth Oriented Strategy</em>) untuk meningkatkan target penjualan pada Toko Lasvegas Cabang Gresik</p> 2024-08-21T10:43:25+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5782 Kualitas Laporan Keuangan Badan Siber dan Sandi Negara Ditinjau Dari Beberapa Aspek Pengaruh 2024-08-21T12:41:32+07:00 Farida Yulistia fariyul@gmail.com Zulpahmi Zulpahmi zulpahmi@uhamka.ac.id Sumardi Sumardi sumardi@uhamka.ac.id <p>Kualitas laporan keuangan merupakan kegiatan penting dalam menjamin keberlangsungan dan akuntabilitas suatu instansi. Banyak aspek yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pegawai, sistem pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi, peran audit internal, dan pemahaman akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan yang disusun oleh BSSN, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan respondennya yaitu pegawai yang bekerja di Biro Perencanaan dan Keuangan serta Inspektorat yang berjumlah 72 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampel random. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, sistem pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi dan pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Untuk kompetensi pegawai, berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dan peran audit internal tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan secara simultan, kompetensi pegawai, sistem pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi, peran audit internal, dan pemahaman akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.</p> 2024-08-21T10:52:01+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7509 Pengembalian Saham, Penghindaran Pajak, Leverage, dan Harga Minyak : Studi dari perusahaan Indonesia 2024-08-21T12:41:32+07:00 Yovinianus Usboko yovinusboko@gmail.com <p>Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara bagi semua pelaku usaha, pajak dianggap sebagai biaya yang dapat mengurangi laba perusahaan. Untuk mengurangi biaya pajak, perusahaan dapat melakukan penghindaran pajak. Penghindaran pajak perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan mentransfer kekayaan dari pemerintah ke pemegang saham. Di sisi lain Leverage memiliki hubungan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance), di mana entitas yang memakai pinjaman alias utang sebagai sumber pendanaannya, akan menyebabkan munculnya biaya atas utang tersebut yang disebut beban bunga. Makin tinggi rasio leverage, makin tinggi pula utang entitas. Tingginya utang entitas, menyebabkan timbulnya beban bunga yang tinggi. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada laba entitas yang berkurang dan beban pajak entitas juga menurun.</p> <p>Di Sisi ekonomi Makro, Sebagai input paling strategis dalam proses produksi dan biaya transportasi, harga minyak bumi cenderung memiliki tuntutan arus kas yang signifikan, yang pada akhirnya berdampak pada return saham. Karena kenaikan harga minyak meningkatkan biaya menjalankan operasi bisnis dan tingkat diskonto dalam penilaian saham. Penelitian ini menggabungkan informasi spesifik perusahaan dalam hal ini&nbsp; variabel penghindaran pajak dan leverage dan juga informasi pasar yang menggunakan variabel return minyak terhadap return saham sudah hubungannya dengan return saham.</p> 2024-08-21T10:55:02+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/5390 IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN KIKIM TIMUR 2024-08-21T12:41:32+07:00 Nur Hayyuny nurhayyunyayu21@gmail.com Rita Martini ritamartini@polsri.ac.id Nur hasanah fatihfauziakbar@yahoo.co.id <p>Pengelolaan keuangan pada organisasi apapun dengan pendekatan&nbsp;<em>good governance</em>&nbsp;telah banyak terbukti membawa efek yang positif bagi tata kelola pemerintahan. Kajian ini bertujuan menganalisis penerapan prinsip&nbsp;<em>good governance </em>pada pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Kikim Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan sumber data penelitian ini menggunakan data primer yang diolah dari hasil kuesioner. Teknik analisis data menggunakan model analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel independen yaitu akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, independensi, dan <em>fairness </em>secara keseluruhan memiliki pengaruh terhadap pengelolaan keuangan desa. Secara parsial hasil penelitian ini variabel akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, independensi, dan <em>fairness </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan desa.</p> 2024-08-21T11:20:07+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7496 Implementasi Kebijakan Pengelolaan Alokasi Dana Desa Untuk Mewujudkan Good Governance (Studi Kasus di Desa Taba Tembilang Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara) 2024-08-21T12:41:32+07:00 Selva Reonah Mutiara mutiarareonahselva@gmail.com Septriani Septriani septriani@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi kebijakan alokasi dana desa (ADD) di Kabupaten Bengkulu Utara yang belum berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan serta untuk mengetahui transparansi dan akuntabilitas perencanaan, pelaksanaan, akuntabilitas dan pengawasan pengelolaan keuangan ADD. Variabel yang diteliti adalah transparansi dan akuntabilitas yang dirasakan oleh peremerintah tingkat desa, pengelola dana desa dan masyarakat desa. Data dikumpulkan dari 93 responden dari 5 dusun di desa Taba Tembilang. Halsil menunjukkan balhwal::;: (1). Persepsi responden terhadap indikator transparansi menunjukkan sudah pada kategori sangat baik dengan rata-rata total skor 4.34. (2). persepsi indikator akuntabilitas menunjukkan sudah pada kategori sangat baik dengan rata-rata total skor 4.44 dalam mewujudkan pengelolaan alokasi dana desa di Desa Taba Tembilang. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa pengelolaan dana desa di Desa Taba Tembilang telah disusun dan dilaksankan dengan baik atau telah menjalankan prinsip good governance (partisipasi dan akuntabilitas). Meskipun demikian, pemerintah Desa Taba Tembilang harus senantiasa meningkatkan kinerja dalam pengelolaan dana desa yang berpegang teguh pada prinsip-prinsip good governance, sehingga dana desa yang diberikan oleh pemerintah pusat mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan&nbsp;masyarakat.</p> 2024-08-21T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7718 Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Asuransi Syariah (di Kantor Bumi Putra Muda Cabang Surabaya) dan Keterkaitannya Dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional 2024-08-21T12:41:33+07:00 Tri Wahyuni 200721100126@student.trunojoyo.ac.id Lailatul Qadariyah lailatul.qadariyah@trunojoyo.ac.id <p>Keberadaan dana tabarru' dalam asuransi syariah merupakan salah satu perbedaan utama antara asuransi syariah dan asuransi konvensional. Dana yang diperuntukkan untuk hibah atau bantuan timbal balik dikenal sebagai dana tabarru'. Artikel ini melihat pengelolaan dana tabarru' dan apakah sudah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia nomor 53/DSNMUI/III/2006 tentang akad tabarru'. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. PT Asuransi BUMIDA Syariah Surabaya menjadi subjek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Asuransi BUMIDA Syariah Surabaya telah memenuhi syarat-syarat perjanjian. Tiga jenis pengelolaan dana yaitu dana peserta, dana perusahaan, dan dana tabarru'. Tujuan dari dana tabarru' adalah untuk membantu anggota yang mengalami musibah; pembayaran klaim dipotong langsung dari pos dana tabarru', yang dipisahkan dari dana lainnya. Dana tabarru' hanya dapat digunakan jika ada klaim yang diajukan, dan tidak dapat diambil tanpa adanya klaim. Pengelolaan dana tabarru' dilakukan dengan menginvestasikannya pada produk-produk keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah dan mengkreditkan kembali keuntungan investasi ke dalam rekening tabarru' peserta. PT. Asuransi BUMIDA Syariah Surabaya mengelola dana tabarru' sesuai dengan pedoman syariah yang telah diakui. Abstrak dituliskan dalam bahasa Indonesia yang memuat uraian singkat mengenai permasalahan dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian.</p> 2024-08-21T11:45:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7735 Audit Fee dan Preferensi Risiko CEO, Regulated Industry, Fair Value Non-Current Asset (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan di Indonesia) 2024-08-21T12:41:33+07:00 Renaldi Setiawan renaldionwork@gmail.com Tertiarto Wahyudi tertiwahyudi@gmail.com Emylia Yuniarti yuniartiemylia@unsri.ac.id <p>Auditor sebagai pihak professional yang telah melakukan pemeriksaan laporan keuangan mendapatkan <em>fee </em>yang menjadi bentuk balas jasa atas aktivitas pekerjaan yang dilakukan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi <em>audit fee </em>atau biaya audit yang diterima oleh auditor.&nbsp; Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian secara empiris dan analisis bagaimana pengaruh dari preferensi risiko CEO, <em>regulated industry, </em>dan <em>fair value non-current asset </em>terhadap <em>audit fee</em>. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan bukti empiris terhadap penerapan teori <em>agency </em>dan teori <em>stakeholder </em>dalam mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi <em>audit fee</em>. Sampel penelitian ini menggunakan 206 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2022 dan dilakukan pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi risiko CEO tidak berpengaruh terhadap <em>audit fee</em>. Sementara itu, variabel <em>regulated industry </em>dan <em>fair value non-current asset </em>berpengaruh terhadap <em>audit fee</em>.</p> 2024-08-21T12:04:38+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7748 Financial Strength and Direction on College Student’s Learning Cycles 2024-08-21T12:41:33+07:00 Ni Kadek Widiantari mariasih@undiksha.ac.id Putu Listiani listiani.2@student.undiksha.ac.id Kadek Sri Marhaeni sri.marhaeni@student.undiksha.ac.id Ni Putu Erni Asih erni.asih@undiksha.ac.id Komang Damar Danuartha damar.danuartha@student.undiksha.ac.id <p>Studi ini meneliti dampak antara kekuatan finansial dan pengelolaan keuangan terhadap siklus belajar mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Kekuatan finansial (<em>financial strength)</em> diukur sebagai kemampuan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka, sedangkan pengelolaan keuangan (<em>financial direction)</em> mengacu pada keterampilan dalam mengelola keuangan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil studi menunjukkan bahwa kekuatan finansial yang stabil memungkinkan mahasiswa untuk fokus pada pembelajaran tanpa distraksi keuangan, sementara pengelolaan keuangan yang baik membantu dalam mengelola dana secara efisien. Kesimpulannya, siklus pembelajaran mahasiswa secara signifikan dipengaruhi oleh kekuatan finansial dan pengelolaan keuangan, hal ini menyoroti pentingnya meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini sangat penting karena rendahnya literasi keuangan dapat menghambat proses belajar. Oleh karena itu, memperkuat literasi keuangan merupakan langkah yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Banyak mahasiswa terjerat kasus pinjaman online karena tidak mampu memenuhi kebutuhan atau karena tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.</p> 2024-08-21T12:15:55+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7644 Aplikasi Prediksi Banjir Menggunakan Algoritma XGBoost Berbasis Website 2024-08-21T12:41:33+07:00 Muhamad Fuat Asnawi fuatasnawi@unsiq.ac.id Hadi Hikmadyo Bisono hadihb@students.amikom.ac.id Muhamad Arldi Megantara arldimegantara@students.amikom.ac.id Kusrini Kusrini kusrini@amikom.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model prediksi risiko banjir menggunakan algoritma XGBoost dengan memanfaatkan dataset yang tersedia di Kaggle. Dataset tersebut mencakup berbagai faktor yang mempengaruhi risiko banjir seperti kualitas bendungan, pengikisan sistem drainase, longsor, dan hilangnya lahan basah. Proses penelitian dimulai dengan pengumpulan data, diikuti oleh preprocessing yang meliputi penanganan missing values, pemilihan fitur menggunakan regresi untuk memastikan fitur yang paling berpengaruh, dan normalisasi data. Model XGBoost kemudian dilatih dengan data yang telah diproses dan dievaluasi menggunakan beberapa metrik evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model memiliki performa yang sangat baik dengan nilai Cross-Validation RMSE sebesar 0.00097, Mean Squared Error (MSE) sebesar 1.0336, Root Mean Squared Error (RMSE) sebesar 0.001017, Mean Absolute Error (MAE) sebesar 0.000801, dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0.1605%. Nilai-nilai ini mengindikasikan kesalahan prediksi yang relatif kecil. Visualisasi hasil juga menunjukkan bahwa model tidak memiliki bias sistematis dan kesalahan prediksi tersebar merata. Penelitian ini mendesak mengingat peningkatan frekuensi dan dampak banjir akibat perubahan iklim dan urbanisasi yang pesat. Model ini diharapkan dapat digunakan secara efektif untuk memberikan peringatan dini dan membantu dalam perencanaan tata ruang yang lebih baik untuk mengurangi dampak bencana banjir.</p> 2024-08-21T12:31:53+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7679 Penerapan Data Sains Untuk Klasifikasi Wilayah Yang Terdampak Kerusakan Gempa Bumi Dengan Metode C.45 2024-08-21T12:41:33+07:00 Claudia Swastikawati claudia.swastikawati@students.amikom.ac.id Muhamad Agoeng Pamoengkas agung.kaz@gmail.com Alfian Cahyo Wahyudi alfian.wahyudi@students.amikom.ac.id Kusrini Kusrini kusrini@amikom.ac.id <p>Di Indonesia, gempa bumi sering terjadi karena interaksi plat tektonik. Energi seismik yang dicatat oleh seismograf diukur pada skala Richter (SR). Data dari BMKG dan BNPB selama semester pertama 2022 menunjukkan getaran energi seismik dari skala kecil hingga besar di sekitar Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode C4.5 untuk klasifikasi dampak gempa, mengolah data historis mengenai wilayah, magnitudo, kedalaman, dan tingkat kerusakan. Proses penelitian mencakup pengumpulan data, pra-pemrosesan, pemilihan model, pelatihan model, dan penilaian kinerja menggunakan akurasi, presisi, recall, dan skor F1. Dataset berisi 62 catatan gempa dari BMKG dan dampak kerusakan di Jawa dari BNPB. Model C4.5 mencapai akurasi 62% pada tuning 8:2, meskipun menghadapi tantangan seperti variasi kondisi geografis, struktur bangunan, dan jumlah kejadian dalam satu hari. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi berupa gabungan data bencana dari www.bmkg.go.id dan kerusakan dari https://gis.bnpb.go.id/. Selain itu, model C4.5 dapat dilakukan untuk skala kerusakan rumah akibat gempa bumi. Penelitian ini menghasilkan model prediksi yang akurat untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan bangunan, memberikan wawasan praktis untuk mitigasi bencana, dan mendukung pemerintah serta lembaga penanggulangan bencana dalam meningkatkan sistem peringatan dini dan distribusi bantuan.</p> 2024-08-21T12:40:45+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/6848 Peran Orientasi Kewirausahaan Dalam Memediasi Pemanfaatan Media Digital dan Kompetensi Kewirausahaan Dalam Peningkatan Kinerja Usaha 2024-08-21T14:11:38+07:00 Muhammad Hidayat hidayat2401@yahoo.com Maryadi Maryadi maryadi@nobel.ac.id Nur Haeda Zaeni nurhaedazaeni.nobel@gmail.com <p>Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran orientasi kewirausahaan dalam memediasi pemanfaatan media digital dan kompetensi kewirausahaan dalam peningkatan kinerja usaha, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS&nbsp; yang digunakan untuk menganalisa&nbsp; data primer hasil peneltian yang didapatkan dari 98 respondet penelitian yang ditentukan melalui pendekatan Hair.</p> <p>Hasil penelitian ini mengindikasikan (1) Tidak terdapat pengaruh antara pemanfaatan media digital dengan kinerja usaha Mikro (2) Kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha (3) Pemanfaatan media digital berpengaruh terhadap orientasi usaha (4) Kompetensi kewirausahaan berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan (5) Orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja usaha (6) Pemanfaatan media digital&nbsp; berpengaruh terhadap kinerja usaha melalui orientasi kewirausahaan,&nbsp;&nbsp; (7) Kompetens kewirausahaan&nbsp; berpengaruh terhadap kinerja usaha&nbsp; melalui orientasi kewirausahaan</p> 2024-08-21T14:11:38+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7860 Peran Pawon di Rumah Dieng : Kajian Arsitektural Ekonomi 2024-08-21T14:25:03+07:00 Hermawan Hermawan hermawanarsit@gmail.com Riandi Riandi riandi_ars@unsiq.ac.id Salimatul Salimatul salima_ars@unsiq.ac.id <p>Kearifan lokal menjadi salah satu isu yang terus dikembangkan untuk dijadikan model dalam mengatasi berbagai permasalahan. Rumah di Dieng mempunyai keunikan dalam penggunaan tungku api untuk melakukan penghangatan dengan budaya api nya. Kearifan lokal bisa disebut sebagai salah satu faktor dalam menciptakan ramah lingkungan atau keberlanjutan. Salah satu faktor ramah lingkungan atau keberlanjutan dalam bidang arsitektur adalah penghematan energi dalam aktivitas masyarakat. Penelitian ini akan membahas kajian arsitektural ekonomi yang mengungkap kajian ruang dan penghematan dalam bidang ekonomi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi pada 6 rumah tinggal utama dan 4 rumah tinggal sebagai sampel pendukung. Analisa menggunakan narasi deskriptif. Hasil penelitian mengungkap adanya hubungan yang erat antara keruangan dengan penghematan energi. Pawon yang merupakan suatu ruang aktivitas masyarakat mempunyai beberapa nilai ekonomi yang berbeda-beda sesuai dengan elemen arsitektur yang ditampilkan. Kajian arsitektural ekonomi menjadi salah satu kajian yang bisa menciptakan ruang hemat energi sebagai solusi dari permasalahan keberlanjutan.</p> 2024-08-21T14:25:03+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7850 Determinan Firm Performance Melalui Knowledge Creation Process Pada Homestay dan Hotel Tidak Berbintang di Kabupaten Wonosobo 2024-08-21T16:06:39+07:00 Yusqi Mahfud ysnwnsb@gmail.com Kurniawati Mutmainah kurniawati@unsiq.ac.id Ahmad Guspul guspulah@gmail.com Achmad Affandi achmadaffandi@unsiq.ac.id Nurma Khusna Khanifa nurmakhusna@unsiq.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menguji peran mediasi <em>knowledge creation process</em> dalam hubungan <em>customer orientation</em><em> dan </em><em>entrepreneurial orientation </em>dengan <em>firm performance </em>melalui pada industri penginapan, khususnya homestay dan hotel tidak berbintang di Kabupaten Wonosobo. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam metode penelitian ini yang melibatkan 132 responden dari 1.323 unit industri penginapan yang ada. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur variabel <em>customer orientation, entrepreneurial orientation, knowledge creation process, dan firm performance</em>. SEM-PLS digunakan untuk menganalisis data dan uji hipotesis. Penelitian menunjukkan hasil bahwa <em>firm performance </em>tidak dipengaruhi <em>customer orientation</em>, sedangkan <em>entrepreneurial orientation</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan tarhadap <em>firm performance</em>. Selain itu, <em>knowledge creation process </em>mampu mempengaruhi langsung <em>firm performance</em>. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peran mediasi <em>knowledge creation process</em>. Temuan ini menekankan pentingnya penerapan strategi inovatif dan pengelolaan pengetahuan dalam meningkatkan daya saing industri penginapan di Wonosobo.</p> 2024-08-21T16:06:39+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7788 Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Melalui Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi 2024-08-22T08:16:30+07:00 Andriane Mutiara Gusti romandhon@unsiq.ac.id Romandhon Romandhon romandhon7977@gmail.com Sri Hartiyah romandhon@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dimensi <em>Fraud Diamond </em>Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Melalui Kontrol Diri sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini dilakukan pada responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an di Wonosobo angkatan 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan daftar pernyataan (kuisioner) yang akan diisi oleh responden.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus <em>TaroYamane</em>, jumlah sampel yaitu sebanyak 80 responden. Metode analisis regresi berganda dan diolah menggunakan aplikasi <em>IBM SPSS versi 25</em>. Hasil dari penelitian tersebut adalah tekanan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, kesempatan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik, rasionalisasi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, kemampuan tidak berpengaruh terhadap terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri tidak memoderasi pengaruh tekanan terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri tidak memoderasi pengaruh kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri memoderasi pengaruh rasionalisai terhadap perilaku kecurangan akademik, kontrol diri memoderasi pengaruh kemampuan terhadap perilaku kecurangan akademik.</p> 2024-08-22T08:16:30+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7650 Penerapan Konsep Building Information Modeling (BIM) Dalam Estimasi Quantity Material Take Off Pada Pekerjaan Struktural Gedung (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman) 2024-08-22T08:22:42+07:00 Nasyiin Faqih nasyiin@unsiq.ac.id Ashal Abdussalam ashal@unsiq.ac.id Danu Hermawan danuherma18@gmail.com <p>Proyek Gedung Pendidikan Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedriman terletak di Jl. Dr. Soeparno No. 61, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kab. Banyumas. Pada proses pembangunan gedung ini telah terjadi waste material berupa material beton&nbsp; dan&nbsp; pembesian pada pekerjaan struktural. Penelitian ini membahas penggunaan metode Building Information Modeling (BIM) dengan menggunakan software Revit untuk membuat 3D modeling pada pekerjaan struktural dan memperoleh hasil quantity take off yang mampu meminimalisir waste material sehingga dapat meningkatkan value proyek tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif&nbsp; yang mana pada metode ini dimulai dengan teori, hipotesis, desain penelitian, subjek yang dipilih, pengumpulan data, pemrosesan, analisis, dan penulisan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan antara hasil volume existing (konvensional) dan hasil volume Quantity Take Off yang diperoleh melalui konsep BIM, Pada pekerjaan lantai 1 pekerjaan rabat beton bawah lantai memiliki selisih volume sebsesar 2.34%, pekerjaan beton pondasi foot plat memiliki selisih volume sebesar 4.89%, pekerjaan beton sloof memiliki selisih volume sebesar 3%, pekerjaan beton kolom memiliki selisih volume sebesar 3.51%, pekerjaan beton balok memiliki&nbsp;&nbsp; selisih volume sebesar 14.41%, dan pekerjaan beton plat lantai memiliki selisih volume sebesar 5.82% begitupun dengan lantai 2, lantai 3, dan lantai rooftop yang&nbsp; memiliki jumlah selisih volume di setiap masing masing jenis pekerjaan.</p> 2024-08-22T08:22:42+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7902 Organizational Justice dan Job Characteristic : Dampaknya Terhadap Employee Performance PT. Hasta Media Transdata Wonosobo Melalui Employee Performance 2024-08-22T08:37:14+07:00 Achmad Affandi achmadaffandi@unsiq.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara <em>organizational justice (OJ), job characteristics (JC)</em>, dan <em>work engagement (WE) </em>terhadap <em>employee performance (EP) </em>di PT. Hasta Media Transdata Wonosobo. Sampel yang digunakan sebanyak 125 karyawan. Metode bootstrapping digunakan untuk menghitung nilai t dan nilai beta guna membenarkan jalur dan koefisien regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima hipotesis langsung dan dua hipotesis tidak langsung didukung, dengan WE memediasi hubungan antara OJ dan JC dengan EP. Validitas diskriminan dan konsistensi internal data memenuhi persyaratan yang ditetapkan, dengan nilai Adjusted R-square menunjukkan bahwa konstruk mempengaruhi perubahan sebesar 58,5%</p> 2024-08-22T08:37:14+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/6754 Financing of Small and Medium-Scale Enterprises (SMEs) and Economic Growth in Nigeria 2024-08-22T13:21:01+07:00 Kenny Adedapo Soyemi k.ade.soyemi@gmail.com Olusola Enitan Olowofela olowofelaolusola@gmail.com Mayowa Ebenezer Ariyibi ariyibimayowa@gmail.com <p>The financing of small and medium-scale enterprises (SMEs) is a crucial aspect of economic development in Nigeria. However, SMEs often face significant challenges in accessing finance, hindering their growth and potential contributions to the economy. This study examines the role of deposit money banks in supporting SME financing in Nigeria using Central Bank of Nigeria (CBN) statistical bulletin and National Bureau of Statistics fact book (NBS) covering the period of 1990 – 2022 on yearly basis with E-view. The study found out that bank credit to small and medium scale enterprises, credit to private sector, lending rate, interest rate have positive and significant effect on gross domestic product. This study recommend that bank should enhance financial inclusion, simplify loan application processes, develop risk mitigation mechanisms, strengthen financial literacy and advisory services, foster collaboration in other to provide financing opportunities to small and medium-scale enterprises</p> 2024-08-22T13:21:01+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7910 Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop Ditinjau dari Promosi Pada Online Shop Sunfloca di Media Sosial Twitter 2024-08-22T14:56:24+07:00 Annisa Nur Fadhilah annisanf@upi.edu Nandang Nandang nandang@upi.edu Nizza Nadya Rachmani nadyarachmani@upi.edu <p>K-Pop sukses menyita perhatian global. Agensi K-Pop memanfaatkan momentum ini dengan merilis <em>merchandise</em> resmi. Penelitian ini berfokus untuk menguji pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian <em>merchandise</em> K-Pop di media sosial Twitter (studi kasus Sunfloca). Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan survei yang diselesaikan oleh 120 responden. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan didukung oleh pendekatan deskriptif dan verifikatif untuk menganalisis dan mengkonfirmasi temuan. Pengikut twitter Sunfloca menjadi populasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner dalam format <em>google form</em> yang disebar secara <em>online</em>. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa promosi di media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian <em>merchandise</em> K-Pop. Urgensi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan yang dapat membantu Sunfloca dan bisnis sejenisnya dalam merancang, mengoptimalkan, dan meningkatkan strategi promosi yang dilakukan sehingga meningkatkan penjualan.</p> 2024-08-22T14:56:24+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7896 Aktivitas Pemasaran Media Sosial untuk Keberlanjutan Usaha Melalui Co-creation pada Merek Fashion Ecinos 2024-08-22T15:12:18+07:00 Agustina Tri Astuti agustinaatriass@gmail.com Nandang Nandang nandang@upi.edu Nizza Nadya Rahmani nadyarachmani@upi.edu <p>Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pemasaran media sosial terhadap keberlanjutan usaha melalui variabel <em>co-creation</em>. <em>Co-creation</em> yang melibatkan kolaborasi antara perusahaan dan konsumen dalam menciptakan nilai bersama, merupakan aspek krusial dalam pemasaran modern. <em>Co-creation</em> dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka secara lebih tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik <em>purposive sampling</em> untuk memilih sampel yang terdiri dari para followers potensial dan pelanggan yang telah mengikuti Instagram Ecinos. Sebanyak 100 responden telah terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan dengan menerapkan <em>Skala Likert</em> dan dianalisis dengan metode <em>Partial Least Square</em> (PLS) menggunakan SmartPLS 4.0 sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel dalam penelitian ini signifikan dan memediasi pengaruh antar variabel. Secara khusus, aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan pada akun instagram Ecinos telah terbukti efektif dalam meningkatkan jangkauan dan memperkuat keterlibatan konsumen dengan menggabungkan prinsip-prinsip <em>Co-creation</em>.</p> 2024-08-22T15:12:18+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/7916 Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu 2024-08-29T07:57:50+07:00 Alyka Audri Ramadina alyka.audri.aa@gmail.com Ismail Yusuf ismail_yusuf@upi.edu Nizza Nadya Rachmani nadyarachmani@upi.edu <p><em>Coffee Shop </em>Pemkop memiliki tantangan besar untuk mampu meningkatkan kesadaran merek di benak konsumennya dalam menghadapi kondisi maraknya merek kedai-kedai kopi lain yang berdekatan di lingkungan lokasi Pemkop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan kesadaran merek <em>Coffee Shop </em>Pemkop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan kunci yaitu pemilik Pemkop merangkap tim pemasaran dan informan tambahan karyawan dan konsumen Pemkop. Pengumpulan data ini melalui wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu <em>Coffee Shop</em> Pemkop dalam delapan elemen utama yaitu periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran <em>online</em> dan media sosial, pemasaran <em>mobile</em>, pemasaran langsung dan basis data serta penjualan personal, berhasil saling terintegrasi dan aktif dijalankan untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Tingkat kategori kesadaran merek Pemkop saat ini masih berada pada tahap pengenalan <em>(brand recognition)</em> dimana pelanggan sudah mampu mengenali simbol dan <em>tagline</em> merek Pemkop. Memanfaatkan penggunaan elemen pemasaran media <em>online</em> dan media sosial yang diterapkan <em>Coffee Shop</em> Pemkop efektif dapat meningkatkan kesadaran merek pada aktivitas komunikasi pemasaran Pemkop. Urgensi penelitian ini dapat berkontribusi berupa wawasan dan pemahaman serta masukan terhadap <em>Coffee Shop </em>Pemkop dalam memaksimalkan&nbsp; pemasaran <em>offline </em>maupun pemasaran layanan<em> online </em>secara terintegrasi terhadap strategi komunikasi pemasaran terpadu.</p> 2024-08-23T20:34:30+07:00 ##submission.copyrightStatement##