Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Salak Pondoh
harga,luas panen, penawaran, salak pondoh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran salak pondoh dan tingkat elastisitas penawaran salak pondoh di Kecamatan Sukoharjo Wonosobo. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani salak pondoh di Kecamatan Sukoharjo Wonosobo. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode non-probality sampling dengan teknik purposive sampling dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang didapat dengan cara membagikan kuesioner kepada responden sebanyak 135 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Hair. Alat analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda pada fungsi penawaran dengan partial adjustment dari Nerlove dengan menggunakan pendekatan langsung pada variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran salak pondoh yaitu harga, luas panen, jumlah produksi, dan jumlah produksi buah salak pondoh berpengaruh positif terhadap penawaran salak pondoh dengan tingkat elastisitas bersifat inelastis (Ep < 1) dan hanya iklim yang berpengaruh negatif dengan tingkat elastisitas inelastis namun dengan nilai negatif (Ep > -1)
Downloads
References
Assauri, Sofyan. 1995. Manajemen Produksi. Jakarta: FEUI.
Atmaja, S Lukas. 2009. Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: ANDI.
Bitar. (2019, 15 Oktober). Iklim: Pengertian, 6 Unsur, 5 jenis, dan Dampak Perubahan Iklim Lengkap. Dikutip 3 Agustus 2019 dari Guru Pendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/iklim-adalah/.
BPS Kabupaten Wonosobo. 2017. Kecamatan Sukoharjo dalam Angka 2017. Dikutip 6 Juni 2019 dari BPS Kabupaten Wonosobo. https://wonosobokab.bps.go.id/publication.html.
BPS Kabupaten Wonosobo. 2018. Kecamatan Sukoharjo dalam Angka 2018. Dikutip 6 Juni 2019 dari BPS Kabupaten Wonosobo. https://wonosobokab.bps.go.id/publication.html.
Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Bumi Aksara.
Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip and Dary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Edisi 13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kusumo, S. A.B. Farid., S. Sulihanti., K Yusri., Suhardjo dan T. Sudaryono. 1995. Teknologi Produksi Salak. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian.
Mahirworo, dkk. 1989. Khasiat dan Manfaat Buah Rambutan. Jakarta: Surya Cipta.
Mankiw, N., Gregory. 2000. Pengantar Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Mutiarawati dan Tino. 2009. Penanganan Pasca Panen Hasil Pertanian. Dalam Skripsi. Bandung: Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran.
Nugroho, Andri., Endang Siti Rahayu., dan Susi Wuri Ani. 2015. Agrista: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agribisnis UNS. “Respon Penawaran Salak (Salacca Zalacca) di Kota Salatiga”. Universitas Sebelas Maret. Vol 3 No 2 Hal 25-35. (diunduh pada 10 Mei 2019). https://www.neliti.com/id/publications/183511/respon-penawaran-salak-salacca-zalacca-di-kota-salatiga.
Purba, Rudi Hartono., HM Mozart B Darus., dan Tavi Supriana. 2013. Journal on Social Agriculture and Agribussines. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Jagung di Sumatera Utara”. Universitas Sumatera Utara. Vol 2 No 6. (diunduh 24 Mei 2019). htpps://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/7880.
Reksohadiprodjo, Sukanto dan Indriyo Gitosudarmo. 1986. Manajemen Produksi. (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.
Setyowati dan Me Tri Sundari. 2009. Agrobisnis Universitas Sebelas Maret. “Analisis Penawaran Jagung di Jawa Tengah”. Universitas Sebelas Maret. Vol 24 No 1 Hal 12-20. (diunduh pada 10 Mei 2019) DOI: https://doi.org/10.20961/carakatani.v24i1.14006.
Stanton, William J. 2006. Prinsip Pemasaran. (Jilid 2, Edisi ke 7, Cetakan ke 4). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Suprapti. 2002. Technologi pengolahan pangan. Yogyakarta: Kanisius.
Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi Software SPSS). Malang: UMM Press.