Pengaruh Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, dan Citra Rumah Makan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empirik Pada Rumah Makan Saung Mansur Banjarnegara)

  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo
Keywords:
experiential marketing, kepuasan pelanggan, citra rumah makan, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh experiential marketing, kepuasan pelanggan, dan citra rumah makan terhadap loyalitas pelanggan di Rumah Makan Saung Mansur. Populasi penelitian ini difokuskan pada pelanggan Rumah Makan Saung Mansur dan sampel sebanyak 120 responden, dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah experiential marketing, kepuasan pelanggan, citra rumah makan, dan loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Untuk menganalisis memakai metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Melihat dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: variabel experiential marketing, kepuasan pelanggan, dan citra rumah makan memiliki dampak positif terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson E , Mittal V (2000) Penguatan satisfactionprofit yang chain . J Serv Res 3:107-120
Andreani, Fransisca. 2007.”Experiental Marketing ( Sebuah Pendekatan Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2 No. 1 April hal. 1-8.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Barmawi, Ma’aza K. 2012. Pengaruh diskonfirmasi positif, kepuasan dan loyalitas terhadap informasi dari mulut ke mulut pengunjung taman kota di Surabaya. Jurnal STIE Perbanas Surabaya.
Bolton RN, Drew JH (1994) Linking customer satisfaction to service operations and outcomes. In: Rust RT, Oliver RL (eds) Service quality: new directions in theory and practice. pp 173–200
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jilid Pertama. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kustini. 2007, Penerapan Experiential Marketing. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 7, No. 2. UPN “Veteran”Jawa Timur.
Rahmawati, 2003. ”Pengaruh ”Sense” dan ”Feel” dari Experiential Marketing pada Soto Gebrak,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.3 No.2 Agustus hal.109 – 121.
Sulistiyowati, 2003. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Super Swalayan di Sampangan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suliyanto. 2011.”Ekonometrika Terapan ( Teori dan Aplikasi) dengan SPSS”.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT.ANDI Offset.
Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran & Perilaku . Jakarta: Gramedia.
Published
2020-08-06
How to Cite
EfendiB. (2020, August 6). Pengaruh Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, dan Citra Rumah Makan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empirik Pada Rumah Makan Saung Mansur Banjarnegara). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 161-168. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1335
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 424 times
PDF downloaded = 247 times

Most read articles by the same author(s)