Impak Brand Image, Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Kopi GoodDay

  • Dyah Ayu Fatmawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords:
Brand Image; Celebrity Endorser; Keputusan Pembelian; Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, brand image dan celebrity endorser memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, pengaruh minat beli secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, dan brand image dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi yang terdiri dari konsumen kopi Good Day pada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jawa Timur Angkatan 2020-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 100 responden yang dihimpun melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan teknik SEM-PLS, path analysis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorser tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image dan celebrity endorser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Minat beli memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image dan celebrity endorser juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Beddu, M., Nurbakti, R., & Muin, S. A. R. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Polo T- Shirt Pada PT. Kaos’Ta Sukses Mulia Kota Parepare. Amsir Management Journal, 2(2), 89–94. https://doi.org/10.56341/amj.v2i2.73
Chetioui, Y., Benlafqih, H., & Lebdaoui, H. (2019). How Fashion Influencers Contribute to Consumer’s Purchase Intention. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(3), 361-380. https://doi.org/10.1108/JFMM-08-2019-0157.
Chusnah, & Zaenuri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie. Kinerja, 2(02), 77–92. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i01.936.
Dhaefina, Z., Nur, M. A., Sanjaya, V. F., & Artikel, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Image dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Lemonilo pada Media Sosial Intagram. Jurnal Manajemen, 7(1), 43–48. http://ejournal.lmiimedan.net.
Elita Tanujaya Julianto. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 16–29. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.146.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 e-ISSN 2614-1167.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795.
Napitupulu, T., Tumbel, A., & Tawas, H. (2023). Minat Beli Sebagai Pemediasi Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Mahasiswi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Samratulangi Manado). Jurnal EMBA, 11(1), 1149–1159.
Nasrullah, M., Remmang, H., & Chahyono, C. (2022). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1858.
Nurwijayanti, T., Saputra, M. H., & Rahmawati, F. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi pada Konsumen Produk MS Glow di Kabupaten Purworejo). 5(3), 165–180.
Puspita, N. N., & Nugroho, R. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pakaian Bekas sebagai Variabel Intervening”: Studi Kasus Konsumen di Kota Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 712–717. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.3841.
Putri, A. J. (2023). Pengaruh Dukungan Selebriti , Iklan , Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Bandung. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 3399–3409.
Rohani, S., Hufron, M., & Rizal Mohammad. (2020). Pengaruh Media Sosial Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Ms Glow Aesthetic Clinic Malang). E-Jurnal Riset Manajemen, 09(6), 48–65. www.fe.unisma.ac.id.
Siasani, M., Noer, M., & Budiman, C. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Mengkonsumsi Kopi Instan. Journal of Socio Economics on Tropical Agriculture, 1, 12–17. https://doi.org/10.25077/joseta.v5i1.
Sudirjo, F., Ratnawati, H., & Putranti, D. (2020). The Role of Product Attributes , Brand image, and Celebrity Endorser on Purchase Decision and Their Effects on Consumer Satisfaction on Homypad Shoes Product in Yogyakarta. 29(6), 4888–4898.
Sutiyono. R., & Brata. H. (2020). The Effect of Prices, Brand Images, and After Sales Service Reinforced Bar Steel Products on Consumer Purchasing Decisions of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science. 1(6), 945–967.
Tria, E. D., & Syah, T. A. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Pada Pelanggan Rita Pasaraya Cilacap. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 84–94. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i2.8.
Wasitaningrum, T., & Nur Cahya, H. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening. Jekobs, 1(1), 58–70. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS.
Published
2024-08-21
How to Cite
FatmawatiD., & PrabowoB. (2024, August 21). Impak Brand Image, Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Kopi GoodDay. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 277-288. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.5982
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times