Peran Harga, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen FreshCare di Surabaya

  • Amalia Wahyuningtyas Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords:
Harga, Promosi, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk FreshCare di Surabaya melalui tingkat kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengumpulan datanya melalui penyebaran kuesioner. Partisipan penelitian ini adalah masyarakat yang pernah membeli atau menggunakan produk FreshCare di Surabaya. Sampel sebanyak 100 orang dipilih untuk penelitian ini dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling – Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model persamaan Struktural Equation Modelling - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software statistik SmartPLS 4.0. Penelitian ini memberikan hasil bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu harga dan kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Budi Prabowo, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

References

Diandra D. Kewirausahaan Dan Urgensinya Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi. Semin Nas Manajemen, Ekon …. 2019;1:205-211. http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/33
Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Laporan Kinerja KPPU Tahun Anggaran 2022.; 2022.
Halim NR, Iskandar DA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. J Ilmu dan Ris …. 2019;4(3):415-424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Mulyana M. Inisiasi VIII Strategi Promosi dan Komunikasi. Mater Tutor Online Ekma 4216 Manaj Pemasar. Published online 2019:57-63.
Christoper BP. SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Peran Ekonomi Digital Terhadap Ketahanan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. SEIKO J Manag Bus. 2023;6(1):720-729. doi:10.37531/sejaman.v6i1.3745
Ayunda SP, Kusuma YB. Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Netflix. Al-Kharaj J Ekon Keuang Bisnis Syariah. 2023;5(6):2815-2825. doi:10.47467/alkharaj.v5i6.3656
Amalia ED, Madiawati PN. Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Smartphone Iphone. E-Proceeding Manag. 2022;9(3):1537-1550.
Andini Wulandari SM. Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café (2020). J Ilm MEA (Manajemen, Ekon Akuntansi). 2020;5(3):465-493. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1539
Top Brand Index. Komparasi Brand Index Minyak Angin Aromatherapy. www.topbrand-award.com. Published 2023. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=23&id_subkategori=409
Yusuf dan Said. Konsep Dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media; 2019.
Gunarsih CM, Kalangi JAF, Tamengkel LF. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity. 2021;2(1):69-72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Permatasari E, Luthfiana H, Pratama NA, Ali H. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen : Promosi , Harga Dan Produk ( Literatul Reviwe Perilaku Konsumen ). J Ilmu Manaj Terap. 2022;3(5):522-529.
Amelia Priyankha M, Sulistyawati L. The Influence Of Brand Image, Product Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty In Ms Glow (Study On UPN “Veteran” East Java Fisip Students) Pelanggan Ms Glow (Studi Pada Mahasiswa Fisip UPN “Veteran” Jawa Timur). Manag Stud Entrep J. 2023;4(3):2083-2090. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fakhrudin A. Citra Perusahaan, Citra Pemakai, Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen STTKD Yogyakarta. J Manaj Dirgant. 2020;13(1):2622-0946. https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/jmd/article/view/175/146
Fadhli K, Pratiwi ND. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. J Inov Penelit. 2021;2(2):603-612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684
Bambang Sudaryana dan Ricky Agusiady. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish; 2022. https://books.google.co.id/books?id=oKdgEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_book_other_versions_r&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sembiring M, Jufrizen, Tanjung H. “Efek Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” J Ilm Magister Manaj. 2021;4:Vol. 4, No. 1, hal. 131-144.
Sidik Priadana DS. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books; 2021.
Yusuf, I., & Sartika D. Pengaruh store image dan private label image serta perceived quality terhadap purchase intention produk private label Alfamidi di Kota Samarinda. Borneo Student Res. 2021;3(1):873-886.
Published
2024-08-21
How to Cite
WahyuningtyasA., & PrabowoB. (2024, August 21). Peran Harga, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen FreshCare di Surabaya. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 263-276. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.5981
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times