Keputusan Pembelian di E-Commerce Tokopedia Dikaji dari Search Engine Optimization dan Social Media Marketing
Search Engine Optimization, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian
Abstract
Perkembangan zaman yang terjadi saat ini memicu adanya kemudahan akses bagi masyarakat ke dunia bisnis yang lebih luas. Perusahaan dan pelaku bisnis harus secara aktif mencari peluang untuk berinovasi dan mengadopsi strategi yang sejalan dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung mempengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh search engine optimization dan social media marketing terhadap keputusan pembelian di e-commerce Tokopedia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan google form. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Roscoe sampling, yaitu pemilihan sampel minimal dengan mengalikan jumlah variabel dengan 10. Diperoleh seratus responden dari sebaran survei. Uji F dan uji T digunakan dalam analisis data untuk analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian yang dilakukan secara bersamaan, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Search Engine Optimization dan Social Media Marketing bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian secara positif dan siginifikan.
Downloads
References
Angelyn, A., & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946
Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409
Chaffey, D. & F. E.-C. (2019). Digital Marketing - Strategy, Implementation & Practice. 97.
Dahmiri, Indrawijaya, S., Fatricia, R. S., & Yasmin, A. (2018). Batik jambi promotion based on social media in asean economics community. Emerald Reach Proceedings Series, 1, 323–329. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00015
Dharma, B., Alfan, A. T., & Dharmawan, W. R. (2023). ANALISIS DAMPAK SEARCH ENGINE OPTIMATION ( SEO ) PADA E-COMMERCE YANG. 3(2).
Elyawati, E. (2021). PENGARUH VIRAL MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SCARLETT WHITENING DI PLATFORM TIKTOK. 6.
Haris, I., Pahriani, R., & Irsyad, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.185
Kholis, A. A., & Madiawati, P. N. (2019). PENGARUH KEAMANAN SITUS, KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE. 561(3), S2–S3.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. 1–63.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Management marketing. In Agrekon (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871
Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal [the Effect of Packaging, Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on Purchase Decisions on Local Brand Fashion]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 244. https://doi.org/10.19166/derema.v15i2.2445
Mukarromatun Nisa, M. (2022). SEARCH ENGINE OPTIMIZATION, INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 1. https://doi.org/10.21776/jmppk
Muslihah, F. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DALAM PANDANGAN ISLAM (Studi. https://doi.org/10.1515/bpasts-2016-0041
Parikh, A., Student, M. T., & Prof, A. (2013). Search Engine Optimization Sanjay Deshmukh. 2(11), 3146–3153. www.ijert.org
Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40332
Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Sohail, A. (2012). Search Engine Optimization Methods & Search Engine Indexing for CMS Applications. 1–75.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).
Sukri, S., & Zulfikar, Z. (2021). Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 4(3), 194–202. https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i3.2973
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wijaya, V. H. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Kirei Indonesia Bandung. 3, 614. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41711%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/41711/1/BAB I.docx