Keputusan Pembelian Produk Erigo Ditinjau dengan Variabel Brand Ambassador dan Harga (Survei Pada Konsumen yang Mengikuti Akun Shopee Erigo)
Brand Ambassador, Harga, Keputusan Pembelian, Erigo, Shopee
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis, mengetahui, dan melakukan pengujian mengenai pengaruh brand ambassador dan harga terhadap keputusan pembelian pada brand lokal Erigo dengan metode pembelian melalui e-commerce di Shopee. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan jenis purposive sampling untuk melakukan analisis deskriptif dan verifikatif dengan sampel yang digunakan sebesar 100 responden. Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) gambaran variabel brand ambassador didominasi dengan dimensi tertinggi yaitu transference; (2) gambaran variabel Harga didominasi dengan dimensi tertinggi yaitu keterjangkauan harga; (3) gambaran variabel Keputusan Pembelian didominasi dengan dimensi tertinggi yaitu waktu pembelian; (4) terdapat pengaruh positif secara parsial variabel Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian sebesar 35,9%; (5) terdapat pengaruh positif secara parsial variabel harga terhadap keputusan pembelian sebesar 48,2%; (6) terdapat pengaruh positif secara simultan variabel brand ambassador dan harga terhadap keputusan pembelian secara signifikan sebesar 61,192 > 2,36.
Downloads
References
Ahdiat, A. (2022). Banyak Konsumen Lebih Pilih E-Commerce untuk Belanja Fashion. Databoks2. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion
Amalia Probosini, D., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh Advertising Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Pada Konsumen Produk Pembalut Charm Di Kota Depok. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 03(03), 419–433.
Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075
Brestilliani, L. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9, 19. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9186-Full_Text.pdf
Dr. M. Anang Firmansyah, SE, M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Fashionpreneur, A. (2018). Perlukah Brand dalam Bisnis Fahion? Riraclothing. http://riraclothing.com/perlukah-brand-dalam-bisnis-fashion/
Hanaysha, J. R. (2022). International Journal of Information Management Data Insights Impact of social media marketing features on consumer ’ s purchase decision in the fast-food industry : Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549
Lestari, M. A. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSE, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LOKAL ERIGO [Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/4470/S1_FEB_21801081526_MEGA AYU LESTARI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Paramitha, M. P. (2021). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image , dan Brand Awareness Terhadap Purchase Decision MS Glow di Indonesia atau Rencana Induk Pembangunan. 1–18. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/8029/6839
Peneliti. (2023). Erigo Store. SimiliarWeb. https://www.similarweb.com/website/erigostore.co.id/#demographics
Prayogi, M. F., & Djatmiko, B. (2019). Analisis Brand Ambassador Pada Distro Random Apparel. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi.
Purnomo, M., & Charles, M. A. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Hunian Pada Novotel Bukittinggi. Jurnal ADMINISTRASI BISNIS.
Putra, W. W. (2021). Pengaruh persepsi harga dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian online: Studi pada konsumen Erigo Official Shop Shopee.co.id di Kota Malang.
Radika, A., Pratiwi, N. M. I., & Maurta, I. G. . A. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK ERIGO DI KAB. GRESIK. Gemah Ripah: Jurnal Bisnis, 02(01), 43–59.
Ramadhan, D. G., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian ( Pada Studi Kasus Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador ) Erigo The Influence Of The Ambassador Brand On The Purchase Decision ( In The Case Of Arief Muhammad As A Brand Ambassador ) Erigo. 9(4), 2100–2112.
Ramadhanty, G. P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Penggemar Boyband EXO Sebagai Brand Ambassador Nature Republic) [UIN Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39808/1/16730063_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Raswen, R. N. (2019). PENGARUH BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP CITRA PERUSAHAAN SHOPEE PADA MAHASISWI DI UIN SUSKA RIAU. JOM FISIP.
Riswandi, D. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Starngage. (2022). Top Instagram Influencers in Indonesia in 2022. Starngage.Com. https://starngage.com/app/id/influencer/ranking
Syahza, A. (2021). Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021 (Revisi, Issue September). Unri Press. https://www.researchgate.net/publication/354697863_Buku_Metodologi_Penelitian_Edisi_Revisi_Tahun_2021