Loyalitas Karyawan pada PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (Tinjauan dari Reward dan Punishment)

  • Nabilla Shalsya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Reminta Lumban Batu Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords:
Reward, Punishment, Loyalitas Karyawan.

Abstract

Setiap perusahaan harus memiliki kemampuan untuk memupuk loyalitas diantara setiap karyawannya ditengah persaingan bisnis yang kian ketat. Hal ini diperlukan sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan perusahaan. Loyalitas yang kurang dari para karyawan akan menyebabkan perusahaan mendapat kesulitan dalam mewujudkan tujuan yang telah dirumuskan, hal ini tentu harus dihindari oleh setiap para pelaku bisnis. Salah satu upaya untuk menumbuhkan loyalitas karyawan adalah dengan menerapkan Reward dan Punishment yang dapat membantu membangun pengakuan terhadap kontribusi karyawan dan pada gilirannya meningkatkan tingkat loyalitas mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki sejauh mana Reward dan Punishment berpengaruh atas tingkat loyalitas karyawan di PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Metode Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sampel yang terdiri dari 100 responden karyawan. Untuk mendukung hipotesisnya, analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, analisis linier berganda, uji t dan uji F. Temuan dari penelitian mengindikasikan bahwa penerapan Reward dan Punishment di PT Hino Motors manufacturing Indonesia mampu menciptakan karyawan yang loyal kepada perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (M. Masykur, Ed.; 14th ed.). Salemba Empat.
Dymastara, E. S. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sandabi Indah Lestari Bengkulu Utara.
Febrianti, S., Al Musadieq, M., & Prasetya, A. (2014). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA (Studi pada Karyawan PT. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 12, Issue 1).
Imaniyah, K., & Firdaus, M. A. (2022). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PT. ANUGRAH MITRA INVESTA. Syahrum Agung Manager, 5(1), 37–45. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MANAGERhttp://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MANAGER
Lalisang, I. R., Taroreh, R. N., & Lumintang, G. G. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA, REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS PEGAWAI PADA PT. PLN (PERSERO) UP 3 TAHUNA ULP TAGULANDANG EFFECT OF WORK MOTIVATION, REWARD AND PUNISHMENT ON EMPLOYEE LOYALTY AT PT. PLN (PERSERO) UP 3 TAHUNA ULP TAGULANDANG. In 679 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 4).
Mandagi, G. M., Areros, W. A., Sambul, S. A. P., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2020). Reward and Punishment terhadap Loyalitas Karyawan pada PT. Bank SulutGo Cabang Utama Manado. 1(4).
Mulyapradana, dkk. (2020). Pengantar Manajemen Organisasi Kontemporer (Teori, Perspektif dan Aplikasi) (GCAINDO, Ed.). Mirra Buana Media.
Onsardi, O. (2018). Loyalitas Karyawan pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(1), 1–13. https://doi.org/10.31539/costing.v2i1.326
Pramesti, R. A., Sambul, S. A. P., Rumawas, W., Administrasi, J. I., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).
Putri, V., Tewal, B., Walangitan, M. B., Irianti Putri, V., Tewal, B., Donald Walangitan, M. B., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). THE EFFECT OF REWARD AND PUNISHMENT ON EMPLOYEE LOYALTY WITH JOB SATISFACTION AS A MODERATING VARIABLE (CASE STUDY AT PT. BRI (PERSERO) TBK. MANADO BRANCH OFFICE). 10(2), 207–216.
Sofiati, E. (2021). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Ekono Insentif, 15(1), 34–46. https://doi.org/10.36787/jei.v15i1.502
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.
Published
2024-02-06
How to Cite
ShalsyaN., & BatuR. L. (2024, February 6). Loyalitas Karyawan pada PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (Tinjauan dari Reward dan Punishment). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(1), 61-67. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i1.5563
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 81 times