Evaluasi Prosedur Pelaksanaan Klaim Asuransi Public Liability Pada PT Jasaraharja Putera Magelang

  • Lala Ardila Universitas Tidar
  • Octavia Lhaksmi Pramudyastuti Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah
Keywords:
Accounting Procedure, Claim Implementation, Public Liability

Abstract

Keterlambatan pembayaran premi bisa menyebabkan perusahaan asuransi menunda pembayaran klaim. Perusahaan bisa menolak untuk membayar klaim kepada pelanggan, bahkan bisa memutuskan kontrak atau perjanjian yang telah disepakati dengan pihak tertanggung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan klaim asuransi liability pada PT Jasaraharja Putera Magelang yang kemudian dilanjutkan dengan mengevaluasi prosedur pelaksanaan klaim PT Jasaraharja Putera yang efektif untuk dilakukan PT Jasaraharja Putera Magelang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, pelaksanaan penelitian yang dilakukan di PT Asuransi Jasaraharja Putera dengan metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan magang.Berdasarkan hasil dari prosedur pelaksanaan klaim PT Jasaraharja Putera diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa prosedur pelaksanaan klaim yang dilakukan kurang memadai dan efektif. Penerapan ilmu akuntansi dalam melaksanaan klaim akan membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan sehingga mudah untuk memverifikasi data pelanggan yang masih terdaftar dalam pemegang polis di PT Asuransi Jasaraharja Putera.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, A. (2012). Pengertian dan Tahapan Klaim.
Budisantoso, T., & Triandaru, S. (2009). Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.
Dady, F., Ilat, V., & Ponton, W. (2017). Analisis Sistem Akuntansi Dan Prosedur Pembayaran Klaim Jaminan Kematian Pada PT TASPEN (Persero) Cabang Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 63-72.
Danistha, A. N., & Djuwityastuti. (2019). Proses Pembayaran Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Bagi Tertanggung (Studi di Brins General Insurance Cabang Yogyakarta). Jurnal Privat Law, 130-136.
Darmawi, H. (2004). Manajemen Asuransi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Firdaus, R., & Akmal, N. (2019). Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jiwa Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah (Studi Kasus Pada PT Asuransi Jiwasraya Persero Area Lhokseumawe). JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 93-104.
Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi (Edisi Ketiga ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Peraturan OJK Nomor 60/POJK.05/2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, Perusahaan Reasuransi, dan Perusahaan Reasuransi Syariah
Polis Asuransi Public Liability No: JRP.0093.002. PT Jasaraharja Putera
Purba, A. G. (2014). Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Bagian Umum Badan Pemberdayaan Usaha Milik Daerah Kabupaten Sragen, Surakarta.
Purba, A. G. (2014). Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Bagian Umum Badan Pemberdayaan Usaha Milik Daerah Kabupaten Sragen, Surakarta.
Soemarso, S. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sofia, S. A. (2017). Pelaksanaan Klaim Asuransi Public Liability Bagi Wisatawan Pada PT Jasaraharja Putera. Banda Aceh: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala.
Sudrajat, I. A. (2013). Evaluasi Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Hari Tua Pada PT JAMSOSTEK (Persero) Cabang Yogyakarta Tahun 2013. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumarauw, M. F. (2013). Evaluasi Sistem Dan Prosedur Akuntansi Atas Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan Pada PT ASKES (Persero). Jurnal EMBA, 331-338.
Undang-Undang No. 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian
Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Pasal 246
Published
2020-08-06
How to Cite
ArdilaL., & PramudyastutiO. (2020, August 6). Evaluasi Prosedur Pelaksanaan Klaim Asuransi Public Liability Pada PT Jasaraharja Putera Magelang. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 120-126. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1285
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 525 times
PDF downloaded = 218 times