Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond

Investigasi Dimensi Fraud Diamond

  • Octavia Lhaksmi Pramudyastuti Universitas Tidar
  • Ari Nurul Fatimah Universitas Tidar
  • Deva Sasti Wilujeng Universitas Tidar
Keywords:
kecurangan akademik, mahasiswa akuntansi, fraud diamond theory

Abstract

Kecurangan akademik merupakan salah satu permasalahan besar pada setiap institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penyebab perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi di suatu perguruan tinggi negeri di Kota Magelang berdasarkan dimensi Fraud Diamond theory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara kepada 10 responden mahasiswa sarjana dan diploma Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kecurangan akademik mahasiswa disebabkan oleh empat aspek utama, yaitu tekanan, peluang, rasionalisasi, dan kemampuan. Seorang mahasiswa tidak melakukan tindak kecurangan akademik apabila salah satu aspek tidak terpenuhi. Beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk meminimalisir tindak kecurangan adalah perbaikan sistem pengawasan ujian, peningkatan mutu proses pembelajaran, pemberian sanksi yang tegas dan juga penyelenggaraan program non-akademik untuk meningkatkan keseimbangan IQ, EQ, SQ, dan AQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Colby, B. 2006. Cheating; What is it. (Online). http://clas.asu.edu/, diakses pada 20 Juni 2020.
Fransiska, IS & Utami, H., 2019, Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Perspektif Fraud Diamond Theory. Jurnal Akuntansi Actual, Vol.6, No.2 Juli, Universitas Negeri Malang.
IAPI, 2013. Standar Profesi Akuntan Publik, iapi.or.id
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2020, kbbi.web.id, diakses pada 25 Juni 2020.
Lambert, E.G., Hogan, N.L., and Barton. S.M. 2003. Collegiate academic dishonesty revisited: what have they done, how often they done it, who does it, and why did they do it. Electronic Journal of Sosiology.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. 2012. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.
Sagoro, Endra Murti. 2013. Pensinergian Mahasiswa, Dosen, Dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No.2. 54-67.
Santoso, H, M & Adam, Helmy., 2013, Analisis Perilaku kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijawa Vol 2, No.2.
Tuanakotta, T. M. (2012). Akuntansi Forensik & Audit Investigatif. Jakarta. Salemba Empat.
Wolfe, B. D. T., & Hermanson, D. R. 2014. Print The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud. 12 (Exhibit 1), 1–5.
Published
2020-08-06
How to Cite
PramudyastutiO., FatimahA., & WilujengD. (2020, August 6). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 147-153. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1301
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 982 times
PDF downloaded = 837 times