Pengaruh Firm Size, Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin Terhadap Dividend Payout Ratio

(Studi Empiris pada Perusahaan sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi yang terdaftar di BEI Periode sebelum Pandemi Covid-19)

  • Usman Khoiruzaid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Agus Putranto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Firm Size, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Dividend Payout Ratio

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh firm size terhadap dividend payout ratio.(2) Pengaruh current ratio terhadap dividend payout ratio. (3) Pengaruh debt to equity ratio terhadap dividend payout ratio. (4) Pengaruh net profit margin terhadap dividend payout ratio. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai oleh perusahaan sebagai acuan referensi informasi dalam membagikan dividen dan investor dalam menanamkan modalnya.

Metode – Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda SPSS dengan uji F, uji T dan koefisien determinasi (R²). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor properti, real estate dan konstruksi yang terdaftar di BEI Periode 2015 sampai 2019 dengan jumlah 94 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini diambil 11 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Firm size berpengaruh positif terhadap dividend payout ratio. (2) Current ratio berpengaruh negatif terhadap dividend payout ratio.(3) Debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. (4) Net profit margin tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan perusahaan properti, real estate dan konstruksi yang terdaftar di BEI Periode 2015 sampai 2019.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio dengan tujuan untuk memotivasi investor supaya dapat menanamkan modalnya, sehingga investor memperoleh keuntungan dalam bentuk dividen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-18
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times