Buku Pop-Up Doa Harian Anak

Penulis

  • Firman Adi Rozianto Universitas Sains Al-Quran
  • Sofia Rahmawati Universitas Sains Al-Quran
  • Annisa Maileni Universitas Sains Al-Quran
  • Niken Kencono Ungu Universitas Sains Al-Quran

Kata Kunci:

buku, buku pop-up, anak usia dini, doa, islam

Abstrak

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang berperan penting di masa depan. Pembentukan karakter anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan, khususnya orang tua yang berperan utama dalam mendidik mereka. Namun, kemajuan era globalisasi dan teknologi telah memberikan dampak negatif terhadap moral anak-anak, termasuk kecanduan gawai. Fenomena ini menunjukkan perlunya perhatian lebih dalam membangun karakter anak, terutama melalui pendekatan pendidikan yang melibatkan keluarga, sekolah, dan lingkungan. Salah satu cara efektif untuk mendukung pendidikan karakter anak adalah dengan mengajarkan doa-doa keseharian menggunakan media interaktif, seperti buku pop-up. Buku pop-up memiliki keunggulan dalam menarik perhatian anak melalui elemen visual tiga dimensi yang interaktif. Dalam penelitian ini, penulis merancang buku pop-up yang berisi doa-doa harian dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan Inggris, disertai ilustrasi yang menarik. Buku ini tidak hanya bertujuan meningkatkan minat baca anak, tetapi juga menjadi media pendukung parenting islami.Diharapkan, buku pop-up ini dapat memudahkan orang tua dalam membiasakan anak-anak dengan nilai-nilai religius sejak dini. Dengan demikian, pendidikan karakter berbasis religiusitas dapat membantu menciptakan generasi penerus bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Referensi

Aeni, Ani Nur, Tiara Erlina, Diana Puspita Dewi, Fakhri Luqman Hadi, dan Safitri Ramadhani. 2022. “Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 9 (1): 101–13. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2 (1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.
Amaliah, Rizki, dan Sulham Efendi Hasibuan. t.t. “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.”
Divita, Monique Rizki. 2011. “Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up ‘Mari Berkebun.’” Humaniora 2(2): 1107. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3160.
Fadiana, Mu’jizatin dan Citra Dewi Rosalina. 2020. “Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (2): 373–83. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940.
Fauziah, Puji Yanti, Rizki Sevi Triana, dan Tri Susanti. 2023. “Pengembangan media pembelajaran pop- up storybook interaktif untuk anak usia dini” 12.
Habibah, Maimunatun, dan Siti Wahyuni. 2020. “Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa Ra Km Al Hikmah Kediri.” JCE (Journal of Childhood Education) 4 (1): 120. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.114.
Hakim, Alif Lukmanul. 2017. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Keluarga.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 6 (1): 177–88. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2580.
Hidaya, Nurman. 2020. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa” 2 (1).
Nisa, Luthfatun, Wuri Wuryandani, dan Mayang Masradianti. 2018. “Perancangan Buku Cerita Pop-Up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini.” Proceedings of The ICECRS 1 (3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1366.
Ramdhani, Khalid, Iwan Hermawan, dan Iqbal Amar Muzaki. 2020. “Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam.”
Ta’lim 2 (2): 36–49. https://doi.org/10.36269/tlm.v2i2.284.
Ramdhani, Muhammad Ali. t.t. “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter” 08 (01).
Rosalina, Citra Dewi. t.t. “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini.”
Sit, Masganti, dan Raisah Armayanti Nasution. 2021. “Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2): 1111–25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1149.

Diterbitkan

2025-02-10

Terbitan

Bagian

Article