SISTEM INFORMASI DIAGNOSA STUNTING BALITA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA DP3AP2KB JEPARA

  • Muhammad Nidhomul Huda Universitas Islam Nadhlatul Ulama Jepara
  • Alzena Dona Sabilla Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Joko Minardi Universitas Islam Nadhlatul Ulama Jepara
Keywords:
Diagnosis, Information Systems, Stunting, Forward Chaining

Abstract

Sistem informasi menjadi salah satu hal yang penting bagi suatu instansi dalam pengelolaan data, khususnya dalam hal ini informasi perkembangan balita pada DP3AP2KB Jepara. Stunting merupakan suatu kondisi gagal tubuh akibat kekurangan nutrisi dan gizi kronis, yang dapat diketahui melalui panjang dan berat badan yang tidak normal.  Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi diagnosa stunting pada Balita menggunakan metode forward chaining. Dalam pengembangannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database Mysql untuk penyimpanan datanya. Sistem ini membantu dalam melakukan diagnosa stunting pada balita melalui penginputan tinggi badan dan berat badan yang dilakukan oleh kader setiap bulan di posyandu. Selain itu, sistem ini juga memberikan solusi apabila ada balita yang terindikasi stunting. Sistem ini dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, baik oleh tenaga kesehatan, kader posyandu maupun oleh orang tua, sehingga dapat membantu keterbatasan masalah deteksi dini tumbuh kembang yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Ramadhanu dan R. Gusrianto, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT RUBEOLA PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DENGAN BAHASA PEMPOGRAMAN PHP & DATABASE MYSQL,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, hlm. 254–258, Jan 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.216.
[2] M. Putri Efendy dan D. Setiawan, “PERANCANGAN APLIKASI MAKANAN EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA UNTUK MENCEGAH STUNTING,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 5, no. 1, hlm. 13–19, 2021.
[3] R. Noviani dan S. Sulindawaty, “Sistem Pakar Mendiagnosa Gizi Buruk Pada Balita Menggunakan Teorema Bayes,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 3, no. 2, hlm. 163–169, 2020, doi: 10.32672/jnkti.v3i2.2383.
[4] A. D. Sabilla dan A. Taufiq, “Journal of Information System and Computer PENERAPAN ALGORITMA A* PADA WEBGIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK,” vol. 2, no. 2, hlm. 32–35, 2022.
[5] F. H. Ritonga dan K. Kusmanto, “Simulasi Mendeteksi Gizi Buruk Di Ruang Poli Anak Puskesmas Rantauprapat Menggunakan Metode Fuzzy Logic,” U-NET Jurnal …, vol. 2, no. 1, 2018.
Published
2024-01-31
How to Cite
[1]
HudaM. N., SabillaA. D., and MinardiJ., “SISTEM INFORMASI DIAGNOSA STUNTING BALITA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA DP3AP2KB JEPARA”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 27-33, Jan. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 133 times
PDF downloaded = 76 times