ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE

  • Mahmud Rizal Mustofa Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Dian Asmajarati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Imam Ahmad Ihsanudin Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Aplikasi DANA, Use Questionnaire, Usability

Abstract

Aplikasi DANA adalah salah satu aplikasi dompet digital yang ada di  Indonesia sekarang ini. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam  melakukan transaksi melalui metode online. Penelitian ini digunakan untuk  mengetahui tingkat usability UI/UX pada aplikasi DANA menggunakan metode  Use Questionnaire dengan beberapa aspek yaitu usefulness, ease of use, ease of  learning, satisfaction. Usability bisa diartikan sebagai tingkat kualitas dari suatu  produk yang mudah digunakan, mudah dipelajari, dan mendorong pengguna untuk  menggunakannya sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tugas. Hasil dari penelitian ini dalam aspek usefulness sebesar 80,5% (sangat  setuju), dalam aspek ease of use presentasinya sebesar 80,6% (sangat setuju), dalam  aspek ease of learning presentasenya sebesar 81% (sangat setuju), dalam aspek  satisfaction presentasenya sebesar 80,4% (sangat setuju), Berdasarkan dari analisis  usability tersebut maka aplikasi DANA sangat layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hadi, K. R., Az-Zahra, H. M., & Fanani, L. 2018. Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire. vol, 2548, 964X..
[2] Firmansyah, R., 2018. Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat. Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial, 6(1), pp.1-7.
[3] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[4] Arnold, M., 2016. Lund. Measuring Usability with the USE Questionnaire 12. 2001 Retrieved on May 1st.
[5] Darma, B., 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
[6] Al Hakim, R., Mustika, I. and Yuliani, W., 2021. Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), pp.263-268.
[7] Viyono, A., Asmarajati, D. and Rohman, S., 2022. PENGUJIAN USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BRIMOLA MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(2), pp.321-330.
Published
2022-07-31
How to Cite
[1]
MustofaM., AsmajaratiD., and IhsanudinI., “ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 148-153, Jul. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 408 times
PDF downloaded = 365 times