SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INSTRUMEN INVESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)

  • Ikhsan Andriyawan Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
  • Dian Asmajarati Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
  • Adi Suwondo Program Studi Teknik Informatika, Unviersitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
sistem pendukung keputusan, instrumen investasi, SMART

Abstract

Hadirnya platform investasi digital memberikan kemudahan untuk investor maupun masyarakat untuk berinvestasi, tidak hanya menyediakan cara yang lebih mudah untuk berinvestasi, tetapi juga menawarkan berbagai macam instrumen investasi digital yang beragam sehingga banyak menarik minat masyarakat. Namun banyaknya pilihan instrumen investasi yang ditawarkan, membuat investor pemula bimbang atau kesulitan dalam menentukan pilihannya. Tidak jarang tingginya minat masyarakat, tidak di barengi dengan literasi yang cukup sebelum investasi. Memilih instrumen investasi bukanlah hal yang mudah bagi orang yang masih awam, memilih instrumen investasi sangat penting karena harus menyeimbangkan profil individu, risiko dan keuntungan yang diambil. Permasalahan dalam mengambil keputusan dapat dipermudah dengan bantuan sistem pendukung keputusan(SPK). Tujuan penelitian ini adalah membuat SPK dengan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk membantu menentukan rekomendasi ranking dari instrumen investasi. Metode SMART digunakan karena mendukung pengambilan keputusan multi atribut, fleksibel, dan mudah dipahami dalam mentukan indikator pembobotan tingkat kepentingan kriteria. Kriteria yang digunakan SPK ini adalah modal awal, jangka waktu, profil individu, imbal hasil, risiko, tingkat pengalaman, dan fluktuasi. Hasil penelitian bahwa SPK yang dibuat dapat memenuhi tujuannya dalam membantu individu masyarakat atau investor pemula khususnya yang masih awam terhadap instrumen investasi dalam memilih dan mengenal terlebih dahulu produk investasi sebelum berinvestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Amin, R., & Rifai, B. (2019). Sistem pendukung keputusan pemilihan investasi ideal bagi generasi millenial. Jurnal Mantik Penusa, 3(3).
[2] Alawiyah, T., & Setiyaningsih, R. F. (2021). Analisis Syariah Online Trading System (SOTS) Atas Kinerja Indeks Saham Syariah Indonesia Selama Pandemi Covid-19 di Pasar Modal. Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 7(1).
[3] Alfiyanda, W. (2019). TA: Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Satpam dengan Metode Smart pada PT. Alumada Artha Prima Berbasis Website (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
[4] Sitepu, Y. B. (2015). Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dengan Simple Mukti Attribute Rating Technique (SMART) Dalam Menentukan Perusahaan Asuransi Terbaik. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.
[5] Sibyan, H. (2020). Implementasi metode smart pada sistem pendukung keputusan penerima beasiswa sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 78-83.
[6] El Rahma, R., Asmarajati, D., Hasanah, N., & Sibyan, H. (2021). PENENTUAN KONKLUSI NOTIFIKASI PADA CHATBOT RESERVASI WISATA DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Device, 11(1), 19-24.
Published
2023-01-31
How to Cite
[1]
AndriyawanI., AsmajaratiD., and SuwondoA., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INSTRUMEN INVESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 65-75, Jan. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 327 times
PDF downloaded = 257 times