E-COMMERCE PADA TOKO BAJU XYZ DENGAN MENERAPKAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
E-Commerce, CRM, Waterfall, PIECES.
Abstract
CRM adalah salah satu bentuk dari langkah suatu perusahaan atau pelaku usaha dalam upaya untuk menjaga konsumen agara tetap setiap dengan produk atau jasanya. CRM memberikan kemudahan dalam mengelola konsumen sesuai dengan jenis dan kebutuhannya. Terdapat beberapa langkah dan proses dalam CRM, pada toko baju XYZ metode CRM yang digunakan adalah terfokus pada model pengelolaan konsumen secara otomatis, yang artinya setiap keluhan dan pertanyaan dari konsumen dapat terjawab secara langsung karena pada E-commerce toko baju XYZ menerapkan fasilitas online chat dan menu komplain. Fasilitas tersebut dibuat untuk kenyaman konsumen dengan tujuan semua kebutuhan dan permintaan konsumen dapat terpenuhi, sehingga konsumen akan kembali menggunakan produk yang kita tawarkan selain itu adalah meningkatkan jumlah konsumen pada toko baju XYZ.
Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengembangan sistem. Pada metode waterfall terdapat beberapa langkah yaitu mulai dari analisis sampai ke pengujian sistem. Analisis PIECES dalam penelitian ini digunakan sebagai pembanding proses sistem yang digunakan oleh studi kasus pada saat ini dengan sistem yang akan dikembangkan, dengan tujuan peneliti mendapatkan informasi terkait kelemahan sistem yang berjalan dan dapat dikembangkan serta diperbaiki dalam sistem yang dikembangkan. Proses perancangan sistem menggunakan konsep dari DFD dan Flowchart untuk mempermudah memahami alur dari E-commerce pada toko baju XZY.
Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan sistem penjualan atau E-Commerce dengan penerapan metode CRM dengan tujuan untuk mempertahankan konsumen supaya setia dengan produk pada toko XYZ. Fasilitas kirim pesan dan menu komplain diberikan pada E-Commerce untuk memudahkan konsumen dalam mengirimkan pesan pada toko baju XYZ.
Downloads
References
[2] Fahlevi, Bani, Pramuko Aji, Wawa Wikusna. 2018. “Aplikasi Media Interaksi Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Lombok Utara Berbasis Android”. E-Proceeding Of Applied Science Vol 4 No 1.
[3] Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Crm Dengan Metode Rad. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), Halaman 76-81.
[4] Husain, Ahmad. 2018. “Analisis Data Lifting Migas Menggunakan Metode C4.5 Pada Asosiasi Daerah Penghasil Migas”. Jurnal String Vol 2 No 3.
[5] Muslihudin, Muhamad Oktafianto. (2016). Analisis Dan Perancangan
[6] Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml. Yogyakarta: Andi.
[7] Pressman, Roger S., Dan B. R. Maxim. 2014. Software Engineering : A Practinioner’s Approach. 8th Edition. New York: Mcgraw-Hill.
[8] Supriyatna, Adi (2015). Analisis Dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis Web Dengan Metode Pieces Framework. Swabumi Volume III.
[9] Wicaksono, B., & Samsinar, S. (2019). Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Pasien Kiropraktik (Studi Kasus: Puri Chiropractic). Idealis: Indonesia Journal Information System, 2(3), Halaman 87-93.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).