E-COMMERCE PADA TOKO BAJU XYZ DENGAN MENERAPKAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

  • Intan Oktaviani universitas duta bangsa surakarta
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Quran
  • Rina Mahmudati Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
E-Commerce, CRM, Waterfall, PIECES.

Abstract

CRM adalah salah satu bentuk dari langkah suatu perusahaan atau pelaku usaha dalam upaya untuk menjaga konsumen agara tetap setiap dengan produk atau jasanya. CRM memberikan kemudahan dalam mengelola konsumen sesuai dengan jenis dan kebutuhannya. Terdapat beberapa langkah dan proses dalam CRM, pada toko baju XYZ metode CRM yang digunakan adalah terfokus pada model pengelolaan konsumen secara otomatis, yang artinya setiap keluhan dan pertanyaan dari konsumen dapat terjawab secara langsung karena pada E-commerce toko baju XYZ menerapkan fasilitas online chat dan menu komplain. Fasilitas tersebut dibuat untuk kenyaman konsumen dengan tujuan semua kebutuhan dan permintaan konsumen dapat terpenuhi, sehingga konsumen akan kembali menggunakan produk yang kita tawarkan selain itu adalah meningkatkan jumlah konsumen pada toko baju XYZ.

Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengembangan sistem. Pada metode waterfall terdapat beberapa langkah yaitu mulai dari analisis sampai ke pengujian sistem. Analisis PIECES dalam penelitian ini digunakan sebagai pembanding proses sistem yang digunakan oleh studi kasus pada saat ini dengan sistem yang akan dikembangkan, dengan tujuan peneliti mendapatkan informasi terkait kelemahan sistem yang berjalan dan dapat dikembangkan serta diperbaiki dalam sistem yang dikembangkan. Proses perancangan sistem menggunakan konsep dari DFD dan Flowchart untuk mempermudah memahami alur dari E-commerce pada toko baju XZY.

Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan sistem penjualan atau ­E-Commerce  dengan penerapan metode CRM dengan tujuan untuk mempertahankan konsumen supaya setia dengan produk pada toko XYZ. Fasilitas kirim pesan dan menu komplain diberikan pada E-Commerce untuk memudahkan konsumen dalam mengirimkan pesan pada toko baju XYZ.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A.C. Prof. Dr. Sri Mulyani. (2016). Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.
[2] Fahlevi, Bani, Pramuko Aji, Wawa Wikusna. 2018. “Aplikasi Media Interaksi Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Lombok Utara Berbasis Android”. E-Proceeding Of Applied Science Vol 4 No 1.
[3] Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Crm Dengan Metode Rad. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), Halaman 76-81.
[4] Husain, Ahmad. 2018. “Analisis Data Lifting Migas Menggunakan Metode C4.5 Pada Asosiasi Daerah Penghasil Migas”. Jurnal String Vol 2 No 3.
[5] Muslihudin, Muhamad Oktafianto. (2016). Analisis Dan Perancangan
[6] Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml. Yogyakarta: Andi.
[7] Pressman, Roger S., Dan B. R. Maxim. 2014. Software Engineering : A Practinioner’s Approach. 8th Edition. New York: Mcgraw-Hill.
[8] Supriyatna, Adi (2015). Analisis Dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis Web Dengan Metode Pieces Framework. Swabumi Volume III.
[9] Wicaksono, B., & Samsinar, S. (2019). Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Dalam Peningkatan Pelayanan Dan Loyalitas Pasien Kiropraktik (Studi Kasus: Puri Chiropractic). Idealis: Indonesia Journal Information System, 2(3), Halaman 87-93.
Published
2022-07-31
How to Cite
[1]
OktavianiI., HasanahN., and MahmudatiR., “E-COMMERCE PADA TOKO BAJU XYZ DENGAN MENERAPKAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 99-104, Jul. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 418 times
PDF downloaded = 628 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>