RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE KELUBAN BERBASIS MICROSERVICES

  • Moh. Naofal Mufid Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Dian Asmarajati Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
  • Saifu Rohman Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Microservices, Monolith, E-Commerce, Arsitektur Perangkat Lunak

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang perancangan sistem e-commerce berbasis arsitektur microservices untuk menjadi aplikasi yang scalable dan maintainable. Manfaat dari penelitian ini adalah agar sistem yang dibuat dapat digunakan khususnya petani di wilayah Wonosobo untuk memasarkan hasil produk pertanianya. Microservices mengatasi masalah terpusat pada layanan yang memerlukan penanganan, tanpa mempengaruhi layanan lain. Pada implementasinya e-commerce yang dibangun terdapat 5 sistem utama yaitu auth-service, client-service, product-service, order-service dan payment-service. Dimana service tersebut dibangun dengan python. Sedangkan untuk sistem dibagian buyer dibangun dengan react.js, untuk penyimpanan data menggunakan DBMS Postgresql. 5 layanan utama berkomunikasi dengan sistem di buyer dengan menggunakan API. Pengujian fungsional perangkat lunak menggunakan blackbox testing dengan hasil semua fitur dapat berjalan sesuai fungsinya. User Acceptance Test digunakan untuk menghasilkan dokumen pengujian sistem langsung dari pengguna buyer dan seller.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Budi, C.S., Bachtiar, A.M., No, J.D. and Coblong, B., 2018. Implementasi arsitektur microservices pada backend comrades. Progr. Stud. Tek. Inform. Univ. Komput. Indones.
[2] Sendiang, M., Kasenda, S. and Purnama, J., 2018. Implementasi Teknologi Mikroservice pada Pengembangan Mobile Learning. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 2(2), pp.63-66.
[3] Gutama, R., 2021. Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SMEP). AUTOMATA, 2(1).
[4] Hutauruk, B.D., Naibaho, J.F. and Rumahorbo, B., 2017. Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas batak berbasis android. METHODIKA: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(1), pp.242-246.
[5] Hidayat, T. and Putri, H.D., 2020. Pengujian Portal Mahasiswa pada Sistem Informasi Akademik (SINA) menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis.
[6] Al Fahmi, S.N., 2019. Penerapan technology acceptance test dalam pengujian sistem informasi sarana dan prasarana sekolah di MTs Negeri 5 Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
MufidM., AsmarajatiD., and RohmanS., “RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE KELUBAN BERBASIS MICROSERVICES”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 56-61, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 288 times
PDF downloaded = 261 times