PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTS NEGERI 1 WONOSOBO

  • Vena Yeni Oktavia Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Rifqi Muntaqo
  • Nur Farida
Keywords:
Model Pembelajaran, Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Keterlibatan guru dalam memilih dan mempraktekkan strategi,
metode, hingga instrumen yang sesuai dengan mata pelajaran dan
kondisi siswa ketika belajar di kelas memiliki dampak yang signifikan
terhadap efektivitas proses pendidikan. Penelitian ini didorong oleh
masalah pengajaran dan pembelajaran yang sering muncul saat belajar
tentang sejarah kebudayaan Islam, termasuk ketidaktertarikan siswa
untuk berpartisipasi di kelas, yang berdampak pada hasil belajar. Agar
siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, pendidik harus mampu
mengatasi hambatan dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan
metodologi dan model pembelajaran yang tepat dan beragam.
Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana hasil
belajar siswa dalam topik SKI dipengaruhi oleh metodologi
pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Selanjutnya, tujuannya
adalah untuk memastikan apakah paradigma pembelajaran kooperatif
Think Pair Share dalam disiplin SKI telah meningkatkan atau
mengubah hasil belajar bagi siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan quasi eksperimental dalam desain penelitian kuantitatif.
Kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dua kelas yang menjadi
subjek penelitian serta 64 siswa MTs Negeri 1 Wonosobo kelas VII
menjadi sampel penelitian. Pre-test dan post-test hasil belajar digunakan
sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Setelah itu, hasilnya
dibagikan, diperiksa, dan diproses menggunakan uji-t dan uji gain untuk
mengidentifikasi perbedaan dan perbaikan dalam hasil penelitian.
Studi data menunjukkan bahwa metodologi pembelajaran
kooperatif Think Pair Share berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan fakta bahwa hasil belajar siswa meningkat ketika
model pembelajaran kooperatif Think Pair Share digunakan, dan hasil
uji gain kelas eksperimen menunjukkan nilai 0,602. Hasil belajar siswa
pada mata kuliah SKI yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif Think Pair Share berbeda dengan yang menggunakan
pendekatan konvensional. Hasil uji-t, yang menunjukkan bahwa 3,42 >
2,657 pada tingkat signifikansi 1%, mendukung hal ini. Pada tingkat
signifikansi 5%, yaitu 3,42 > 1,998.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Anshory, M. L. (2020). Problematika Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah YAPI
Pakem. Jurnal Penelitian Keislaman, 16(1), 76–86. https://doi.org/10.20414/jpk.v16i1.2222
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2),126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Amin, M. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling Model Pembelajaran Cooperative Learning.
In Jurnal Pendidikan dan Konseling (Vol. 5, Issue 2).
Andi Sulistio, S.S, M. P. I., & Dr. Nik Haryanti, M. P. I. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif
(Cooperative Learning Model). Visipena Journal, 2(1), 21–27.
Hasmar, A. H. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 15.
https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6789
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suriadi, & Mursidin. (n.d.). Teori-Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu
Pendidikan Islam. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2017). Landasan Pendidikan.pdf (Yogyakarta). Teras.
Published
2024-06-27
How to Cite
OktaviaV., MuntaqoR., & FaridaN. (2024, June 27). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTS NEGERI 1 WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 28-35. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.7013

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2