Targeting Pembiayaan Melalui Kinerja Marketing Landing di BMT Dana Barokah Magelang

  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Qur'an
  • Umi Widya Ayu Astuti Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Wonosobo
Keywords:
Targeting Pembiayaan, Kinerja, Marketing Lending

Abstract

Kinerja marketing lending dalam aktifitasnya adalah menjual produk yang dimiliki oleh lembaga keuangan syariah kepada pihak ketiga (nasabah) untuk memperoleh target pembiayaan yang di tetapkan. Penetapan target pembiayaan yang harus dicapai harus mengalami peningkatan pada tiap periodenya, berdampak terhadap kinerja marketing lending sebagai pelaksana aktifitas pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja marketing lending  dalam mencapai target pembiayaan dan dampak target pembiayaan terhadap kinerja marketing lending di BMT Dana Barokah Magelang. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dilanjutkan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tahapan menerapkan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja marketing lending di ukur berdasarkan tingkat kehadiran, tata krama, hubungan antara anggota dan nasabah, dan hasil kerja yang dicapai oleh marketing lending yaitu target pembiayaan. Dengan adanya penetapan target pembiayaan memberikan dampak positif dan negatif bagi kinerja marketing lending, sehingga memberikan motivasi kepada karyawan, menyadarkan pentingnya tanggung jawab, mempertahankan loyalitas karyawan, dan menambah kepercayaan atasan kepada karyawan. Adanya penetapan target pembiayaan, dengan melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat yang sedang sulit menjadi penghalang marketing lending dalam mencapai target yang ditetapkan, ditambah dengan persaingan dengan produk bank lain, kurangnya pemahaman marketing terkait produk dan penetapan sasaran target yang kurang tepat tentu menjadikan target pembiayaan semakin sulit dicapai marketing lending.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, H. (2021). Teori Bank Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1), 67–83.
Anatan, L. (2005). Meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui pengintegrasian fungsi sumber daya manusia dalam strategi bisnis. Jurnal Manajemen Maranatha, 4(2), 28–40.
Asytuti, R. (2012). Kritik terhadap pemasaran bank syariah (pendekatan eksperiental marketing). Jurnal Hukum Islam IAIN Pekalongan, 10(1), 457960.
Dahlan, A. (2012). Bank Syariah Teoritik, Praktik, Kritik.
Hanifah, N. (2020). Marketing Mix; Instrumen Pencapaian Target Pembiayaan BSM Implan di Bank Mandiri Syariah KCP Abepura Papua. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1: April), 1–19.
Irham Fahmi, S. (2016). Perilaku Organisasi (Teori, Aplikasi, dan Kasus).
Ismail, M. (2017). Perbankan syariah. Kencana.
Kasmir, D., & SE, M. (2012). Manajemen Perbankan edisi revisi. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers, 72.
Mubaroq. (2022). Analisis Kinerja Marketing Lending Terhadap Pencapaian Target Pembiayaan [Personal communication].
Mubaroq, M. (2022, July 4). Analisis Kinerja Marketing Lending Terhadap Pencapaian Target Pembiayaan [Personal communication].
Riandika, T. Y. (2019). Dampak Target Lending Terhadap Kinerja Marketing (Studi Kasus Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Kantor Cabang Tulang Bawang).
Setiawan, R. T. (2022, June 4). Analisis Kinerja Marketing Lending Terhadap Pencapaian Target Pembiayaan [Personal communication].
Siagian, S. P. (2005). Manajemen Stratejik Edisi keenam. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suliyanto, P. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi.
Suwanto, H., & Juni, D. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta, CV. Andi Offset.
Widiyani, W. (2020). ANALISIS KINERJA MARKETING LENDING DALAM MENANGANI PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD BAI’BITSAMAN AJIL DI BMT DANA UKHUWAH CABANG CICALENGKA.
Published
2023-11-01
How to Cite
MusfirohM. F. and AstutiU. W. A. (2023) “Targeting Pembiayaan Melalui Kinerja Marketing Landing di BMT Dana Barokah Magelang”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 9(2), pp. 273 - 289. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v9i2.6120.

STATISTICS

Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 32 times

Most read articles by the same author(s)