Manajemen Pelayanan Prima Perspektif Etika Bisnis Syariah Studi KSPPS Melati Wonosobo

  • Vivi Pujiarti Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Jawa Tengah Di Wonosobo
  • Mila Fursiana Salma Musfiroh Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Jawa Tengah Di Wonosobo
Keywords:
Etika Bisnis Syariah, Manajemen, Pelayanan Prima

Abstract

Etika bisnis Syariah merupakan perilaku bisnis yang menjadi salah satu konsep dasar ekonomi syariah. Bagi sebuah perusahaan berbasis Syariah segala aspek yang ada harus diterapkan sesuai dengan apa yang dicontohkan Rasulullah melalui perilaku-perilaku bisnisnya. Dalam model bisnis jasa seperti Lembaga Keuangan Syariah kegiatan pelayanan sudah seperti sampul perusahaan yang harus didesain dengan baik, salah satunya dengan memperhatikan etika bisnis yang diterapkan terutama dalam pemberian pelayanan prima kepada pelanggan. Artikel ini menjelaskan pandangan etika bisnis syariah khususnya berkaitan dengan pola-pola pelayanan Rasulullah SAW yang meliputi murah senyum, ramah, menepati janji, senang memberi hadiah dan adil terhadap penerapan manajemen pelayanan prima yang dilakukan oleh perusahaan. Pengumpulan data melalui wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan analisis diskriptif dengan tahapan reduksi data, display data, dan conclution drawing. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen pelayanan prima di KSPPS Melati Wonosobo yang diimplementasikan melalui pelaksanaan program-program pelayanan prima antara lain yaitu, program sistem jemput bola, program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), program pelayanan menggunakan bahasa krama, program reward untuk karyawan terbaik, program pelayanan 24 jam, dan program pelatihan untuk anggota dan karyawan, tidak bertentangan dengan etika bisnis syariah dan program-program pelayanan prima yang dilakukan telah memenuhi konsep prinsip-prinsip pelayanan prima A3 (Attitude, Attention dan Action).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barata, A.A. (2003) Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.
De Araujo, F.M., Sintaasih, D.K. and Riana, I.G. (2019) ‘Peran Motivasi Dalam Memediasi Pengaruh Sistem Reward Terhadap Kinerja Pegawai’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8, pp. 41–60.
Djakfar, H.M. and SH, M.A. (2012) Etika bisnis: menangkap spirit ajaran langit dan pesan moral ajaran bumi. Penebar PLUS+.
Fasa, M.I. et al. (2020) Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0. Penerbit Widina.
Imaniyati, N.S. and BAKTI, P.C.A. (2010) Aspek-Aspek Hukum BMT (Baitul Maal wat Tamwil). Citra Aditya Bakti.
Indonesia, R. (2015) ‘Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 16/Per/M. KUKM/IX/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi’, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, 37.
Kelana, M. (2008) ‘Muhammad saw is a Great Entrepreneur: Segala Hal Praktis dan Gamblang tentang Sukses Rasulullah saw dalam Kemandirian serta Bisnis’.
Moleong, L.J. (2017) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Z. and Laksana, M.W. (2015) ‘Membangun kinerja pelayanan publik’.
Otoritas Jasa Keuangan (2020) Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia. Available at: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Documents/LAPORAN%20PERKEMBANGAN%20KEUANGAN%20SYARIAH%20INDONESIA%202020.pdf (Accessed: 19 April 2022).
Rangkuti, F. (2017) Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama.
Simbolon, M.M. (2004) Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sundiyah (2020a) ‘Implementasi pelayanan prima dilakukan baik oleh front office maupun backoffice’.
Sundiyah (2020b) ‘Manajemen Pelayanan Prima di KSPPS MelatiWonosobo’.
Syariah, K.N.K. (2019) ‘Rekomendasi Kebijakan: Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah di Indonesia’.
Umam, M. and Rufaida, R. (2019) ‘Motivasi Menabung Nasabah Melalui Sistem Service Jemput Bola di BMT NU’, KABILAH: Journal of Social Community, 4(1), pp. 29–37.
Waldi Nopriansyah, S. (2019) Hukum Bisnis di Indonesia: Dilengkapi dengan Hukum Bisnis dalam Perspektif Syariah. Prenada Media.
Widiawati, K. (2018) ‘peran standar kompetensi karyawan sebagai upaya meningkatkan pelayanan prima pada bisnis perbankan di Indonesia’, VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari, 1(2), pp. 17–31.
Published
2022-05-01
How to Cite
PujiartiV. and MusfirohM. F. (2022) “Manajemen Pelayanan Prima Perspektif Etika Bisnis Syariah Studi KSPPS Melati Wonosobo”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 8(1), pp. 109 - 122. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v8i1.2667.

STATISTICS

Abstract viewed = 198 times
PDF downloaded = 178 times