Urgensi Kebijakan Peraturan Daerah Tentang Ketenagakerjaan Di Kabupaten Wonosobo (Kajian Fiqh Siyâsah Dustûriyah)

  • Mutho'am Mutho'am Universitas Sains Al-Qur'an
  • Aksamawanti Aksamawanti
Keywords:
Siyasah Dusturiyah, Peraturan Daerah, Ketenagakerjaan

Abstract

Kebijakan Peraturan Daerah terkait dengan ketenagakerjaan di Kabupaten Wonosobo merupakan sesuatu yang penting dalam rangka pembenahan sistem ketenagakerjaan, agar terwujud hak-hak bagi para pekerja. Pembenahan terhadap peraturan yang sudah ada merupakan upaya menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan, karena masih ditemukan permasalahan-permasalahan dilapangan. Salah satu pijakan yang digunakan untuk membenahinya yaitu dengan menggunakan konsep Siyâsah Dustûriyah. Konsep ini merupakan bagian dari Fiqh Siyâsah Islam yang membahas perundang-undangan negara, termasuk konsep-konsep konstitusi. Mulai dari penyusunan legislasinya, bagaimana cara perumusannya dengan menggunakan mekanisme syuro atau demokrasi. Dalamsiyasah juga mengurus persoalan timbal balik hubungan antara pemerintah dengan warga negara serta hak-hak warga negara yang wajib dilindungi termasuk didalamnya adalah hak-hak tenaga kerja. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan kajian kepusatakaan library reseach danjuga menggunakan teknik desk review serta wawancara untuk mendapatkan gambaran secara lebih mendalam. Hasil penelitiannya adalah Siyâsah Dustûriyah sebagai salah satu pijakan dalam membuat peraturan ketenagakerjaan maka akan didapatkan rumusan-rumusan ketenagakerjaan yang berorientasi pada kemaslahatan umat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy- Syarafi, Abdul Majid. 2022.IJTIHAD KOLEKTIF | Senayan.Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
BPS Wonosobo. 2023. Wonosobo.
Ibnu Ashur, Muhammad Tahir. 2001.Maqashid al Syariah. Yordania: Daral Nafais.Iqbal, Muhammad. 2016. Fiqh Siyasah Kontekstualisasi Doktrin, PolitikIslam. Jakarta: Pranada Media Grup.Jindan,
Khalid Ibrahim. 1995. TeoriPolitik Islam, Telaah kritis IbnuTaimiyah Tentang Pemerintahan Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
Kantun, Sri. 2016. “Uji Materiil Undang-Undang Peradilan Agama dalam Prespektif Fikih Siyasah.” Al-Qanun: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam 19(1).
Lakpesdam Wonosobo. 2017. Kertas Kebijakan. Kerja Layak untuk Anakdan Perempuan.
Rionga, MT, dan Yoga Firdaus. 2007.Tenaga Kerja. Bandung: Alfabeta.
Wulandari. 2020. Kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Wonosobo: BPS.
Published
2023-11-01
How to Cite
Mutho’amM. and AksamawantiA. (2023) “Urgensi Kebijakan Peraturan Daerah Tentang Ketenagakerjaan Di Kabupaten Wonosobo (Kajian Fiqh Siyâsah Dustûriyah)”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 9(2), pp. 223 - 236. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v9i2.5988.

STATISTICS

Abstract viewed = 100 times
PDF downloaded = 73 times