Otentisitas Ḥadīs Āḥād Dalam Diskursus Uṣūl al-Fiqh: Dialektika Mazhab Mutakallimin dan Ahnaf

  • Akmal Bashori Universitas Sains al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Marhumah Marhumah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords:
ḥadīs āhād, qiyās, Mutakallimin dan Ahnaf

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang perdebatan seputar ḥadīs āhād di kalangan mazhab Ahnaf dan Mutakallimin. Mana yang dijadikan prioritas sebagai hujjah ḥadīs āhād ataukah qiyās? Di isini menariknya, karena mazhab Mutakallimin berpandangan ḥadīs āhād harus dijadikan hujjah dalam hukum Islam, sementara mazhab Ahnaf lebih memprioritaskan pengunaan qiyās daripada penggunaan ḥadīs āhād. Perbedaan tersebut berimplikasi juga pada produk hukum yang pada tataran iplikatifnya juga iterjadi perbedaan, seperti halnya pada lapangan fikih mu’amalat iatau hukum ekonomi syari’ah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaluddin, M. (2021). Diskursus Hadis di Al-Andalus: Abad ke-2-3 H: Kuasa Jaringan Keilmuan dan Ortodoksi. Pustaka Pelajar.
al-Amidi, S. al-dīn. (1996). Al-Iḥkām Fī Uṣūl Al-Aḥkām (Vol. 1–1). Dar al-Fikr.
al-Zuhaili, W. (tt). Usul al-Fiqh al-Islami (Vol. 2).
Anwar, S. (2015). Pemikiran Uṣūl Fikih al-Gazzāli. Suara Muhamadiyah.
Bashori, A. (2020). Filsafat Hukum Islam: Paradigma Filosofis Mengais Kebeningan Hukum Tuhan. Kencana.
Bayuni, M. A. al-Fatḥ al-. (1997). Dirāsat fi Ikhtilafat al-Fiqhiyyah (Terj. Ali Mustafa Ya’kub). Pustaka Azzam.
Dihlawī, S. W. A. al-. (1992). Ḥujah al-Balighah (Vol. 1). Dar Khutub al-Ilmiyah.
Hallaq, W. B. (1986). On the Authoritativeness of Sunni Consensus. International Journal of Middle East Studies, 18(4), 427–454. https://doi.org/10.1017/S0020743800030774
Jum’ah, A. (2017). Sejarah Ushul Fikih: Histori Ilmu Ushul Fikih dari Masa Nabi Hingga Sekarang (Terj. Adi Maftuhin). Keira Publishing.
Kamali, M. H. (1991). Principles of Islamic Jurisprudence,. The Islamic Texts Society.
Khaṭīb, M. ‘Ajjāj al-. (1989). Uṣūl al-Ḥadīs Ulūmuh wa Muṣṭalāhuh. Dar al-Fikr.
Khind, M. S. al-. (1996). Atshar Ikhtilaf fi Qawā’id uṣūliyyah. Muassasah ar-Risālah.
Mushfil, M. I. ibn M. (2007). Athar al-Khilaf al-Fiqh. Dar al-Salam.
Qudāmah, A. M. ‘Abd A. bin A. I. (1984). Al-Mughnī wa al-Syarḥ al-Kabīr (Vol. 2). Dār al-Fikr198.
Schacht, J. (1971). An Introduction to Islamic Law,. Oxford Press.
Sirry, M. A. (2015). Tradisi Intelektual Islam Rekonfigurasi Sumber Otoritas Agama,. Madani Press.
Suryadilaga, M. A. (2009). Konsep Ilmu dalam Kitab Hadis: Studi Atas Kitab al-Kafi Karya al-Khulaini. Teras.
Tsuroya, M. A. F. (1996). Muhadharah fī Uṣūl al-Fiqh. Jami’ah Al-Azhar.
Yaqub, A. M. (2021). Peranan Ilmu Hadīs dalam Pembinaan Hukum Islam. Maktabah Darus Sunnah.
Zahrah, M. A. (t.t.). Abū Ḥanīfah, Ḥayatuhu wa Ashruhu, Ara’uhu wa Fiqhuhu. Dar al-Fikr al-Arabi.
Published
2023-11-01
How to Cite
BashoriA. and MarhumahM. (2023) “Otentisitas Ḥadīs Āḥād Dalam Diskursus Uṣūl al-Fiqh: Dialektika Mazhab Mutakallimin dan Ahnaf”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 9(2), pp. 247 - 259. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v9i2.5506.

STATISTICS

Abstract viewed = 161 times
PDF downloaded = 35 times