Implementasi Quantum Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Tahfidz Al-Qur’an Siswa SMA
Metode, hafalan, Al-Qur`an, Siswa SMA.
Abstract
Metode pembelajaran diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan menghafalk al-Qur`an memerlukan sebuah metode yang tersusun rapi dengan perencanaan yang memaksimalkan potensi peserta didik. Salah satu kemukjizatan al-Qur`an adalah mudah dipelajari dan dihafalkan. K.H Abdurrahman Al-Asy’ari merancang sebuah metode percepatan dalam menghafal al-Qur`an yang di sebut metode Quantum Tahfidz Al-Qur`an yang diterapkan di SMA Takhassus al-Qur`an di Kalibeber Wonosobo Jawa Tengah. Dari analisis data penelitian diperoleh nilai sig constan = 4,89 dan sig x= 3,87 pada taraf signifikasi 5%. Hal tersebut menunjukkan adanya ada pengaruh positif implementasi Quantum Tahfidz Al-Qur`an terhadap pengembangan metode menghafal Al-Qur`an di SMA Takhassus.
Downloads
References
Al-Qathan, Manna’ Khalil. 2004. Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an. Surabaya: Litera Antar Nusa.
Amirudin, Zen. 2010. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Ichwan, Muhammad Nor. 2001. Memasuki dunia Al-Qur’an. Semarang, Kubuk Raya.
Khalis, Nur. 2008. Pengantar Studi al-Qur’an dan Hadits. Yogyakarta: Teras.
Syatiby, M. 2008. Potret Lembaga Tahfidz Al-Qur’an di Indonesia (Studi Tradisi Pembelajaran Tahfidz). SUHUF Kajian al-Qur’an dan Kebudayaan. (Jakarta, Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an Depag. Vol. 1 , No. 1.
Wawancara dengan Ibu Istatik Vina Hamala S.Pd.I selaku Guru Pengampu Akademik.