Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara

  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Hutomo Rusdianto Prodi Manajemen, FEB, Universitas Muria Kudus
Keywords: permainan tradisional, mainan anak, aktivitas belajar matematika

Abstract

Aktivitas belajar matematika adalah salah satu hal penting yang dilakukan anak dalam belajar matematika. Akan tetapi pada kenyataannya kebanyakan anak menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang menakutkan dan membosankan. Hal inilah yang mengakibatkan aktivitas belajar matematika anak tidak berkembang secara optimal. Tujuan pengabdian ini adalah mendampingi anak-anak di desa Welahan Jepara untuk menggunakan permainan tradisional dalam upaya mengembangkan aktivitas belajar matematika khususnya dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berupa ceramah, diskusi dan implementasi penggunaan permainan anak tradisional Desa Welahan Jepara dalam upaya mengembangkan aktivitas belajar matematika. Melalui kegiatan pengabdian ini, anak-anak di Desa Welahan Jepara dapat memanfaatkan permainan tradisional mereka untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bermakna serta sesuai dengna budaya lokal setempat

References

Panggayudi, D. P., Suweleh, W. Dan Ihsan, P. 2017. Media Game Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. Must: Journal Mathematics Education, Science and Technology. 2 (2)
Purwaningrum, J. P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Discvery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 6 (2)
Purwaningrum, J. P. 2016. Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 1 (1).
Imaniar, P. Purwaningrum, J. P. Dan Rusdianto, H. 2018. Buku Panduan: Pendampingan bagi IKM Mainan Anak di Jepara. Kudus: Badan Penerbit UMK
Published
2019-09-30
How to Cite
Purwaningrum, J., Purbasari, I. and Rusdianto, H. (2019) “Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), pp. 128-131. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.738.
Section
Articles