PEMANFAATAN DAUN KELAPA SAWIT UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI PETANI SAWIT DALAM MENGHADAPI KRISIS GLOBAL

  • Nina Novira Universitas Negeri Medan
Keywords:
elapa sawit, ekonomi, krisis global

Abstract

Bulungihit merupakan desa penghasil beras yang terkenal hingga awal tahun 1990-an. Meskipun sangat dilarang, sebagian dari lahan persawahan tersebut dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit sejak akhir tahun 1980-an. Kini Bulungihit merupakan desa dengan perkebunan rakyat kelapa sawit terluas yaitu 2.266 Ha atau 18% dari total luas lahan tanaman perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara. Kelapa sawit merupakan komoditas ekspor yang harganya dikendalikan oleh dinamika politik dan ekonomi global. Petani kelapa sawit tidak bisa mengendalikan harga dan hanya bisa pasrah dengan fluktuasi harga di pasar. Dapat disimpulkan bahwa petani kelapa sawit sebenarnya berada dalam kondisi ekonomi yang rentan. Masyarakat kelompok rentan di Desa Bulungihit yang terdiri dari penduduk lansia dan kelompok perempuan memanfaatkan limbah pelepah kelapa sawit sebagai penghasilan tambahan. Namun, masyarakat dihadapkan dengan permasalahan pada proses meraut lidi secara manual dan rendahnya harga penjualan lidi karena adanya distribusi rantai niaga oleh tengkulak. Untuk itu program pengabdian kepada masyarakat ini datang dengan tujuan untuk memberikan hibah ipteks berupa 2 (dua) buah alat/mesin penyerut lidi dan pembinaan kepada masyarakat melalui demonstrasi alat dan seminar pemasaran digital dengan tujuan penguatan ekonomi masyarakat. Adapun luaran yang dicapai dari kegiatan ini adalah adalah: 1) Terberdayanya kelompok usaha mandiri pengrajin lidi kelapa sawit; 2) Publikasi media massa; dan 3) Publikasi video kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kabupaten Labuhanbatu Utara. 2021. Kecamatan Marbau Dalam Angka 2021. Labuhanbatu Utara: BPS Kabupaten Labuhanbatu Utara.
BPS Kabupaten Labuhanbatu Utara. 2023. Kabupaten Labuhanbatu Utara Dalam Angka 2023.
Dalimunthe, M., Purnama, D., Jasmidi, J., Amdayani, S., Annazilli, H., & Sihombing, J. L. 2021. Teknologi Pakan Ternak Silase Dari Limbah Pelepah Daun Kelapa Sawit Di Desa Perkebunan Amal Tani. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.22
Novira, N. (2017). The Illegal Conversion of Rice Field to Oil Palm Smallholder Estate Between Government ’ s Target and Landowners ’ Decision Dissertation.
Novira, N. (2022). Indonesia’s Smallholder Oil Palm Farmer: High profitability or Vulnerable? ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences, 2(1), 795–798.
Novira, N. (2023). The Vulnerability of Indonesian Smallholder Oil Palm Farmers in the Times of Global Crisis. ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/30959
Published
2024-05-31
How to Cite
NoviraN. (2024) “PEMANFAATAN DAUN KELAPA SAWIT UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI PETANI SAWIT DALAM MENGHADAPI KRISIS GLOBAL”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(2), pp. 121-128. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i2.6852.
Section
Pengabdian

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times