Logbook Sebagai Persyaratan Kenaikan Jenjang Karir Perawat di Rumah Sakit
Logbook, kredensial perawat, jenjang karir perawat klinik
Abstract
Latar Belakang:Penggunaan logbook perawat terbukti bermanfaat sebagai alat monitoring dan evaluasi pelaksanaan kompetensi klinis dan alat pertanggungjawaban perawat terhadap penugasan klinis yang diberikan kepadanya. logbook merupakan alat penting karena bermanfaat sebagai bukti rekam bahwa perawat telah melaksanakan tindakan sesuai dengan kewenangannya. Hal ini diperkuat dengan PMK Nomor 49 tahun 2013 tentang komite keperawatan, bahwa logbook kompetensi perawat yang telah disusun oleh bagian sub kredensial dijadikan salah satu syarat perawat dalam mengajukan proses kredensial perawat. Tujuan: Mengidentifikasi fungsi logbook kompetensi perawat di Rumah Sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan indepth interview yang melibatkan 7 partisipan utama serta 3 partisipan triangulasi. Hasil: Hasil indepth interview memperoleh 3 tema fungsi logbook, yakni bukti implementasi kompetensi, sebagai syarat kenaikan jenjang karir, bukti catatan pribadi. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahawa diperlukan menetapkan reward yang jelas terkait dengan pelaksanaan pengisian logbook perawat dan diperlukanya petunjuk teknis yang lebih detail, serta dapat tersosialisasinya secara merata sampai perawat pelaksana sehingga diahsilkan pemahaman yang sama antar perawat
Downloads
References
Carryer, Jenny, Glenn Gardner, Sandra Dunn, and Anne Gardner. (2007). “The Core Role of the Nurse Practitioner : Practice , Professionalism and Clinical Leadership.”
Creswell, and John W. (2009). Research Design: Qualittaive, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publication Inc.
DepKes, RI. (2006). Model Jenjang Karir Perawat Di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Development, Continuous Professional. (2008). “Guidelines for Continuous Professional ( Cpd ) Programme for Nurses / Midwives.” (January): 1–27
Fatemeh, Khorashadizadeh, and S. M. Alavinia. (2012). “Students’ Perception about Logbooks: Advantages, Limitation and Recommendation - A Qualitative Study.” Journal of the Pakistan Medical Association 62(11): 1184–86.
Herkutanto, & Susilo, A. P. (2009). “Hambatan Dan Harapan Sistem Kredensial Dokter: Studi Kualitatif Di Empat Rumah Sakit Indonesia.” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 12(03): 140–47.
Kemenkes RI. (2013). Petunjuk pelaksanaan jenjang karir. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan Dan Keteknisian Medik Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Ri. Http://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004.
Komite keperawatan RSUP Dr. Kariadi. (2014). Petunjuk Pengsisian Log Book Perawat Pelaksana
Neuner-Jehle S, Schmid M, Grüninger U. (2013). “Neuner-Jehle S, Schmid M, Grüninger U. The ‘Health Coaching’ Programme: A New Patient-Centred and Visually Supported Approach for Health Behaviour Change in Primary Care. BMC Fam Pract [Internet]. 2013 Jan;14:100. Available from: Http://www.pubmedcentral.”
Moleong LJ .(2011).. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pegawai Negeri Sipil. (2014). Manajemen Kepegawaian ( Simka ).
PMK No 49 (2013). Jakarta. Pemerintah Pusat
PPNI. (2013). Pedoman Pengembangan Keprofesioan Berkelanjutan (PKB)
PPNI. ()2010. Standar Profesi & Kode Etik Perawat Indonesia. Jakarta: Pengururt pusat PPNI.
Purwaningrum, Erlinda Listyanti, M. Al Musadieq, and Ika Ruhana. (2014). “Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Semangat Kerja.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 8 No. 2.
Rakhmawati, W. (2009). Pengawasan Dan Pengendalian Dalam Pelayanan Keperawatan : Supervisi, Manajemen Mutu Dan Resiko.
. Roshangar, Fariborz, Mojgan Lotfi, Vahid Zamanzadeh, and Farahnaz Abdollahzadeh Arefeh Davoodi. (2010). “The Effect of Using Logbook on Nursing Students’ Learning.” Iranian Journal of Medical Education 10(1): 64–70.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. 2nd ed. ed. Setiyawami. Bandung: CV. Alfabeta.
Yousefy, A., Ahavan, S., Mosavi, A. (2012). “Developing a Clinical Performance Logbook Nursing Students Receiving Care Field Training. J.” ournal Edication Health Promotion, 1(7): 2277–9531.
Zafar, S., Hafees, A., Qureshi, F., Arshad, N., & Southall, D. (2009). Structuret training in the management of emergencies in mothers, babies and children in a poorly reseourced health system: Logbooks to document skill use. Official Journal of the European Resuscitation Council, 80(4), 449–452. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.resuscitation.2008.11.026
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.