PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN CONGKLAK SEBAGAI SARANA STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI di RA PERWANIDA WONOSOBO

  • Hidayatu Munawaroh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo
Keywords: Traditional Games Congklak, Traditional Games Congklak, Aspects of Child Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran dengan Modifikasi Permainan Congklak Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA Perwanida Wonosobo, Mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran dengan Modifikasi Permainan Congklak Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA Perwanida Wonosobo. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini Menemukan Model Pembelajaran dengan Modifikasi Permainan Congklak yang efektif Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di RA Perwanida Wonosobo.

Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA di RA Perwanida Wonosobo. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi .Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan data validasi persentase.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran dengan Modifikasi Permainan Congklak ini diantarkan melalui cerita dengan bantuan poster,menyanyi bersama,tanya jawab, menyebutkan, gambar dan bermain Congklak sesuai tema (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran dengan Modifikasi Permainan Congklak yang dapat menstimulasi aspek perkembangan Anak Kelompok B di RA Perwanida Wonosobo dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, setiap pertemuan ada empat macam kegiatan yang dilakukan sesuai dengan RKH, hasil rata-rata skor indikataor aspek perkembangan anak mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan bahwa rata-rata aspek nilai moral agama 2,51(kurang baik) menjadi 2,87 (baik), aspek bahasa skor rata-rata diperoleh 2,49(kurang baik) menjadi 2,88(baik), aspek social emosional skor rata-rata diperoleh 2,55(baik) menjadi 2,85(baik), aspek fisik motorik diperoleh skor rata-rata 2,64(baik) menjadi 2,91(baik) . hasil masing-masing rata-rata dari setiap indicator mengalami peningkatan aspek perkembangan anak. (3) Keefektifan model pembelajaran menggunakan dengan Modifikasi Permainan Congklak efektif. Keefektifan ini ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan t tes

References

Ahmad Yunus. 1981, Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto.. 2013, Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Putri Nourovita, Aulia Rifki. Efektivitas Permainan Tradisional Jawa dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak Usia 4-5 tahun di Kecamatan Suruh ,(Early Childhood Education Papers ( Belia) 2. 2013) (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia

Samsudi. 2009, desain penelitian pendidikan. semarang: UNNES Press.

Sugiyono , 2008, metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta,

Sugiyono, 2008metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung alfabeta.

Sugiyono. Metode penelitian Pendidikan, pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung:

Sukintaka. 1998. Teori Bermain untuk Pendidkan Jasmani. Yogyakarta: FPOK IKIP

Thiagarajan, s,1974. Dan Others. intructional development for teacher of exceptional children. Bloomington: indiana university.
Published
2018-09-30
How to Cite
Munawaroh, H. (2018) “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN CONGKLAK SEBAGAI SARANA STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI di RA PERWANIDA WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(3), pp. 302-313. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i3.477.
Section
Articles