PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KANTIN UNSIQ TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNSIQ)
Kualitas Pelayaan, Fasilitas dan Kepuasan pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kantin Unsiq terhadap kepuasan pelanggan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengunjung kantin UNSIQ. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden dan teknik yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan memberikan kuesioner yang dibuat dalam bentuk skala likert. Uji analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas dan validitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji persamaan garis regresi. Berdasarkan pada hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa secara parsial diketahui bahwa variabel Pelayanan kantin UNSIQ berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ, variabel Fasilitas kantin UNSIQ berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ.
Downloads
References
Ali Hasan. 2008. Marketing. Media Utama. Yogyakarta.
Asfi Z.A., Warni L, dan Siti L. 2012. Pengaruh Kualitas Informasi, Kemampuan Individual dan Norma Subjektif terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakn Internet Sebagai Sumber Pustaka.
Doyle, Peter. 1998. Marketing management (4th ed.). New York: Mc Graw Hill
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi
Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari Respati Mengayu. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Fisik, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Semesta Semarang, Semarang, Jurnal Online.
Hendri, Maruf. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Keller, Kevin Lane. 1998, Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.
Keller, L. 1993. How to manage brand equity. Jakarta: GRamedia Pustaka
Kotler Philip. 1999. Marketing Jilid 1, Jakarta, Penerbit Airlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Skripsi Manajemen. Teori Kepuasan. http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2012/12/kepuasan-pelanggancustomer-satisfaction.html?m=1. Diakses pada taggal 17 November 2015
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian, Bandung, ALFABETA.
Tesis Disertasi. Teori Pelayanan.http://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/09/teori-kualitas-pelayanan.html?m=1.Diakses pada tanggal 17 November 2015