PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KANTIN UNSIQ TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNSIQ)

  • Meftahudin Meftahudin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: Kualitas Pelayaan, Fasilitas dan Kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kantin Unsiq terhadap kepuasan pelanggan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengunjung kantin UNSIQ. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden dan teknik yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan memberikan kuesioner yang dibuat dalam bentuk skala likert. Uji analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas dan validitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji persamaan garis regresi. Berdasarkan pada hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa secara parsial diketahui bahwa variabel Pelayanan kantin UNSIQ berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ, variabel Fasilitas kantin UNSIQ berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Kantin UNSIQ.

References

Aaker, David, 1991, Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name, Free Press, New York.

Ali Hasan. 2008. Marketing. Media Utama. Yogyakarta.

Asfi Z.A., Warni L, dan Siti L. 2012. Pengaruh Kualitas Informasi, Kemampuan Individual dan Norma Subjektif terhadap Minat Mahasiswa dalam Menggunakn Internet Sebagai Sumber Pustaka.

Doyle, Peter. 1998. Marketing management (4th ed.). New York: Mc Graw Hill

Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi

Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari Respati Mengayu. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Fisik, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Semesta Semarang, Semarang, Jurnal Online.

Hendri, Maruf. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keller, Kevin Lane. 1998, Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.

Keller, L. 1993. How to manage brand equity. Jakarta: GRamedia Pustaka

Kotler Philip. 1999. Marketing Jilid 1, Jakarta, Penerbit Airlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Skripsi Manajemen. Teori Kepuasan. http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2012/12/kepuasan-pelanggancustomer-satisfaction.html?m=1. Diakses pada taggal 17 November 2015

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian, Bandung, ALFABETA.

Tesis Disertasi. Teori Pelayanan.http://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/09/teori-kualitas-pelayanan.html?m=1.Diakses pada tanggal 17 November 2015
Published
2018-09-30
How to Cite
Meftahudin, M. (2018) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KANTIN UNSIQ TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNSIQ)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(3), pp. 281-288. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i3.475.
Section
Articles