APLIKASI E-COMMERCE DENGAN METODE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM BISNIS PENJUALAN (STUDI KASUS TOKO-TOKO DI WONOSOBO)
Business, e-commerce, theory of planned behaviormethod
Abstract
Masih banyaknya toko yang belum memanfaatkan falisitas internet, penjualan barang dagang masih bersifat konvensional, hal ini sangat berpengaruh terhadap penjualan produk hingga omzet yang didapat. Penerapan e-commerce merupakan hal yang penting dalam dunia usaha mengingat kebutuhan menyesuaikan perkembangan dunia luas sehingga mengharuskan kita agar terus berfikir secara kretif dalam mengembangkan usaha di dunia usaha Kegiatan menjual dan membeli menggunakan media internet serign dikenal sebagai e-commerce. kesuksesan penjualan pada e-commerce ini sanat tergantung akan implementasi electronic commerce technology.
Mendapatkan hasil berupa tingkat kepentingan atas implementasi e-commerce dalam bisnis penjualan dengan objek penelitian beberapa toko yang ada di Wonosobo, selain itu juga bertujuan memberikan rekomendasi kepada toko yang belum menerapkan sistem e-commerce, agar setelah penelitan dilakukan bisa memanfaatkan teknologi internet yaitu menerapkan sistem ecommerce.
Penelitian ini menerapkan Theory of Planned Behavior, dimana variabel yang mentukan intense untuk penentuan apa perilaku selanjutnya, yaitu Norma Subjektif (subjective norm) , sikap (attitude toward the behavior), dan kendali perilaku(perceivd behavior control). Variabel dependen berupa Usage Behavior dengan Intention to Use sebagai variabel independennya. Dependent Variable berikutnya yaitu niat menggunakan(Intention to Use) dengan independent variablenya adalah Subjective Norms, Sikap Atas Perilaku dan Kendali Perilaku.
Analisis data menggunakan uji regresi dengan pengecekan antara variabel independen dan variabel dependen. Akan dihasilkan model persamaan matematis dengan penggunaan uji statistik sehingga akan diketahui tingkat pengaruh independent variable atas dependent variable.
Downloads
References
Ajzen. 2006. Constructing a TpB Questionnaire: Conceptual and Methodological Considerations, Occasional paper. http://www-unix.oit.umass.edu/aizen. Agustus 2009.
Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan e-commerce dalam DuniaaBisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Vol 4.
Jayanti, G. 2014. Penerapanee-commerce dalam Proses KomunikasiaPemasaran di TokooEast KalimantananCenter Samarinda, eJurnal Ilmu Komunikasi. Vol 2 No 3.