ANALISIS WEBSITE PANDAWA DENGAN METODE WEBQUAL
website, webqual, SPSS
Abstract
Peran website sekarang sangat penting salah satunya dalam dunia pendidikan sebagai contoh sistem akademik, pendaftaran mahasiswa baru dan lain sebagaianya. Pada Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ peran website didunia pendidikan adalah adanya evaluasi kinerja dosen atau lebih tepatnya penilaian dosen oleh mahasiswa yang disingkat dengan PANDAWA. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dosen mempunyai rasa tanggungjawab kepada para mahasiswa dalam memberikan pelayanan baik pengajaran atau pembimbingan. Metode webqual menjadi acuan dalam melakukan penelitian ini dimana ada tiga instrument yaitu yang pertama adalah information quality, yang kedua interaction quality dan yang ketiga adalah website usability. Proses uji analisis data yang digunakan adalah memakai software SPSS (Statistical Package for the Social Science), kelebihan dari berbagai macam format SPSS adalah mudah dipamahi dan bisa juga memberikan informasi yang lebih akurat. Hasil dari penelitian adalah diperoleh hasil yang signifikan dimana variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi (interaction quality), kesiapan pakai situs website (website usability) yang berpengaruh positif terhadap intensitas pengguna.
Downloads
References
Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta : Grafindo Persada.
Manik, Agnes, Salamah, Irma dan Susanti, Eka. (2017), “ Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya.
Mustopa, Ali, Agustiani, Saifah, Wildah, Siti K dan Maysaroh. (2020), “Analisa Kepuasan Pengguna website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) Menggunakan Metod Webqual 4.0.
Rohman, Saifu (2019), “Delone dan McLean Model untuk Analisa Keerhasilan Website Resmi Kabupaten Wonosobo”, Jurnal PPKM, Vol. 6, No. 3, 191-197.
Sibyan, Hidayatus (2016), “Pengukuran Kulalitas Layanan Website Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ Wonosobo”, Jurnal PPKM III (2016) 174-184.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.