PEMANFAATAN MEDIA STRATUM PUZZLE (STRUKTUR ANATOMI TUMBUHAN PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
media, stratum puzzle, penguasaan konsep
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan media STRATUM PUZZLE (Struktur Anatomi Tumbuhan Puzzle) untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik kelas VIII pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan
Pemanfaatan media STRATUM PUZZLE dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik terutama pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan mengutamakan aktivitas peserta didik dalam 6 kelompok dengan pembagian tugas yang berbeda. Pencapaian peningkatan penguasaaan konsep diukur melalui pretest yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan, serta postest yang dilakukan setelah melakukan kegiatan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data pretest dan posttest yang diperoleh, dicari dahulu nilai gain, kemudian diolah untuk mengetahui perbedaan dan keefektifan pemanfaatan media STRATUM PUZZLE untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA. Data gain yang diperoleh dianalisis dengan 1) uji prasayarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, 2) uji Paired Sample t Test.
Hasil analisis rata-rata skor gain standar (<g>) diperoleh nilai rata-rata gain standar kelas kontrol sebesar 0,63 berada pada kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,70 juga berada pada dengan kategori sedang , tetapi peningkatan skor peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada peserta didik kelas kontrol. Dari hasil uji prasyarat diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji Paired Sample t Test diketahui bahwa nilai sig 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media STRATUM PUZZLE efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media STRATUM PUZZLE selain efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik juga memungkinkan peserta didik lebih interaktif dalam proses pembelajaran sehingga lebih mudah memahami konsep dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Downloads
References
Anisa, Aries. 2016. Potensi Lokal Jepara Sebagai Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikiran Kritis dan Kewirausahaan Perserta Didik. Tesis. Yogyakarta: UNY
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fatonah, Siti dan Prasetya, Zuhdan K. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016
Purwantoko dan Susilo. 2010. Keefektifan Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang: UNNES
Santoso, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sidharta, Arief dan Winduono, Yamin. 2012. Media Pembelajaran IPA. Yogyakarta: P4TK
Sucahyo, Danang dan Supriyono. 2013. Penggunaaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Vol. 01 No. 02. Surabaya: Unesa
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
http://kekeislearning.blogspot.co.id/2012/09/penguasaan-konsep.html, diakses tanggal 22 Nov 2017. 10.32 Timawati Helperida